Back to Home Page

Educational Trip 2014 (1): Menuju Daerah Dingin untuk Kebersamaan Lebih Hangat

RATUSAN peserta didik kelas 12 SMA Santa Maria Pekanbaru pada Senin (15/12) kemarin, kembali berangkat dari Pekanbaru menuju Bandung untuk mengikuti program Educational Trip 2014. Program tahunan sebagai sebuah kegiatan wisata terintegrasi yang menggabungkan nilai-nilai pendidikan dan pembentukan karakter.

 photo smasm-photos-IMG_20141215_072337_zpszgskfnga.jpg

DESTINASI PERJALANAN

Untuk tahun yang kedua kalinya, Bandung, Jawa Barat kembali menjadi destinasi Educational Trip. Sebuah daerah yang berhawa dingin dan hijau yang sangat mendukung tujuan dari salah satu kegiatan utama sekolah naungan Yayasan Prayoga Riau ini.

Rombongan terbang dari Sultan Syarif Kasim II International Airport, Pekanbaru menuju Jakarta, tepatnya Soekarno Hatta International Airport. Kemudian disambung dengan perjalanan bus dari Jakarta menuju Bandung hingga destinasi penginapan di Ciwidey, Jawa Barat.

 photo smasm-photos-IMG_20141215_163028_zpsqelek1vd.jpg

AKOMODASI

Penginapan rombongan adalah di Wisma St. Aloysius, atau tepat berada di tengah-tengah wilayah perkebunan yang alami dan hijau, serta berkonsepkan “rumah sendiri” di mana tidak ada pelayanan praktis seperti hotel pada umumnya. Dengan maksud peserta didik dapat melatih kedewasaan, tanggung jawab, dan kemandirian dengan saling menjaga, mengatur, dan membersihkan segala keperluan dan kebutuhannya.

 photo smasm-photos-IMG_5338_zpszkuvjdpe.jpg

Perjalanan ke wisma menggunakan empat unit bus pariwisata dengan pengawalan dari kepolisian. Pengawalan adalah untuk mengatur lalu lintas perjalanan dalam kota Bandung, khususnya di beberapa titik jalan yang sempit.

 photo smasm-photos-IMG_5467_zpsu9mu5t9d.jpg

HARI PERTAMA, MENGEKSPLORASI ALAM

Kegiatan pertama peserta adalah senam pagi untuk menghangatkan dan mempersiapkan diri dalam menempuh perjalanan hiking. Perjalanan hiking dengan berjalan kaki melintasi pegunungan dan perkebunan teh yang berjarak hingga belasan kilometer. Dimulai dari halaman depan penginapan, masuk ke area perkebunan dengan pemandangan begitu hijau dan asri serta udara yang segar khas pegunungan.

 photo smasm-photos-IMG_5501_zpsvhqvh5f9.jpg

Keindahan sekelilingnya memang harus ditempuh dengan medan yang cukup berat. Bebatuan, lumpur, disertai hujan deras yang konon mengguyur setiap harinya membuat rute pendakian dan penurunan di beberapa titik menjadi sulit dan menantang. Terjalnya tanjakan dan penurunan di tengah-tengah pepohonan teh adalah rute-rute yang harus dihadapi peserta.

 photo smasm-photos-IMG_5621_zpstbwffvn4.jpg

Rute yang berjarak dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya memang jauh lebih menghabiskan stamina peserta. Peserta tampak lelah sebelum perjalanan berakhir. Namun di tengah perjalanan, seluruh peserta berehat di lapangan bumi perkemahan yang sangat luas dengan hamparan rumput hijau. Di tengah-tengahnya mengalir sungai dangkal dengan aliran cukup deras.

 photo smasm-photos-IMG_5662_zpsbjpfyd7i.jpg

Peserta menikmati makan siang dengan buaian angin alami yang sangat menyenangkan. Sebagian peserta tampak asyik bermain air dan mandi di aliran sungai yang jernih. Keceriaan, kegembiraan, dicampur dengan keusilan begitu dominan menghiasi perasaan peserta.

 photo smasm-photos-IMG_20141216_142231_zpshdxjmxij.jpg

Hingga pada akhirnya, hujan sangat deras mengguyur dan menghentikan keseruan di bukit perkemahan. Peserta kembali membereskan perlengkapan untuk kembali melanjutkan hiking dan mendaki kembali ke wisma penginapan.

 photo smasm-photos-IMG_20141216_141738_zps4kuxkxbb.jpg

Hujan membuat rute hiking semakin ekstrim dan mendebarkan untuk dilalui. Rute pulang yang mendaki menjadi sangat licin karena guyuran hujan, ditambah peserta harus menyeberangi sungai di atas balok kayu. Sangat memacu adrenalin dan menyenangkan.

 photo smasm-photos-IMG_20141216_132923_zpsmzom9ck2.jpg

Perjalanan hiking menghabiskan waktu lebih dari enam jam. Keletihan luar biasa menghiasi tampang peserta hiking. Peserta beristirahat total untuk membersihkan diri dan tidur sejenak dalam mengisi energi kembali melanjutkan aktivitas berikutnya.

 photo smasm-photos-IMG_2300_zpsrqxri0hg.jpg

Malam hari, peserta mendapatkan materi refleksi di ruang aula utama wisma. Peserta diingatkan kembali terhadap bagaimana aktivitas mereka selama seharian penuh dan selama bagaimana mereka berada di keluarga, lingkungan, dan bahkan Tuhan. Tidak ketinggalan, peserta ditayangkan video-video eksklusif perjalanan mereka selama seharian penuh serta mengambil nilai dan hikmah positif dari setiap momen.

(Bersambung)
Educational Trip 2014 (2): Mendapat Pengalaman, Menjalin Persahabatan
Album Foto:
OneDrive

Tags: , , , ,