Back to Home Page

Mewujudkan Badan Sehat, Iman Kuat, dan Persaudaraan Erat

ITULAH slogan yang diusung dalam rangkaian acara hari ulang tahun Gereja Katolik Paroki Santa Maria a Fatima, Pekanbaru. Gereja Katolik ini genap berusia 61 tahun pada tanggal 13 Mei 2014. Ribuan orang hadir dalam kemeriahannya puncak perayaannya.

 photo smasm-photos-IMG_2034_zpsaf72851f.jpg

Puncak perayaan diadakan pada hari Minggu (11/5), bertempat di pelataran parkir gereja Jalan Jend. Ahmad Yani, Pekanbaru. Dimulai sekitar pukul 06.00 WIB, antusiasme hadirin terlihat mulai dari anak-anak hingga orangtua.

Kegiatan utama dalam perayaan ulang tahun kali ini adalah Funwalk yang diikuti oleh seluruh umat, peserta didik Sekolah Santa Maria Pekanbaru, dan berbagai pihak yang mendukung penyelenggaraan acara. Funwalk berupa jalan santai pagi yang mengelilingi Kota Pekanbaru lebih dari 3 km.

Peserta Funwalk yang diperkirakan mencapai 5.000 orang, bergerak dari garis start di pelataran gereja melewati Jalan Jend. Ahmad Yani, kemudian menuju Jalan Cut Nyak Dien di sekitar kawasan kantor gubernur Riau, kemudian melalui sepanjang Jalan Jend. Sudirman, dan berbelok ke Jalan Sam Ratulangi, untuk kembali lagi ke Jalan Jend. Ahmad Yani hingga mencapai garis finish di gereja.

 photo smasm-photos-IMG_2129_zps8b030c99.jpg

Mengenakan kaos seragam Funwalk, kehebohan luar biasa tampak dari peserta yang sekaligus menjalani olahraga pagi itu. Dengan kawalan pihak kepolisian, peserta harus melewati posko-posko yang ada untuk beristirahat dan menikmati minuman.

Setelah Funwalk berakhir, ribuan partisipan dalam menikmati aneka jajanan dan makanan baik yang disediakan secara gratis maupun berbayar di kawasan gereja ini. Tidak ketinggalan panggung hiburan disertai pengundian door prize berupa beragam peralatan elektronik. Tidak ketinggalan momen sakral perayaan ulang tahun berupa pemotongan nasi tumpeng.

 photo smasm-photos-IMG_1960_zpse38b2636.jpg

Kesempatan istimewa ini juga dimanfaatkan sebagai ajang pertemuan dan silaturahmi sesama teman, rekan, sahabat, bahkan keluarga. Berlangsung hingga siang hari, acara yang diikuti oleh OSIS, MPK, dan peserta didik SMA Santa Maria Pekanbaru ini berlangsung sukses dan meriah sesuai dengan tujuannya untuk mewujudkan badan sehat, iman kuat, dan persaudaraan erat. (StM)

Foto oleh: Anastasia Oktaviani

Tags: , , , , , , , ,