Back to Home Page

Di Balik Pembukaan FAS

Pagi yang sejuk, aktivitas kembali berjalan. Kegiatan yang dinantikan SMA Santa Maria Pekanbaru tiba saatnya. Kegiatan tersebut dinamakan FAS (Festival akademik SMA Santa Maria). Kegiatan FAS adalah kegiatan  menguji kompetensi peserta didik SMA Santa Maria Pekanbaru dalam bidang akademiknya.

aa

Pembukaan FAS yang dilaksanakan pada hari Selasa, 3 Oktober 2017 pukul 07.30. Seremonial pembukaan FAS oleh Kepala sekolah SMA Santa Maria Pekanbaru yang diwakilkan oleh Ibu Dewi Magdalena, S.Si. dengan menabuhkan Gondang (alat musik khas Sumatra Utara) serta diikuti oleh Bapak Agustinus Heru, S.Pd. , Ibu Norita Rismawati, S.Pd. Bapak Fransiskus Oktora,S.Si., Bapak Leo Frengki, S.Pd, Bapak Marlon, S.E. yang memainkan angklung (alat musik khas Jawa Barat) dan disaksikan oleh seluruh warga sekolah. FAS dimulai dari tanggal 3 Oktober 2017 sampai 9 Oktober 2017.

Kegiatan pembukaan FAS diawali dengan doa yang dipimpin oleh lima perwakilan peserta didik  menurut kepercayaannya masing-masing. Kegiatan selanjutnya ialah menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Prayoga Riau, serta Mars SMA Santa Maria yang dipimpin oleh peserta didik XII IPS dan dilanjutkan dengan sepatah dua kata dari ketua  panitia oleh Bapak Marlon Sinaga.

Dalam kata sambutannya, beliau juga menyampaikan sejarah dan tujuan FAS dalam bidang akademik, seperti debate challenge, written test, speech contest, dan cerdas cermat.

Panitia FAS juga mengundang 29 Universitas yang akan memberikan motivasi kepada peserta didik SMA Santa Maria terutama kepada kelas XII yang akan memasuki dunia perkuliahan sehingga mereka tidak salah dalam memilih jurusan dan kampus yang diinginkannya.

Acara dilanjutkan dengan sepatah dua kata oleh Bapak Kepala Sekolah yang diwakilkan oleh Ibu Dewi Magdalena, S.Si.  selaku wakil kepala sekolah bidang kesiswaan.

ab

Semangat yang berkobar di dalam jiwa peserta didik SMA Santa Maria sangat berpengaruh kepada kegiatan tersebut. Suara merdu  Stevanus Ari dan Gratia mampu membuat suasana semakin penuh warna-warni. Penampilan Tari Tradisional pun modern dancenya sangat menarik , berfaedah, unik, lincah,  dan penuh rmakna.

Pembukaan FAS pun berakhir pada pukul 08.15. Seluruh peserta didk dan dewan guru SMA Santa Maria Pekanbaru kembali melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas masing-masing.