Back to Home Page

SMAFENTION 2016: Bertumbuh di Dalam Kasih (Hari ke-2)

INDONESIA lahir di tengah keberagaman. Tidak hanya beragam dalam suku budaya, namun juga beragam dalam agama. Di dalam perbedaan tiap-tiap agama, ada satu intisari yang dapat kita ambil, yaitu kasih.

Ketika kita hidup beragama, berarti kita hidup dalam kasih. Dan ketika kita memiliki kasih, seharusnya tidak ada lagi perpecahan dengan sesama.

Atas dasar itulah, di hari kedua pelaksanaan SMAFENTION 2016, Kamis (14/7), diangkat tema Keberagaman Agama yang ada di Indonesia. Materi dibawakan oleh para pendidik yang berkompeten, sesuai dengan agama yang mereka anut masing-masing.

Kegiatan dimulai dengan apel pagi bersama. Kali ini, sekolah tidak lagi tampak sepi, sebab peserta didik kelas 11 dan 12 yang telah menghabiskan waktu liburan mereka, kembali bergabung dengan calon peserta didik kelas 10 yang telah terlebih dahulu masuk sekolah. Terpancar wajah-wajah ceria, yang siap untuk mengarungi tahun akademik baru 2016 – 2017.

Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan kuliah. Materi yang diangkat berasal dari 3 agama besar di Indonesia, yakni: Islam, Protestan, dan Katolik. Setiap materi disampaikan dalam waktu 20 menit. Kuliah dilaksanakan bukan dengan tujuan mengajak ataupun memengaruhi, melainkan dengan tujuan menambah wawasan tentang agama-agama yang ada di Indonesia.

Jadi, agama diciptakan untuk menyembah Allah yang satu dan definisi yang paling tepat untuk menggambarkan Allah adalah kasih. Sudah seharusnya, perbedaan agama tidak menjadi masalah yang harus dibesar-besarkan, melainkan dijadikan sebagai ikatan pemersatu bangsa, Bhinneka Tunggal Ika.

Usai kuliah, otot-otot yang telah menegang selama kuliah, kembali direnggangkan dengan kegiatan games. Tetap sesuai dengan salah satu tema besar SMAFENTION 2016, games yang dibawa juga bertemakan budaya Indonesia. Seperti game tebak gambar rumah daerah, makanan khas daerah, tebak lagu, dan masih banyak lagi.

Setelah puas bermain, calon peserta didik kembali mempersiapkan pentas budaya yang akan dipentaskan esok hari, Jumat (15/7). Kemudian, seluruh calon peserta didik dipersilakan untuk pulang, dan beristirahat.

Tim Dokumentasi SMAFENTION 2016

Tags: ,