Back to Home Page

Educational Trip 2014 (2): Mendapat Pengalaman, Menjalin Persahabatan

PESERTA didik kelas 12 SMA Santa Maria Pekanbaru yang berangkat ke Bandung, Jawa Barat mengisi hari pertamanya dengan kegiatan yang luar biasa melelahkan. Melintasi gunung dan melewati lembah, serta mendapat refleksi dan pengalaman yang tidak ternilai harganya. Keesokan harinya peserta siap untuk kembali beraktivitas ke daerah destinasi wisata di Jawa Barat.

HARI KEDUA WISATA DAN BERBELANJA

Pukul 05.00 waktu setempat, udara pegunungan yang sangat segar menyambut hari baru ratusan peserta Educational Trip 2014. Menyantap sarapan sekaligus menikmati waktu-waktu senggang seusai kelelahan sehari sebelumnya.

Hari kedua di Bandung atau hari ketiga perjalanan dilanjutkan dengan berangkatnya rombongan menggunakan empat unit armada bus yang tersedia. Menuruni pegunungan dengan pemandangan hijau yang benar-benar menyegarkan indra penglihatan bagi siapa saja yang melihat sekelilingnya.

Tiba di Taman Wisata Tangkuban Parahu, Bandung, Jawa Barat, beserta dengan banyaknya wisatawan lokal dan mancanegara yang turut menikmati salah satu keindahan ciptaan Tuhan di tanah Nusantara, peserta naik ke puncak menggunakan angkutan umum yang tersedia dan dipesan oleh panitia.

Sesampainya di puncak, peserta dapat melihat kawah-kawah unik yang terbentang di sekeliling mata memandang sembari menikmati pemandangan gunung yang konon berasal dari legenda Sangkuriang ini. Matahari yang bersinar cukup terik tidak menghalangi niat peserta untuk naik-turun berbagai titik, untuk menemukan momen dan sudut pandang terbaik baik foto selfie ataupun wefie bersama rekan-rekannya.

Sore harinya rombongan menuju ke kompleks Trans Studio Bandung, sebuah kawasan terpadu yang menggabungkan taman bermain indoor terbesar dengan pusat perbelanjaan yang dulu bernama Bandung Supermall. Rombongan diberikan kebebasan waktu untuk berbelanja, bermain, berekreasi, atau sekadar berkeliling-keliling di pusat hiburan terbesar di kota kembang ini.

Malam harinya sekitar pukul 21.00 waktu setempat, rombongan kembali pulang ke tempat penginapan di Wisma St. Aloysius, di daerah tinggi Ciwidey, Bandung. Waktu tempuh dari kota ke penginapan sekitar dua jam, untuk membersihkan diri, makan malam, dan tidur istirahat malam.

HARI KETIGA MENIKMATI HARI

Pagi hari ketiga (18/12) disibukkan dengan instruksi untuk mengemasi barang-barang bawaan. Rombongan yang akan memulai dengan perjalanan ke Wisata Permandian Air Panas Walini ini memang diputuskan tidak akan kembali lagi ke daerah penginapan Ciwidey dengan maksud efisiensi waktu. Rombongan yang akan mengunjungi berbagai tempat ini, direncanakan akan langsung meninggalkan Bandung dan menuju Jakarta pada malam harinya.

Pagi hari yang sejuk akan lebih seru apabila dinikmati dengan berendam air panas. Terlebih dari air yang berasal dari sumber panas kaki Gunung Patuha. Aroma belerang yang sudah tercium dari kejauhan ditambah hijaunya kebun stroberi di sekitarnya, dapat menggambarkan suasana kawasan wisata permandian air panas ini. Selain permandian, terdapat aneka jajanan dan wisata outbond juga menghiasi lingkungan di sekitarnya.

Dua jam berselang, rombongan menuju ke Kawah Putih. Sebuah objek wisata populer berupa danau yang berasal dari letusan Gunung Patuha. Terletak di Bandung selatan, tanah yang tercampur dengan belerang menghasilkan air yang berwarna putih kehijauan sehingga terlihat sangat bersih dan indah.

Untuk menuju puncak Kawah Putih, rombongan juga harus menggunakan angkutan yang tersedia. Angkutan merupakan modifikasi dari minibus yang setiap unitnya dapat mengangkut 10 – 12 orang dewasa. Dengan kecepatan menengah, puncak Kawah Putih dapat dituju dengan durasi sekitar 30 menit.

Tebing tampak mengelilingi seantero kawah. Hamparan pasir putih dan bebatuan juga terdapat di tepi-tepi air belerang yang sangat luas untuk dikitari. Memang pemandangan ini sangat cocok untuk dinikmati dan dimomenkan, terlebih mengingat banyaknya penjaja foto keliling yang dapat memotret dan mencetak secara instan saat-saat menyenangkan bersama dengan teman, sahabat, dan keluarga di Kawah Putih.

Siang harinya, rombongan akan menikmati sisa perjalanan dengan berburu buah tangan. Sempat berdiskusi panjang mengenai tempat yang akan dituju dengan pertimbangan keamanan dan kenyamanan, rombongan memutuskan untuk singgah di kawasan Cihampelas, tepatnya Cihampelas Walk (CiWalk).

Selain mall, sepanjang jalanan Cihampelas tersedia sangat banyak souvenir dan oleh-oleh untuk diburu. Distro-distro Bandung yang menjaja busana dengan harga miring, serta makanan-makanan khas kota terbesar ketiga di Indonesia ini.

Hingga sore harinya, hujan deras kembali mengguyur. Peserta yang terpencar-pencar di sepanjang kawasan Cihampelas sempat terjebak dan sebagian basah kuyup menerobos rintikan air hujan. Rencana mengunjungi Gedung Sate dibatalkan karena cuaca yang tidak lagi mendukung. Malamnya rombongan beristirahat dalam bus masing-masing dan menuju ke Jakarta.

(Bersambung)
Educational Trip 2014 (3): Hal Sederhana yang Penuh Makna dan Cerita
Album Foto: OneDrive

Tags: , , , ,