Back to Home Page

Rayakan Festival Kue Bulan, Saints Ramaikan Pawai Lampion

FESTIVAL Kue Bulan dikenal dengan istilah Mid-Autumn Festival (festival pertengahan musim gugur), atau Zhongqiu Jie (中秋节) merupakan salah satu perayaan di kebudayaan Tionghua, yang biasanya dirayakan dengan lampion dan kue bulan (moon cake).

 photo smasm_0906012_zpscbea011d.jpg

Untuk memperkenalkan kepada masyarakat mengenai salah satu budaya Tionghoa ini, Panitia Zhongqiu Pekanbaru mengadakan Pawai Lampion untuk merayakan momen ini. Pawai ini dilaksanakan pada hari Sabtu (06/9) petang berlokasi di Jalan Dr. Leimena/ Jalan Karet, Pekanbaru.

 photo smasm_0906011_zpsec88b393.jpg

Terlihat banyak partisipan yang meramaikan Pawai Lampion ini, yang didominasi oleh peserta didik dari beberapa sekolah dan organisasi di Pekanbaru yang diundang untuk turut merayakan. SMA Santa Maria Pekanbaru tentunya tidak ketinggalan.

 photo smasm_0906014_zpsb713a841.jpg

Partisipan dari SMA Santa Maria Pekanbaru yang terdiri dari perwakilan peserta didik dan OSIS ini memang tidak sebanyak partisipan dari sekolah lainnya. Meski begitu, dengan tanpa persiapan khusus, SMA Santa Maria Pekanbaru tetap tampil tidak kalah semangat dan antusiasnya dengan sekolah lain. Peserta didik terlihat bersorak-sorai sepanjang rute pawai meneriakkan “Santa Maria!”, yang disusul oleh barisan sekolah di depan mereka yang juga meneriaki nama sekolah mereka.

 photo smasm_0906013_zps93fa004c.jpg

Sehari sebelumnya, SMA Santa Maria Pekanbaru juga berpartisipasi dalam Lomba Kreasi Lampion. Dan setelah pawai usai, diumumkanlah bahwa SMA Santa Maria Pekanbaru berhasil meraih juara 2, yang disertai dengan penyerahan piala.

 photo smasm_0906015_zps98098e52.jpg

Saints -julukan untuk civitas akademika SMA Santa Maria Pekanbaru- yang berpartisipasi dalam Pawai Lampion kemarin diharapkan dapat menjalin kekompakan dan tali persaudaraan antar-kelompok, sekolah, dan umat beragama. Selain itu, acara sejenis ini dapat terus diadakan dan didukung untuk mempererat interaksi antar-peserta didik dengan berbagai khazanah budaya yang ada. (WPr)

Dokumentasi: Wirawan Perdana

Tags: , , , ,