Back to Home Page

SMAFENTION 2014: Kali Kedua, Selalu Tampil Beda

SMAFENTION 2014 kembali hadir untuk kedua kalinya. Kegiatan orientasi peserta didik baru kembali hadir dengan konsep yang segar dan mengutamakan penerapan nilai-nilai spiritual, karakter, serta budaya disiplin kepada pesertanya.

 photo sm-web-IMG_0192_zps225a3d49.jpg

SMAFENTION merupakan transformasi dan bentuk baru dari kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS). Melupakan cerita lama tentang MOS yang identik dengan senioritas dan kebiasaan “mengerjai”, mengintimidasi, atau bahkan mempermalukan adik-adik kelas, SMAFENTION hadir secara konsisten untuk menerapkan gerakan anti-bullying yang diterapkan di lingkungan SMA Santa Maria Pekanbaru.

 photo sm-web-DSC02868_zpsdf72a67b.jpg

Berlangsung selama 3 hari 2 malam, yakni dimulai pada hari Minggu (06/7) sampai dengan hari Selasa (08/7) yang diikuti oleh semua peserta didik baru kelas 10 dengan menginap di sekolah.

 photo sm-web-IMG_4429_zps801795fd.jpg

Sebelumnya, peserta mendapatkan penjelasan dan mengikuti persiapan di sesi briefing yang dilaksanakan di hari Sabtu (05/7) pagi. Mengenakan pakaian seragam nasional SMP asal masing-masing, peserta didik baru diberikan arahan dan penjelasan tentang maksud dan tujuan dari kegiatan ini.

 photo sm-web-IMG_4412_zpsbeaa1526.jpg

Dalam kesempatan tersebut, peserta juga diinstruksikan untuk membawa berbagai kebutuhan yang akan digunakan Minggu keesokan harinya. Kebutuhan dasar seperti alat mandi, pakaian, perlengkapan tidur, perlengkapan makan, serta buku dan alat tulis. Tentu, tidak ada lagi syarat ataupun bahan aneh-aneh yang diwajibkan untuk dibawa sebagaimana kegiatan MOS pada umumnya.

 photo sm-web-IMG_4475_zpsca2f10ee.jpg

Kegiatan SMAFENTION resmi dimulai pada hari Minggu (06/7) sore. Peserta didik baru dikumpulkan untuk mengikuti serangkaian jadwal yang berlangsung hingga malam hari, yang kemudian dilanjutkan keesokan harinya. Peserta dibagi ke dalam 8 kelompok tidur, terpisah antara 4 kelompok laki-laki dan 4 kelompok perempuan. Masing-masing kelompok kemudian didampingi oleh minimal 2 orang pendamping kelompok (dampok).

 photo sm-web-IMG_4461_zpsf1decc9c.jpg

Puluhan guru pendidik dan staff tenaga kependidikan turut berada di lingkungan sekolah dan menginap mengawasi anak-anak didik, termasuk kepala sekolah Bapak Ferdinandus Nipa. Karena peserta tidak diperkenankan menggunakan alat-alat komunikasi selama kegiatan berlangsung, pihak sekolah yang terdiri dari guru pendidik dan staff tenaga kependidikan tersebut bertugas menerima dan memberikan informasi yang berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan.

 photo sm-web-IMG_0064_zps4894a321.jpg

Di hari pertama, setelah pembagian kelompok tidur dan kelompok diskusi, peserta mengikuti kegiatan pembukaan SMAFENTION yang berlangsung di ruang serbaguna lantai 3. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan materi spiritualitas sekolah, serta diskusi dan sharing bersama dengan pendamping dan pembina dari para guru pendidik.

 photo sm-web-IMG_6612_zps88c74380.jpg

Diselangi sesi istirahat, cuci dan mandi, serta makan malam bersama, kegiatan berlangsung lancar hingga malam hari. Sebelum beristirahat, peserta melakukan ibadat bersama di lapangan utama sekolah. Untuk peserta Muslim juga diberikan waktu untuk berbuka puasa dan salat karena kegiatan ini berlangsung tepat pada bulan Ramadan.

 photo sm-web-IMG_6485_zps50c05eb2.jpg

Kegiatan di hari berikutnya tidak kalah seru, tepatnya di hari Senin (07/7) yang bersamaan dengan dimulainya tahun akademik baru 2014 – 2015. Bangun pagi hari pukul 04.00 WIB, peserta bersiap-siap untuk melakukan aktivitas olahraga. Dipandu oleh guru pendidik bidang studi olahraga, Bapak Aloysius Prasetyo, peserta melakukan senam pagi bersama dengan OSIS dan panitia.

 photo sm-web-IMG_5352_zpse7ab1706.jpg

Pasca-kegiatan olahraga, peserta diberikan waktu untuk mandi. Peserta bersiap-siap memulai kegiatan pembelajaran bersama dengan peserta didik kelas 11 – 12 yang baru masuk kembali setelah liburan akhir semester genap dan kenaikan kelas.

