Back to Home Page

SMAYAVA ke-14: Mengeksplorasi Budaya dan Sportivitas

Ajang tahunan terbesar, SMAYAVA kembali diadakan pada awal tahun 2016 ini. Acara yang diselenggarakan ke-14 kalinya ini digeser dari akhir tahun lalu menjadi awal tahun 2016.

SMAYAVA 2015 sebelumnya mengalami pergeseran jadwal penyelenggaraan karena masalah kabut asap yang melanda beberapa provinsi di Indonesia khususnya Provinsi Riau. Di tahun 2016 ini, Santa Maria Youth Activities Festival digelar dengan penyebutan tahun 2015 – 2016.

Beda dengan sebelumnya, SMAYAVA kali ini menjadi program sekolah-sekolah Yayasan Prayoga Riau koordinatorat Pekanbaru. Mengusung tema Kemilau Budaya Negeriku, SMAYAVA menekankan eksplorasi budaya negeri ini.

Budaya merupakan jati diri sebuah bangsa. Tanpa budaya, kekayaan suatu negara tidak akan terasa lengkap. Dewasa ini, orang muda semakin kehilangan jati diri budaya mereka. Globalisasi yang tidak terbendung, membuat budaya luhur dari para leluhur kita semakin tergerus. Sehingga diharapkan dengan diadakannya SMAYAVA, orang muda selain dapat berkreasi dan berkompetisi, juga mampu menghargai, melindungi, dan mencintai budaya asli Indonesia.

Hari Pertama, 18 Januari 2016

Kegiatan ini belum resmi dibuka, namun berbagai perlombaan sudah dimulai, khususnya perlombaan-perlombaan kategori Sports. Senin (18/1) petang, perlombaan bola voli putra dan putri SMA se-kota Pekanbaru resmi dimulai dengan pelemparan bola pertama oleh Ibu Triasi Samalina, selaku Ketua Panitia SMAYAVA 2015 – 2016.

Setelah acara pembukaan, pertandingan pertama adalah tim putra SMAN 6 Pekanbaru melawan tim putra SMAN 2 Pekanbaru. Pertandingan berlangsung seru, dan membuat seluruh penonton tegang.

Set pertama, diakhiri dengan kemenangan SMAN 2 Pekanbaru dengan skor tipis, 25-22. Set kedua, tidak kalah sengitnya. Berkali-kali penonton dibuat berteriak karena skor yang selalu terpaut tipis. Set kedua diakhiri dengan kemenangan berbalik oleh SMAN 6 Pekanbaru dengan skor 25-22.

Pertandingan terpaksa harus dilanjutkan ke set ketiga. Berbeda dengan game point pada set pertama dan kedua, match point pada set ketiga hanya sampai 15 angka. Dengan sisa tenaga yang ada, kedua tim tetap menunjukkan performa terbaik mereka. Pertandingan diakhiri dengan skor 15-11 bagi kemenangan SMAN 6 Pekanbaru. Kompetisi ini sendiri mengadopsi sistem gugur, sehingga tim putra SMAN 2 Pekanbaru harus rela tersingkir di pertandingan pertama mereka.

Kemudian, pertandingan dilanjutkan dengan tim putri SMKN 1 Pekanbaru melawan tim putri SMKN 3 Pekanbaru. Tak kalah sengitnya dengan pertandingan tim putra, tim putri juga menyuguhkan performa terbaik mereka. Saling kejar mengejar skor terjadi pada set pertama, yang berakhir dengan skor 21-25 bagi kemenangan tim putri SMKN 3.

Ppada set kedua, pertandingan harus dilanjutkan dengan penambahan poin game point, yang berakhir dengan skor 26-24 bagi kemenangan tim putri SMKN 1 Pekanbaru. Pertandingan kembali harus dilanjutkan dengan set ketiga, yang diakhiri dengan kemenangan tim putri SMKN 3 Pekanbaru.

Statistik pertandingan hari pertama berakhir:

SMAN 6 Pekanbaru vs SMAN 2 Pekanbaru (pa)
set I: 22-25
set II: 25-22
set III: 15-11

SMKN 1 Pekanbaru vs SMKN 3 Pekanbaru (pi)
set I: 21-25
set II: 26-24
set III: 15-8

Hari Kedua, 19 Januari 2016

Hari kedua, giliran tim putri tuan rumah yang unjuk gigi. SMA Santa Maria mengutus 3 tim untuk putra dan 2 tim untuk putri. Tim putri SMA Santa Maria A, turun ke lapangan dengan semangat yang membumbung tinggi, berjuang untuk merebut kemenangan dari tim putri SMK Penerbangan.

