Back to Home Page

Educational Trip 2014 (3): Hal Sederhana yang Penuh Makna dan Cerita

SEJAK berangkat, hari pertama, hari kedua, dan hari ketiga dengan menuju tempat-tempat wisata yang menjadi ikon Kota Kembang, peserta Educational Trip 2014 harus beristirahat sebelum kembali ke Pekanbaru.

HARI KEEMPAT PULANG KE KAMPUNG HALAMAN

Selama perjalanan menuju Jakarta, rombongan banyak berhenti di titik peristirahatan (rest area). Rombongan beristirahat di dalam bus maupun berjalan-jalan maupun berbelanja di gelapnya hari. Peserta dapat tidur untuk aktivitas keesokan harinya pulang kembali ke Pekanbaru.

Dini hari pukul 04.00, rombongan telah tiba di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng. Penerbangan pertama pulang ke Pekanbaru akan dimulai pukul 06.00 sehingga kelompok terbang (kloter) pertama dapat mempersiapkan diri.

Penerbangan kembali ke Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru berlangsung lancar tanpa kendala berarti. Kloter pulang dibagi menjadi enam kali hingga pukul 16.30 WIB. Kelompok terakhir memilih menikmati berbagai spot di terminal bandara untuk menghabiskan waktu. Mulai dari cafe, tempat makan, hingga koridor-koridor terminal.

Penerbangan terakhir tiba pukul 18.30 di Pekanbaru dengan pendampingan beberapa orang pendidik. Setelah memastikan semua hal telah diurus dengan baik, mulai dari pengambilan bagasi hingga penjemputan oleh orangtua/ wali peserta, berakhir sudah rangkaian Educational Trip 2014.

MENDEBARKAN, PENUH KESAN, BANYAK PENGALAMAN

Educational Trip 2014 menyimpan banyak sekali kenangan, makna, dan cerita. Dimulai dari sebuah hal sederhana yaitu kebersamaan dengan rekan-rekan seperjuangan, kemandirian jauh dari orangtua, serta pengalaman-pengalaman memacu adrenalin yang sulit untuk dilupakan.

Terlihat dari kemandirian dan kedisiplinan waktu dalam proses pemberangkatan ke Jakarta, saat-saat bersama menunggu teman-teman di bandara, pembagian kamar, perjalanan hiking dengan rute yang sangat menantang dan mendebarkan, serta banyak sekali momen-momen yang luput dari kamera dan sulit untuk diuraikan dengan kata-kata.

Momen ini diharapkan dapat menjadi sebuah kesempatan mengaktualisasikan diri dengan nilai-nilai yang tidak dapat dipetik dalam pembelajaran di ruang kelas sebagaimana biasanya. Ada nilai persahabatan, tenggang rasa, disiplin, kemandirian, hingga tata krama dan bagaimana menempatkan diri di dalam masyarakat ketika jauh dari orangtua dan keluarga terdekat.

Semoga Educational Trip 2014 ini membawa hal-hal baru dalam diri setiap pesertanya terlebih dalam menyongsong ujian akhir di masa-masa terakhir bangku SMA ini. Sukses selalu, Saints! (StM)

(Selesai)

Tags: , , , ,