Back to Home Page

Berlomba Menjadi Sang Juara

j1

Festival Akademi SMA Santa Maria atau yang dikenal dengan sebutan FAS adalah acara yang diselenggarakan SMA Santa Maria dan berlangsung selama sepekan. Hari Sabtu, 14 Oktober 2017 merupakan hari terakhir penyelenggaraan FAS. Lapangan SMA Santa Maria menjadi tempat penyelenggaraan FAS di hari terakhir ini. Acara dimulai dengan penampilan dari Yosephine. Kemudian, dilanjutkan dengan lomba cerdas cermat. Lomba cerdas cermat hari ini terdiri atas beberapa babak, dimana satu babak terdiri atas 5 tim. Tentunya setiap tim berlomba-lomba menjawab dengan benar untuk menjadi pemenang. Ketentuan dan juri lomba masih sama seperti kemarin, yang membedakannya adalah pada hari ini juri tidak menyebutkan nilai masing-masing, akan tetapi nilai dari ketiga juri langsung ditotalkan. Pemenang lomba akan diberitahukan di penghujung acara penutupan FAS 2017.

Setelah lomba cerdas cermat berakhir, seluruh peserta didik diminta untuk berkumpul di lapangan untuk menyaksikan acara penutupan FAS 2017. Acara penutupan dimulai ketika MC membuka acara dengan meriah. Kemudian, dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ibu Norita selaku wakil kepala sekolah bidang kurikulum, mewakili bapak kepala SMA Santa Maria yang sedang tidak berada di tempat. Satu dua patah kata juga disampaikan oleh ketua panitia FAS yaitu, Bapak Marlon Sinaga dan oleh Devina Amadea selaku ketua panitia siswa dalam FAS 2017. Tak lupa diselingi penampilan tari dari Kalimantan Tengah yang memukau para penonton.

j2

Hingga saat-saat yang ditunggu tiba. Pembacaan pemenang. Ya, seluruh peserta didik sudah tidak sabar ingin mendengar siapa yang menjadi pemenang. Pemenang lomba yang pertama sekali diumumkan adalah lomba speech. Pemenang lomba speech Festival Akademi SMA Santa Maria, diantaranya : Christ Carent dari SMA Santa Maria sebagai juara ketiga, Angela Grace dari SMA Santa Maria sebagai juara kedua, dan juara pertama jatuh kepada Afifah Marwa dari SMA 8. Hadiah pada lomba ini diserahkan oleh Bapak Leo Frengki kepada pemenang.

j3

Dilanjutkan lagi dengan pembacaan pemenang lomba written test, yaitu : Irene Weenty sebagai juara ketiga, Ivonne Khomas sebagai juara kedua, dan Cornelius Wilbert sebagai juara pertamanya. Pemenang lomba written test ketiganya berasal dari SMA Santa Maria. Hadiah diserahkan oleh Bapak Marlon Sinaga kepada para pemenang.

Pembacaan pemenang lomba, diselingi dengan penampilan band dari kelas 12. Band yang bervokalis dua orang ini, mampu membuat beberapa penonton ikut bernyanyi. Pembacaan pemenang lomba debat pun dibacakan. Juara ketiga jatuh kepada Justine dkk. dari SMA Santa Maria, juara kedua jatuh kepada Dewi dkk. dari SMA 1, dan juara pertama jatuh kepada Stephani lim dkk. dari SMA Santa Maria. Hadiah diserahkan oleh Bapak Agustinus Heru.

Ketiga lomba tersebut merupakan lomba eksternal yang diadakan hingga Kamis, 12 Oktober 2017. Adapun pemenang lomba cerdas cermat, yaitu juara pertama 11 IPA 1, juara kedua 12 IPA 5, dan juara ketiga 12 IPA 3. Berakhirlah pembacaan pemenang lomba FAS 2017. Pemenang lomba mendapatkan sejumlah uang, sertifikat, piala, dan goodie bag.

j4

Pemukulan gondang oleh Ibu Dewi sebagai perwakilan bapak kepala sekolah, bersamaan dengan angklung yang dimainkan oleh Bapak Tora, Bapak Heru, Bapak Leo, Ibu Norita, dan Bapak Marlon, menandakan bahwa FAS 2017 resmi ditutup.