Back to Home Page

Masuk UI Semakin Mudah di SMA Santa Maria

TAHUN ini, SMA Santa Maria Pekanbaru kembali mendapat kepercayaan dari berbagai perguruan tinggi negeri (PTN) sebagai tempat untuk mencari bibit-bibit terbaik dari lulusannya.

Setelah mendapatkan kunjungan dan kerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjajaran (UNPAD), Universitas Gajah Mada (UGM), dan berikutnya Universitas Sumatera Utara (USU), kini SMA di bawah naungan Yayasan Prayoga Riau ini terpilih sebagai salah satu sekolah yang mendapatkan keistimewaan khusus bagi tamatannya dalam memasuki Universitas Indonesia (UI).

Keistimewaan ini adalah berupa penerimaan mahasiswa jalur PPKB (Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar) yang secara konsisten diberikan oleh UI kepada SMA Santa Maria Pekanbaru selama tiga tahun berturut-turut, di mana hanya sekolah undangan saja yang mendapatkan kesempatan ini. Di tahun ini, sekolah lokal yang mendapat undangan jalur PPKB antara lain: SMA Santa Maria Pekanbaru, MAN 2 Model Pekanbaru, SMA Cendana Rumbai Pekanbaru, SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru, Al-Ittihad Pekanbaru, dan SMAN 8 Pekanbaru.

Bahkan tidak hanya itu, tahun ini peserta didik SMA Santa Maria Pekanbaru juga mendapatkan kesempatan bagi peserta didik yang akan lulus di tahun 2014 untuk mengikuti penerimaan mahasiswa UI jalur Talent Scouting. Talent Scouting ini merupakan jalur masuk berdasarkan prestasi akademik untuk program S1 kelas internasional yang hanya diperoleh sekolah undangan. Di daerah Pekanbaru dan sekitarnya, hanya empat sekolah yang mendapat fasilitas ini yaitu: SMA Santa Maria Pekanbaru, SMA Cendana Rumbai Pekanbaru, Al-Ittihad Pekanbaru, dan SMAN 8 Pekanbaru.

Berdasarkan keterangan pihak sekolah, Bapak Ferdinandus Nipa, kesempatan ini merupakan apresiasi dan pengakuan yang diberikan oleh berbagai perguruan tinggi negeri favorit kepada SMA swasta yang berdiri tahun 1975 ini. Yang sekaligus menjawab bahwa dengan bersekolah di SMA swasta, melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri tidak lagi mustahil sebagaimana paradigma masyarakat sebelumnya, bahkan telah menjadi sangat mudah. (StM)

Tags: , , , , ,