Back to Home Page

SMAWELTY 2015: Perpaduan Gaya Hidup Modern dan Adat Budaya Tradisional

MOMEN perpisahan peserta didik kelas 12 merupakan salah satu tonggak penting dalam kehidupan pendidikan di dunia sekolah formal. Momen yang menandakan berakhirnya perjalanan pendidikan dari seorang anak menjadi remaja, untuk kemudian beranjak menjadi dewasa.

Perpisahan peserta didik kelas 12 SMA Santa Maria Pekanbaru tahun akademik 2014 – 2015 dilaksanakan malam hari Sabtu (18/4) bertempat di lapangan utama sekolah. Dengan nama kegiatan “Santa Maria Farewell Party” atau SMAWELTY 2015, malam spesial ini mengangkat tema tradisi, adat, dan budaya lokal dalam balutan gaya hidup modern.

Kegiatan berlangsung dengan konsep standing party dengan konten hiburan yang kali ini mengusung tema Batak. Sedangkan makanan dan minuman menggunakan konsep oriental atau Tionghoa. Perpaduan antara dua adat dan tradisi besar yang secara kebetulan menjadi ciri khas kegiatan yang dimulai pukul 19.00 WIB ini.

Dibuka dengan lagu-lagu khas Sumatra Utara yang dibawakan oleh beberapa pendidik dan tenaga kependidikan, SMAWELTY diisi dengan tarian Tortor. Tarian Tortor dibawakan secara kolosal dengan partisipasi pendidik, tenaga kependidikan, dan bahkan peserta didik yang berbaur menjadi satu.

Kepala SMA Santa Maria Pekanbaru, Bapak Ferdinandus Nipa menyampaikan bahwa SMAWELTY tahun ini digelar untuk memberikan kesan dan pesan bahwa seusai bangku SMA, peserta didik akan memasuki kehidupan yang sebenarnya dengan kemajuan zaman dan gaya hidup modern yang begitu luar biasa. Namun di balik itu, jangan pernah meninggalkan dan melupakan adat serta budaya lokal yang menjadi latar belakang dan asal mereka.

“Gaya hidup modern memang tidak dapat lagi dipisahkan dalam kehidupan bermasyarakat di zaman yang begitu modern dan dinamis ini. Apalagi ketika harus berinteraksi dengan masyarakat global,” jelas Bapak Ferdi. “Namun jangan pernah melupakan nilai-nilai adat dan budaya tradisional yang menjadi poin plus kita untuk menjaga sikap, tatakrama, dan perilaku dalam bertutur dan bertindak,” sambung pesan beliau.

Meski diguyur hujan, acara yang juga dihibur oleh disc jockey (DJ) Felix Raphael, peserta didik kelas 11 IPS berlangsung hingga selesai.

Selamat berpisah, teman, rekan, anak, adik, kakak kelas 12 SMA Santa Maria Pekanbaru tahun 2014 – 2015! Ingatlah selalu memori-memori suka, duka, gembira, marah, sedih, dan jutaan kata tak terucap lainnya selama menempuh pendidikan di SMA yang berdiri sejak tahun 1975 ini. Tanamkanlah selalu nilai-nilai kebaikan serta positif yang selalu diberikan untuk kemudian menjadi insan yang sukses, cerdas, dan bermartabat di kemudian hari. Semoga, amin! (StM)

Tags: , ,