Back to Home Page

35 Perguruan Tinggi Meriahkan SMAYAVA 2014

KESIBUKAN tampak menghiasi lapangan utama SMA Santa Maria Pekanbaru, sore Selasa (28/10) kemarin. Ratusan peserta didik dan civitas akademika SMA Santa Maria Pekanbaru memadati panggung yang menjadi ajang diselenggarakannya Opening Ceremony Santa Maria Youth Activities Festival (SMAYAVA) 2014.

 photo 20141029_001s_zps4ad88833.jpg

SMAYAVA 2014 menandai dibukanya rangkaian Perayaan 40 Tahun SMA Santa Maria Pekanbaru di Bumi Lancang Kuning. Sekolah naungan Yayasan Prayoga Riau yang pada 1 Januari 2015 mendatang resmi berusia 4 dekade mengemban tugas mulia mencerdaskan anak-anak bangsa.

Opening Ceremony dibuka dengan penampilan orkestra dari Santa Maria Honggoi Youth Orchestra, yang dilanjutkan dengan drama musikal kolosal yang ditampilkan oleh peserta didik SMA Santa Maria Pekanbaru. Menceritakan kisah dan sejarah sekolah dari awal berdiri hingga menjadi salah satu sekolah menengah atas unggulan di Kota Pekanbaru.

Rangkaian kegiatan Perayaan 40 Tahun SMA Santa Maria Pekanbaru dan SMAYAVA diresmikan melalui penekanan sirene yang dilakukan bersama-sama oleh Bapak Prof. Dr. Zulfadil, SE, MBA sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Ibu Dra. Maria Supriati sebagai perwakilan pengurus Yayasan Prayoga Riau, dan Bapak Ferdinandus Nipa, S. Pd sebagai kepala SMA Santa Maria Pekanbaru, yang disaksikan jajaran panitia 40 Tahun SMA Santa Maria Pekanbaru.

SMAYAVA 2014 menjadi pembuka sekaligus kegiatan tahunan terbesar yang diselenggarakan SMA Santa Maria Pekanbaru. SMAYAVA yang merupakan penyelenggaraan ke-13 dari tahun 2002 adalah sebuah kegiatan akbar yang terdiri dari pameran pendidikan oleh perguruan tinggi dalam dan luar negeri, kompetisi yang diikuti TK, SD, SMP, dan SMA dari berbagai sekolah, dan aneka pentas hiburan serta jajanan.

Tahun ini, SMAYAVA diikuti 35 institusi perguruan tinggi dalam dan luar negeri dan 4 agensi pendidikan. Semua institusi yang tergabung menggelar presentasi untuk memperkenalkan lingkungan perguruan tingginya kepada peserta didik SMA Santa Maria Pekanbaru. Selain itu, institusi pendidikan yang tergabung juga menggelar stand pameran yang dapat dikunjungi oleh siapa saja peserta didik SMA yang ingin mengetahui informasi dan referensi mengenai lanjutan studinya.

Tidak ketinggalan puluhan sponsor dan korporasi non-pendidikan juga mengambil bagian dari kemeriahan acara pertama rangkaian Perayaan 40 Tahun SMA Santa Maria Pekanbaru. Berbagai stand jajanan dan hiburan menemani ratusan bahkan ribuan hadirin yang mengunjungi SMAYAVA di kompleks sekolah berlokasi di Jalan Ronggowarsito, Pekanbaru ini.

Selain itu, SMAYAVA juga diisi dengan kompetisi yang mempertandingkan sekolah-sekolah dari tingkat TK, SD, SMP, dan SMA se-Pekanbaru. Terdiri dari 5 kategori besar: Sports, Arts, Sciences, Skills, dan Languages. Yang paling menonjol adalah English Competition yang sudah menjadi tradisi dan asal mula penyelenggaraan SMAYAVA ini.

Bapak Ferdinandus Nipa sebagai kepala sekolah saat ditemui di tempat acara menyampaikan maksud dari penyelenggaraan kegiatan akbar ini.

“SMA Santa Maria Pekanbaru telah berusia 40 tahun yang berarti kedewasaan dan kematangan dalam menyelenggarakan pendidikan yang unggul bagi peserta didik. SMAYAVA 2014 dan berbagai kegiatan lainnya menjadi bentuk syukur SMA Santa Maria Pekanbaru yang dapat terus berkarya dan mempertahankan eksistensinya hingga saat ini, sekaligus sebagai wadah bagi peserta didik kami untuk menunjukkan kemampuannya dan melatih karakter serta mental yang tidak didapatkan saat pembelajaran di dalam kelas.”

Setelah SMAYAVA, rangkaian Perayaan 40 Tahun SMA Santa Maria Pekanbaru akan dilanjutkan dengan kegiatan Grand Reunion (reuni akbar) yang akan diikuti alumni lintas generasi, Fun Walk (jalan santai), Seminar Nasional, Misa Syukur, dan berbagai event pendukung lainnya. (StM)

Tags: , , , , , , , ,