Back to Home Page

Semangat Muda Memperingati Sumpah Pemuda

RATUSAN peserta didik pada hari Senin (27/10) melakukan upacara bendera memperingati Hari Sumpah Pemuda yang tepatnya jatuh pada keesokkan harinya, Selasa (28/10) di lapangan utama SMA Santa Maria Pekanbaru. Kendati demikian, upacara yang digelar satu hari lebih cepat itu diikuti oleh peserta didik dengan khidmat.

Upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda kali ini sengaja dilaksanakan lebih cepat satu hari dikarenakan keesokan harinya, sekolah akan mempersiapkan segala hal untuk acara pembukaan Perayaan 40 Tahun SMA Santa Maria Pekanbaru. Walaupun prosesi upacara sempat diulang sekali karena barisan yang kurang tertib, secara keseluruhan semua berjalan lancar.

Bapak Marlon Sinaga, S. E. selaku pembina upacara berpesan, apabila zaman dahulu para pemuda berjuang membela negara dengan cara mempertaruhkan nyawa mereka, di zaman kini pemuda sudah lebih beruntung. Pemuda-pemudi zaman kini tidak perlu lagi mempertaruhkan nyawa mereka demi membela negara, tetapi pemuda-pemudi zaman kini membela negara dengan membanggakan nama bangsa Indonesia melalui pikiran yang cerdas dan akhlak mulia yang baik.

Bapak Marlon juga mengutip sebuah kutipan, “Jangan tanya apa yang bisa negara berikan kepadamu, tapi tanyalah apa yang sudah kamu berikkan pada negara.” Dan beliau menspesialisasikan kutipan tersebut dengan, “Jangan tanya apa yang bisa SMA Santa Maria berikan kepadamu, tapi tanyalah apa yang sudah kamu berikan kepada SMA Santa Maria.” Kutipan yang begitu sarat akan makna pastinya akan mengilik hati peserta didik untuk berinstropeksi diri dan sadar untuk berkarya, berprestasi, dan berbuat lebih tidak hanya kepada diri sendiri, namun kepada sekolah, nusa, dan bangsa.

Pemuda-pemudi juga diharapkan dengan semangat mudanya, tidak melupakan semangat Sumpah Pemuda yang digagas untuk mempersatukan tanah air, bangsa, dan bahasa Indonesia yang digagas pada puluhan tahun silam hingga Indonesia memperoleh kemerdekaan sampai sekarang. (WPr)

Tags: , , ,