 photo sm-web-IMG_5332_zps520b375a.jpg

Memulai dengan apel pagi di lapangan utama yang diikuti kurang lebih seribu orang peserta didik kelas 10, 11, maupun 12, peserta SMAFENTION beserta kakak-kakak kelasnya mengikuti sesi perkenalan dengan guru pendidik, staff tenaga kependidikan, serta wali kelas pembimbing akademik yang akan mendidik mereka selama satu tahun akademik ke depan.

 photo sm-web-IMG_5429_zps046b65f0.jpg

Peserta SMAFENTION kemudian mengikuti kegiatan selanjutnya yaitu makan pagi bersama. Setelah menikmati sarapan, peserta mengikuti materi yaitu penjelasan latar belakang dan filosofi sekolah. Mulai dari sejarah berdirinya, visi dan misi, hingga pengenalan identitas seperti logo dan atribut. Materi-materi ini dilaksanakan secara bergiliran dan bergantian antara 4 kelompok pertama dan 4 kelompok lainnya.

 photo sm-web-IMG_6834_zpsc64cda50.jpg

Setelah istirahat dan makan siang, peserta kemudian mendapatkan materi dari guru pendidik bidang studi Kesenian, Bapak Novi Eka untuk melafalkan lagu mars SMA Santa Maria Pekanbaru. Lagu yang menjadi ciri khas dan identitas sekolah naungan Yayasan Prayoga Riau ini ke depannya.

 photo sm-web-IMG_5846_zps267073e7.jpg
 photo sm-web-IMG_5898_zpsc8d88ad6.jpg

Sore harinya, ratusan peserta SMAFENTION berkumpul di lapangan utama dan bersiap-siap melanjutkan kegiatan. Jadwal kali ini yaitu kerja bakti dan gotong royong membersihkan kompleks sekolah. Peserta di dalam kelompok-kelompoknya dilatih untuk saling membantu, bekerjasama, dan berinteraksi satu sama lain. Peserta juga ditanamkan budaya bersih dan teratur khususnya di sekolah sebagaimana akan menjadi rumah kedua peserta didik.

 photo sm-web-IMG_5998_zps31821858.jpg

Istirahat sejenak dan menikmati snack sore, peserta dapat membersihkan diri dan mandi. Kemudian peserta mendapatkan sesi spiritualitas bersama Bapak Paskalis Florento di ruang serbaguna lantai 3. Namun diselingi makan malam bersama di ruang kantin selama kurang lebih satu jam, sesi sharing dan review atas materi spiritualitas dilanjutkan dengan asistensi para pendamping kelompok dan bimbingan bapak/ ibu guru pendidik.

 photo sm-web-IMG_6233_zps2ff20a48.jpg
 photo sm-web-IMG_6241_zps0d51bc94.jpg

Berlangsung hingga pukul 22.00 WIB, yang menandai waktunya peserta untuk beristirahat. Sebelum beristirahat, peserta akan mengikuti sesi ibadat malam di lapangan utama. Namun karena cuaca yang diwarnai sedikit hujan gerimis, lokasi ibadat dipindahkan ke ruang serbaguna lantai 3. Peserta bermeditasi dan melakukan refleksi atas apa yang telah dilakukan seharian dan bersyukur atas kesempatan untuk beristirahat dan tidur menyongsong kegiatan keesokan harinya.

 photo sm-web-IMG_0218_zpsdd388a22.jpg

Pagi hari Selasa (08/7), sekitar pukul 04.00 WIB peserta satu per satu mulai bangun dan “membangunkan” temannya satu sama lain. Membangunkan dalam arti memanggil ataupun tidak disengaja. Pukul 05.00 WIB seluruh peserta telah berkumpul dan berbaris di lapangan utama.

 photo sm-web-IMG_5319_zps8c31cad9.jpg

Dengan wajah yang masih mengantuk, peserta akan melakukan olahraga pagi dengan berjalan santai mengelilingi jalan-jalan di sekeliling kompleks sekolah. Di bawah embun yang dingin serta langit yang masih gelap, kebersamaan membuat suasana semakin hangat yang dapat menjadikan raga yang bertambah bugar.

 photo sm-web-IMG_6497_zpsa34c3c80.jpg
 photo sm-web-IMG_6531_zpsf1fb70b0.jpg

Hampir satu jam lamanya, peserta kembali ke sekolah melalui gerbang depan. Melepas lelah sekejap, peserta kemudian mandi dan bersiap-siap mengikuti kegiatan pembelajaran sebagaimana peserta didik kelas 11 – 12 yang dimulai pukul 06.50 WIB.

 photo sm-web-IMG_6505_zpsa9e77b11.jpg
 photo sm-web-IMG_6576_zps733f12aa.jpg

Peserta mengikuti ibadat pagi yang dipandu Ibu Eleonora Paima dan Ibu Bernadette Siti. Melakukan doa bersama-sama/ Brevir, peserta menenangkan diri sejenak untuk berdoa kepada Tuhan sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.

