Back to Home Page

FAS: Ajang Kompetisi dan Persiapan Diri

Mendengar  nama SMA Santa Maria Pekanbaru, kebanyakan orang akan otomatis mengingat SMAYAVA. Ya, SMAYAVA alias Santa Maria Youth Activities Festival, ialah festival tahunan yang diadakan untuk menunjang bakat-bakat peserta didik dalam hal akademik maupun nonakademik. Festival ini telah berlangsung bertahun-tahun dan menjadi ikon bagi SMA Santa Maria itu sendiri.

Namun, di tahun 2017 ini, SMAYAVA telah resmi berganti menjadi Festival Akademik Sekolah. Disingkat sebagai FAS, festival ini mengusung bidang akademik sebagai topik utama seluruh kegiatan. FAS sendiri telah dibuka sejak Selasa (3/10) lalu, tetapi baru resmi dimulai sejak Senin, (9/10), bertempat di lapangan utama SMA Santa Maria Pekanbaru, dan akan berlangsung selama satu minggu ke depan.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, festival ini diiringi pembukaan berbagai stan makanan dan minuman, serta pameran universitas. Perbedaannya terletak pada fokus FAS yang lebih terarah kepada bidang akademik, terkhusus bagi peserta didik di tingkat akhir dengan tujuan memberikan pencerahan mengenai pilihan masa depan. Oleh sebab itu, bukan hanya pameran, tiap-tiap universitas diberikan waktu dan tempat untuk mempresentasikan sekaligus membuka pendaftaran khusus dengan diskon yang menarik. Jelas, ini merupakan keuntungan besar bagi peserta didik kelas dua belas.

Dari penjabaran di atas, kesannya hanya peserta didik kelas dua belas yang mendapat untung dari kegiatan ini. Namun, tentu saja tidak. FAS menyediakan ruang bagi peserta didik yang ingin mengembangkan bakatnya di bidang akademik melalui lomba-lomba Bahasa Inggris dan Cerdas Cermat.

fas1

fas2

 

fas3

fas4

Lomba Bahasa Inggris sendiri—terdiri atas Speech, Debate, dan Written—merupakan lomba eksternal, di mana pesertanya tidak hanya mencakup peserta didik SMA Santa Maria, tetapi mengikutsertakan peserta didik sekolah lain di sekitar Pekanbaru juga. Sementara Cerdas Cermat merupakan lomba internal yaitu hanya mencakup peserta didik SMA Santa Maria Pekanbaru.

Tentunya, lomba ini tidak sembarangan diadakan. Dengan tema ‘Indonesia Rumahku’, tiap lomba berkiblat pada nasionalisme, ihwal menumbuhkan kembali kecintaan pada negara.

Terhitung Senin (9/10), lomba yang diadakan terdiri atas Speech,dan Written. Dimulai pukul tiga sore, lomba ini diadakan di dua tempat yang berbeda, yakni lomba Speech di lapangan utama dan lomba Written di kelas. Meski awalnya diadakan di lapangan utama, namun hujan deras menyebabkan lomba Speech dipindahkan ke Ruang Pertemuan lantai tiga. Kendati begitu, lomba tetap berlangsung lancar hingga pukul lima sore.

Kegiatan FAS masih berlangsung besok, Selasa (10/10) yang terdiri atas lomba debate dari berbagai sekolah, pun dengan bazar dan pameran pendidikan. Kegiatan FAS ini diharapkan mampu memberikan manfaat yang besar dalam bidang akademik bagi peserta didik dari seluruh jenjang kelas.

   Tim Juri  

                                                                          fas5

fas6

                                                                                                  Suasana lapangan