Back to Home Page

Kebersamaan dalam Pawai Budaya Waisak 2558 BE

RIBUAN orang memadati kawasan Pecinan di Jalan Dr. Leimena, Pekanbaru pada Sabtu (17/5) kemarin. Berbaris dengan rapi, pawai budaya dalam rangka Perayaan Waisak Bersama 2558 BE siap dilaksanakan.

 photo smasm-photos-IMG_1297_zpsd0b2d234.jpg

Pawai yang berpusat di Pecinan (China Town) atau Kampung Tionghua-Melayu, Pekanbaru ini diikuti oleh ribuan umat Buddha dari berbagai instansi dan institusi pendidikan seperti Ikatan Keluarga Tionghua Pekanbaru, satuan-satuan kelompok dari vihara, dan masih banyak lagi. Tidak ketinggalan, institusi pendidikan mulai dari sekolah menengah hingga perguruan tinggi juga ikut terlibat.

 photo smasm-photos-IMG_1317_zpsee037cb8.jpg

Rombongan SMA Santa Maria Pekanbaru juga hadir dalam keramaian. Didampingi oleh pendidik, Ibu Tina Lao, peserta didik dari berbagai tingkat kelas dan pengurus OSIS berbaris dalam urutan ke-16 pawai budaya ini.

 photo smasm-photos-IMG_1324_zpsb853662f.jpg

Kebersamaan tampak begitu hangat saat jam menunjukkan pukul 18.00 WIB. Ketika hari mulai gelap, rombongan pawai mulai berjalan dengan berbaris rapi meninggalkan Jalan Dr. Leimena (eks Jalan Karet) memasuki Jalan Ir. Juanda. Dengan beriringan dan kompak mengikuti mobil pawai yang membawa patung-patung Buddha dan pernak-pernik, peserta pawai memasuki Jalan Jend. Sudirman yang dijadikan pusat perhatian warga Pekanbaru yang melintasi jalan petang itu.

 photo smasm-photos-IMG_1347_zps043f88e0.jpg

Dikawal kepolisian dan ratusan tenaga panitia yang dengan sigap mengatur jalannya rombongan, ribuan peserta pawai berjalan kembali menuju Jalan M. Yamin memasuki Jalan Jend. Ahmad Yani. Hingga kemudian kembali ke Jalan Ir. Juanda dan berakhir di tempat semula.

 photo smasm-photos-IMG_1372_zpsf923b456.jpg

Kembali ke kawasan Pecinan, para partisipan dapat beribadah di Vihara Dharma Loka, vihara tertua dan yang pertama dibangun di Kota Bertuah ini. Selain itu, juga tersedia berbagai makanan dan minuman yang siap untuk dijajal. Tidak ketinggalan, sebagian besar orang berfoto-foto di depan kendaraan pawai yang membawa patung seperti Buddha Shakyamuni, Ticawang, hingga stupa-stupa seperti replika Candi Borobudur. (StM)

 photo smasm-photos-IMG_1385_zpse903ddb6.jpg
 photo smasm-photos-IMG_1379_zps013d4a93.jpg
 photo smasm-photos-IMG_1333_zps23bed546.jpg

Foto oleh: Yiva Nulia

Tags: , , , , ,