Back to Home Page

Terang Bintang di Kegelapan Malam SMAWELTY 2014

JIKA ada momen pertemuan, pasti ada juga momen perpisahan. Termasuk ratusan peserta didik kelas 12 angkatan 2013 – 2014 SMA Santa Maria Pekanbaru yang Sabtu (26/4) kemarin melewati malam sakral sebagai akhir dan perpisahan mereka setelah tiga tahun sekolah.

 photo smasm-photos-IMG_1421_zpsd7687a11.jpg

Bertempat di lapangan utama SMA Santa Maria Pekanbaru, Jalan Ronggowarsito – Gobah, ratusan hadirin termasuk pendidik dan tenaga kependidikan, orangtua/ wali, maupun undangan hadir menikmati jamuan makan malam.

Acara perpisahan yang digelar dengan konsep dan nama baru ini disebut Santa Maria Farewell Party atau SMAWELTY, yang termasuk salah satu rebranding kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan sekolah naungan Yayasan Prayoga Riau ini. Dengan rebranding dan kemasan baru semua kegiatannya, SMA Santa Maria Pekanbaru memiliki visi dan misi untuk terus maju menjadi yang terdepan dengan menyelenggarakan layanan pendidikan dan kegiatan-kegiatan akademik serta non-akademik yang edukatif dan bermanfaat bagi semua elemen di dalamnya.

 photo smasm-photos-IMG_1419_zpsf263dc25.jpg

Pembukaan acara yang spektakuler hadir dengan pengisi acara dari putra-putri kebanggaan sekolah yang menampilkan rangkaian hiburan seperti beatbox hingga modern dance. Semua dirangkai menjadi satu tema utama yang diusung malam itu yaitu “Even the stars need the dark to keep shining” yang berarti bintang pun membutuhkan kegelapan untuk menunjukkan sinarnya.

Menurut kepala sekolah, Bapak Ferdinandus Nipa, di malam perpisahan ini sekolah ingin menyampaikan kepada anak-anak didiknya yang sebentar lagi akan meninggalkan bangku sekolah, agar selalu memaknai kehidupan bagai bintang di langit.

 photo smasm-photos-IMG_1394_zpsb406315d.jpg

Seperti bintang yang membutuhkan gelap agar dapat dilihat oleh mata manusia, anak-anak didik diharapkan tetap rendah hati meski kelak telah sukses berkarya. Karena bagaimana pun, setiap manusia mempunyai kekurangan dan sisi gelap yang harus disadari dan diperbaiki agar pada akhirnya dapat berhasil dan bersinar lebih terang lagi.

Bapak Ferdi juga menekankan tujuan penyelenggaraan kegiatan perpisahan yang diadakan di lingkungan sekolah. Menurut beliau, peserta didik akan mengikuti prosesi penyerahan dan pengembalian dari pihak sekolah kembali kepada orangtua masing-masing. Peserta didik akan berpisah dari sekolah beserta teman-temannya sehingga akan lebih bermakna jika momen-momen terakhir ini dirayakan di sekolah.

Perwakilan orangtua yang hadir malam itu juga menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada sekolah atas segala bimbingan dan pendidikan baik secara akademik maupun non-akademik selama tiga tahun terakhir ini. Orangtua selalu mendukung dan bekerjasama untuk menciptakan pendidikan yang holistik kepada anak-anak didik.

Tidak ketinggalan perwakilan siswa kelas 12 dalam kesempatan itu menyampaikan rasa terima kasih, kebanggaan, dan harapan mereka kepada sekolah maupun adik-adik kelas mereka nantinya. Mereka akan berpisah dan menjadi alumni, namun mereka akan selalu mengingat berbagai kenangan, suka duka, memori bersama almamaternya serta menjaga nama baik ke mana pun kelak mereka melangkah.

Berkesan, Namun Diganggu Hujan

Sempat diguyur hujan di lokasi acara, pembukaan SMAWELTY 2014 berlangsung meriah di atas panggung yang gemerlap. Setelah makan malam, performa apik ditampilkan secara bergantian. Sebagian hadirin dan hadirat melakukan selfie di photobooth dan bersama teman-temannya. Sebagai momen terakhir pula, mereka menandatangani wall of fame sebagai bukti kehadiran dan janji mereka yang merupakan generasi Saints ke-37 di SMA Santa Maria Pekanbaru.

 photo smasm-photos-IMG_1425_zpsba353012.jpg

Secara teknis, acara berjalan lancar hingga selesai. Namun eksekusinya tidak berjalan baik sebagaimana konsep dan rencana semestinya. Cuaca lagi-lagi membuat panitia memutuskan menggeser acara-acara inti ke depan sehingga susunan penampilan menjadi tidak padu. Salah satunya menggeser inaugurasi berupa puncak selebrasi dan pesta kembang api ke tengah-tengah acara dari yang seharusnya di akhir acara.

Panitia penyelenggara yang terdiri dari anggota OSIS SMA Santa Maria Pekanbaru ketika dimintai konfirmasi menyayangkan dan meminta maaf kepada undangan dan peserta yang hadir malam itu. Beberapa tanggapan negatif yang masuk menjadi cambuk dan bahan evaluasi bagi panitia untuk penyelenggaraan yang lebih baik lagi ke depannya.

Perpisahan sebagai Awal Segalanya

SMAWELTY bukanlah sebuah pesta perpisahan untuk berhura-hura dan berfoya-foya, SMAWELTY merupakan sebuah ajang untuk mempertemukan peserta didik di lingkungan sekolah secara bersama-sama, yang mungkin untuk terakhir kalinya dengan status peserta didik. SMAWELTY digagas untuk menjadi sebuah momentum yang akan mengenang, mengingat, dikenang, dan diingat saat-saat bagaimana peserta didik mulai masuk ke jenjang SMA.

 photo smasm-photos-IMG_1269_zpsec0a2f96.jpg

Dari seseorang yang baru saja menginjak usia remaja dan sedang mencari jati diri, kemudian dilatih, dididik, dan bahkan ditanamkan nilai-nilai kebaikan selama kurang lebih 3 tahun di sebuah sekolah yang berdedikasi tinggi pada pendidikan dan kedisiplinan. Jutaan memori dan kenangan, mulai dari saat-saat senang, sedih, suka, duka, marah, takjub, hingga mungkin ketika mulai tumbuhnya getaran-getaran cinta kepada lawan jenis terangkum dalam sebuah cerita masa SMA. Sebelum akhirnya semua harus berakhir, berpisah, dan melanjutkan jalan hidup masing-masing.

Tetapi perpisahan bukan berarti semua harus berakhir. SMAWELTY ada justru adalah sebagai pertanda bahwa perpisahan itu bukanlah akhir melainkan awal segalanya. Akhir dari SMA yang penuh dengan masa-masa indah, sekaligus awal dari lembaran kehidupan baru, jenjang pendidikan yang lebih tinggi, atau bahkan lapangan kerja yang siap menanti.

 photo smasm-photos-IMG_1190_zpsb3ca1c9b.jpg

Apapun itu, walaupun mungkin setelah lulus dan meninggalkan sekolah, peserta didik, alumni, dan seluruh civitas akademika SMA Santa Maria Pekanbaru adalah sebuah keluarga. Keluarga besar Saints yang akan senantiasa menjalin komunikasi, kebersamaan, dan keberagaman. Sampai jumpa, semoga bertemu kembali! (StM)

Tags: , , , , ,