 photo sm-web-IMG_6655_zpsd70bad65.jpg
 photo sm-web-IMG_6674_zps2af33944.jpg

Setelah apel pagi dan sarapan, peserta kemudian mendapatkan materi lanjutan dari hari kedua. Materi kali ini adalah kedisiplinan yang disampaikan oleh tim kedisiplinan sekolah. Peserta diberikan informasi dan panduan untuk menjaga kerapian dan cara bersikap, berpenampilan, hingga berpakaian. Termasuk tata tertib dan peraturan sekolah.

 photo sm-web-IMG_6849_zps91de4cc1.jpg

Disambung dengan pemantapan lagu mars SMA Santa Maria Pekanbaru yang dinyanyikan dan dilafalkan oleh peserta SMAFENTION, dan dipimpin dan diiringi oleh Bapak Novi Eka.

 photo sm-web-IMG_6840_zpsefc716d5.jpg
 photo sm-web-IMG_5489_zps0bf26e9c.jpg

Siang harinya, di hari ketiga sekaligus terakhir seusai makan siang, peserta kemudian mendapatkan materi prospek dan penggunaan media serta teknologi informasi di sekolah. Peserta diberikan gambaran dan panduan seputar penggunaan media-media modern dalam kegiatan pembelajaran ke depannya. Peserta juga diberikan penjelasan seputar nilai-nilai unggul yang dimiliki SMA swasta Katolik pertama dan satu-satunya ini.

 photo sm-web-IMG_5401_zpse45e06b7.jpg

Pasca-materi, kegiatan SMAFENTION akan mencapai puncaknya berupa inisiasi dan inaugurasi yang dilaksanakan di lapangan parkir depan. Secara simbolis, ketua panitia, John Rico dan ketua OSIS, Stella Wisuda membawa obor api dan wadah air untuk diserahkan kepada kepala sekolah, Bapak Ferdinandus Nipa. Obor api yang melambangkan semangat berkobar-kobar diserahkan Bapak Ferdinadus Nipa kepada salah satu perwakilan peserta laki-laki. Sedangkan air yang melambangkan sifat dinamis dan fleksibel dibasuhkan ke tangan seorang perwakilan peserta perempuan oleh Bapak Ferdinandus Nipa.

 photo sm-web-IMG_6691_zpsb8169414.jpg

Sehingga sesudah penyerahan api dan air ini, maka dibukalah tirai penutup gerbang sekolah oleh Bapak Ferdi. Tirai yang dibuka melambangkan bahwa sekolah secara resmi telah membuka dan menerima peserta didik baru untuk masuk dan menjadi bagian dari keluarga besar SMA Santa Maria Pekanbaru.

 photo sm-web-IMG_1443_zps7152d302.jpg

Secara berurut dan teratur, peserta didik yang didampingi oleh pendamping kelompoknya masuk ke lapangan utama sekolah dengan menari Tor Tor, tarian khas Batak. Peserta didik duduk dengan teratur, kemudian dengan saksama mendengarkan kata sambutan dari kepala sekolah, Bapak Ferdinandus Nipa.

Acara berlanjut dengan pentas seni, yang menampilkan bakat-bakat bermusik peserta didik baru. Acara pentas seni ini nyataanya menghibur peserta didik baru sehingga tak heran apabila ada yang tertawa dan asyik mengikuti irama musik yang dimainkan. Acara pentas seni ditutup dengan tari Tor Tor bersama bapak/ibu guru pendidik.

3 hari, 2 malam berlalu. Sebelum peserta didik pulang ke pelukan orangtua, SMAFENTION secara resmi ditutup dengan doa bersama. Suasana sakral dan tenang tercipta salama berdoa. Setelah itu, para panitia dan pendamping kelompok mulai membagikan makan malam kepada peserta didik, lalu peserta didik dipersilakan mengemas barang-barangnya untuk pulang ke rumah.

 photo sm-web-IMG_6411_zpsb409c9db.jpg

Usailah pelaksanaan orientasi wajah baru di SMA Santa Maria Pekanbaru, untuk kali keduanya dengan nama SMAFENTION. Pihak sekolah dan panitia berharap, dengan dilaksanakannya SMAFENTION selama 3 hari 2 malam ini, dapat membuat peserta didik baru lebih dekat dengan sekolah, guru pendidik, kakak kelas, dan tidak lupa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta dapat membentuk karakter dan kepribadian kuat sesuai budaya sekolah yang menginjak usia 40 tahun ini. (StM/ WPr)

 photo sm-web-IMG_6657_zpseab41752.jpg
 photo sm-web-IMG_5846_zps267073e7.jpg
 photo sm-web-IMG_4358_zpsafea2ead.jpg

Liputan: Stephen Marlin
Wirawan Perdana

Dokumentasi: Anastasia Oktaviani
Yiva Nulia
Erika Xu
Irene Efia Taniady

Tags: , , , ,