Back to Home Page
Pastoral's Programs at SMA Santa Maria Pekanbaru
MAIN » PASTORAL » PROGRAMS
Pastoral SMA Santa Maria Pekanbaru memiliki program yang bertujuan mempersiapkan peserta didik memasuki masyarakat dan kehidupan yang lebih luas. Pastoral juga membantu peserta didik mengenal pribadi sendiri sebagai individu yang bebas dan bertanggungjawab, dengan tidak melupakan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Dalam menjalankan fungsi dan tugas-tugasnya, pastoral memiliki rencana berupa program-program unggulan dan fakultatif yang dijadwalkan dengan pelaksanaan setiap tahun, dengan target dan pelaksanaan yang berbeda-beda.

UNGGULAN
1 EDUCATIONAL TRIP
Desember
Program yang sering disamakan dengan retreat (retret) ini bukanlah sepenuhnya perjalanan yang berkaitan rohani. Educational Trip memadukan unsur pendidikan dan juga wisata, dengan tujuan mendidik peserta dalam memaknai makna kebersamaan, kemandirian, kedisiplinan, serta karakter yang kuat sehingga dapat lebih siap untuk turun di tengah-tengah masyarakat.

Di daerah wisata, peserta diarahkan bagaimana cara untuk menghargai alam dan berterima kasih kepada Sang Pencipta yang telah memberikan berbagai keindahan dan keberagaman. Educational Trip juga merupakan rangkaian persiapan fisik dan spiritual untuk peserta didik kelas 12 sebelum melaksanakan ujian akhir.

2 BINA IMAN
Setiap Jumat
Bina iman adalah salah satu program unggulan untuk memupuk, menyegarkan, dan memperkuat iman peserta didik. Bina iman rutin diselenggarakan untuk peserta didik beragama Katolik, dan juga bina iman untuk umum secara berkala, khususnya di awal dan akhir tahun akademik dan hari-hari besar keagamaan.
FAKULTATIF
1 PERAYAAN NATAL DAN TAHUN BARU
Januari
Kegiatan untuk merayakan Natal dan Tahun Baru bersama yang diisi dengan pentas seni, kebudayaan, dan selebrasi. Perayaan ini diselenggarakan bekerjasama dengan OSIS (kesiswaan).
2 PERAYAAN TAHUN BARU IMLEK DAN HARI KASIH SAYANG
Februari
Tahun Baru Imlek adalah hari yang dirayakan bersama sebagai tahun baru penanggalan Lunar. Biasanya dirayakan bersama dengan Hari Kasih Sayang.
3 DOA JALAN SALIB
Masa Prapaskah
Dalam masa prapaskah, pastoral menyelenggarakan doa jalan salib.
4 BAKTI SOSIAL
Masa Prapaskah
Sebagai upaya meningkatkan tali persaudaraan dan tenggang rasa terhadap sesama umat manusia, kegiatan bakti sosial diadakan secara kolektif dalam berbagai bentuk pelaksanaan.
5 PENGAKUAN DOSA
Masa Prapaskah; Sebelum Natal
Prosesi pengakuan dosa oleh umat Kristiani pada masa prapaskah atau sebelum Hari Raya Natal.
6 PERAYAAN HARI KHUSUS
Hari Tertentu
Menyesuaikan dengan program organisasi kesiswaan (OSIS/ MPK), pastoral memiliki program dalam memperingati hari-hari khusus tertentu semisal Hari Ibu/ Ayah, Hari Lingkungan, Hari HIV/ AIDS, dan sebagainya.