Pertandingan dimulai diiringi cuaca mendung. Namun itu semua tidak menyurutkan semangat bermain kedua tim. Pelatih tim voli SMA Santa Maria, Bapak Aloysius Prasetyo, tidak henti-hentinya memberikan dukungan dan arahan bagi timnya. Sesuai harapan, tim putri SMA Santa Maria dapat dengan mudah menaklukkan Tim Putri SMK Penerbangan dengan 2 set saja, 25-18 dan 25-17.

Pertandingan dilanjutkan dengan pertandingan voli putra, tim putra SMAK Kalam Kudus melawan tim putra SMK Saintika. Kedua tim memberikan permainan yang cantik, membuat penonton tak henti-hentinya bersorak mendukung tim masing-masing. Meski tim putra SMAK Kalam Kudus harus mengakui keunggulan tim putra SMK Saintika. Pertandingan berakhir dengan skor 6-25 dan 8-25.

Diiringi rintik hujan, pertandingan tetap dilanjutkan dengan pertandingan ketiga. tim putra SMK Labor, kedatangan tim kuat dari tim putra SMA Olahraga Masmur. Walaupun udara kota Pekanbaru yang semakin dingin oleh hujan, kedua tim tetap berusaha memberikan yang terbaik. Pertandingan diakhiri dengan kemenangan tim putra SMA Olahraga Masmur, dengan skor 19-25 dan 12-25.

Statistik pertandingan hari kedua:

SMA Santa Maria A vs SMK Penerbangan (pi)
Set I: 25-18
Set II: 25-17

SMAK Kalam Kudus vs SMK Saintika (pa)
Set I: 6-25
Set II: 8-25

SMK Labor vs SMA Olahraga Masmur (pa)
Set I: 19-25
Set II: 12-25

Hari Ketiga, 20 Januari 2016

Di hari Rabu, ada 4 pertandingan bola voli yang berlangsung di lapangan olahraga SMA Santa Maria Pekanbaru. Pertandingan pertama mempertemukan tim putra MAN 1 Pekanbaru melawan tim putra SMKN 3 Pekanbaru. SMKN 3 Pekanbaru yang dijuluki Smekantri, dengan tangguh mampu menghalau serangan dari tim putra MAN 1 Pekanbaru sehingga pertandingan mampu dimenangkan oleh SMKN 3 Pekanbaru dengan skor akhir 17-25 dan 18-25.

Di pertandingan kedua, kembali dua tim putra dari MAN dan SMKN dipertemukan. Kali ini, MAN 2 Pekanbaru akan melawan SMKN 1 Pekanbaru. Kedua tim yang memiliki warna baju yang senada, yaitu warna merah ini juga tak mau kalah dalam menyuguhkan permainan terbaik mereka. Namun, kali ini tim dari SMKN 1 Pekanbaru harus mengakui keunggulan MAN 1 Pekanbaru dengan hasil akhir, 25-12 dan 25-17.

Setelah itu, giliran tuan rumah yang datang untuk membawa kemenangan. Bermodal latihan fisik dan mental, tim putra SMA Santa Maria B datang dengan semangat tinggi untuk melawan tim putra dari SMAN 1 Pekanbaru. Berbekal kemenangan saudaranya, tim putri SMA Santa Maria A yang menang sehari sebelumnya, tim putra SMA Santa Maria B juga memiliki semangat yang sama untuk meraih kemenangan. Walau begitu, ternyata tim putra SMA Santa Maria B harus mengakui keunggulan tim putra SMAN 1 Pekanbaru dengan hasil akhir, 10-25 dan 21-25.

Kalahnya Tim Putra SMA Santa Maria B, tidak menyurutkan semangat tim putri SMA Santa Maria B yang akan melawan tim putri SMAN 9 Pekanbaru di pertandingan keempat. Hari yang semakin sore, tak mampu membuat semangat kedua tim menyuguhkan permainan terbaik luntur. Namun, untuk kedua kalinya, tim Saints harus mengakui keunggulan tim lawan dengan skor 25-10 dan 25-6.

Statistik pertandingan hari ketiga:

MAN 1 Pekanbaru vs SMKN 3 Pekanbaru (pa)
Set I: 17-25
Set II: 18-25

MAN 2 Pekanbaru vs SMKN 1 Pekanbaru (pa)
Set I: 25-12
Set II: 25-17

SMA Santa Maria B vs SMAN 1 Pekanbaru (pa)
Set I: 10-25
Set II: 21-25

SMAN 9 Pekanbaru vs SMA Santa Maria B (pi)
Set I: 25-10
Set II: 25-6

Dengan demikian, tim voli SMA Santa Maria Pekanbaru menyisakan 2 tim putra SMA Santa Maria A dan SMA Santa Maria C, serta 1 tim putri SMA Santa Maria A. Semoga, semua tim dapat bermain dengan baik dan sportif, serta menghasilkan hasil yang memuaskan.

Klik di sini untuk Galeri Foto

Author: Kevin FatliEditor: SM

Tags: ,