Back to Home Page

Asyiknya Valentine Lewat Manisnya Berbagi Kasih

PERINGATAN Hari Kasih Sayang setiap tanggal 14 Februari, yang identik dengan pemberian coklat dan mawar kepada orang-orang tersayang, dirayakan dengan cara tersendiri oleh SMA Santa Maria Pekanbaru. Apa saja ya?

Tahun ini, perayaan Valentine’s Day begitu spesial karena bertepatan dengan Cap Go Meh (hari kelimabelas perayaan Tahun Baru Imlek). Dalam mengisi hari penuh kasih ini, SMA Santa Maria Pekanbaru melalui OSIS menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk civitas akademikanya.

 photo smasm-photos-IMG_8581_zps694326d0.jpg

Charity

Di awal tahun 2014 ini, berbagai wilayah di negara kita memang tertimpa musibah bencana alam yang terjadi secara berurutan. Erupsi Gunung Sinabung di Sumatra Utara, banjir di Jakarta, banjir bandang di Manado, hingga terakhir letusan Gunung Kelud di Jawa Timur.

photo smasm-photos-IMG_1041_zps60a27809.jpg

Bertepatan dengan momen Valentine ini, SMA Santa Maria Pekanbaru menggerakkan sebuah aksi sosial sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama manusia terutama yang sedang membutuhkan. Dengan nama kegiatan Santa Maria Care, SMA Santa Maria Pekanbaru mengumpulkan bantuan secara nyata untuk disumbangkan kepada korban erupsi Sinabung. Peserta didik dapat memberikan bantuan berupa beras, mie instan, dan makanan pokok lainnya.

Semua bantuan yang terkumpul, akan diantarkan langsung oleh rombongan yang terdiri dari OSIS, perwakilan peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan menuju lokasi pengungsian di Sumatra Utara.

Variety

Selain kegiatan sosial, OSIS juga menyelenggarakan berbagai perlombaan antarkelas untuk menyemarakkan dan mewarnai hari istimewa ini. Diikuti oleh peserta didik SMA Santa Maria Pekanbaru, perlombaan antarkelas yang merupakan bagian dari program kerja OSIS, dilaksanakan tepat pada hari Jumat (14/2).

 photo smasm-photos-IMG_8498_zps0eace123.jpg

Peserta didik yang khusus pada hari itu mengenakan pakaian bernuansa merah, merah jambu, dan kuning ini, tetap belajar seperti biasa pada jam pelajaran pertama sampai ketiga. Setelah bel istirahat berdering, barulah semua bersiap-siap dengan berbagai perlombaan yang diadakan, seperti: Couple Cooking, Miss Santa Maria, dan Love Letter Editing.

 photo smasm-photos-IMG_8571_zps2b954948.jpg

Ketiga perlombaan tersebut dilaksanakan di tiga tempat yang berbeda. Lomba Couple Cooking dilaksanakan di area parkir, yang pesertanya adalah satu peserta putra dan satu peserta putri perwakilan dari setiap kelompok kelas. Peserta diharuskan mengkreasikan makanan yang berbahan dasar manis, seperti coklat, karamel, susu, dan sebagainya. Keseruan dan keseriusan begitu terlihat, dengan hasil karya yang unik-unik. Ada yang membuat sandwich coklat, bola-bola coklat, pisang coklat (piscok), bahkan cupcake coklat. Yang pasti, di sekitar tempat perlombaan, tercium wangi yang mengunggah selera.

 photo smasm-photos-IMG_8553_zpscbb489cf.jpg
 photo smasm-photos-IMG_8570_zps0cfb20a4.jpg

Lomba yang paling banyak menarik perhatian adalah Miss Santa Maria yang dilaksanakan di tengah lapangan utama. Pada babak pertama, satu peserta putri perwakilan masing-masing kelas, akan berjalan di tengah lapangan memamerkan keanggunan gerak dan keindahan busana. Dari dua puluh empat kelas yang mengikuti babak pertama, akan dipilih sepuluh peserta terbaik. Kesepuluh peserta terbaik itu akan mengikuti babak kedua, yaitu menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan Valentine. Dari kesepuluh peserta itu, dipilih pula lima peserta terbaik yang akan mengikuti babak terakhir, yaitu talent show.

 photo smasm-photos-IMG_8546_zps08d25f8a.jpg
 photo smasm-photos-IMG_8529_zps4651f2ba.jpg
 photo smasm-photos-IMG_8520_zps718105a9.jpg

Di labolatorium komputer, juga tengah berlangsung lomba Love Letter Editing. Satu perwakilan masing-masing kelas, akan mengedit foto yang berhubungan dengan Valentine, dan akan menambahkan kutipan-kutipan tentang kasih sayang.

Core Values

SMA Santa Maria Pekanbaru memiliki pandangan bahwa perayaan Valentine’s Day tidak selalu harus diisi dengan berpesta, bersenang-senang, maupun hal-hal yang manis saja. Tapi dengan adanya Hari Kasih Sayang, peserta didik dapat dilatih untuk membagikan kepedulian, kasih, dan cintanya kepada orang-orang lain yang sedang mengalami kesusahan.

photo smasm-photos-IMG_0907_zps62f37e1f.jpg

Peserta didik dapat belajar banyak hal, termasuk bertenggang rasa dan memiliki sikap toleransi kepada orang lain. Seperti halnya Santa Maria Care: Peduli Sinabung, peserta didik dapat memberikan bantuan secara nyata yang jauh lebih berguna dan dapat dirasakan daripada memberikan materi saja semisal uang.

 photo smasm-photos-IMG_8629_zpsb0f5c5ff.jpg

Di sisi lain, kegiatan-kegiatan perlombaan juga merupakan wujud kasih sayang yang dapat mengajarkan kebersamaan, kerja sama, solidaritas, dukungan, dan banyak nilai-nilai positif lainnya antar-keluarga besar SMA Santa Maria Pekanbaru. Tentunya juga sebagai wadah untuk beraksi dan berkreasi sesuai minat dan bakat peserta didik. (WPr/ StM)

Foto oleh: Anastasia Oktaviani

 photo smasm-photos-IMG_8558_zps6f1e005e.jpg
 photo smasm-photos-IMG_8523_zpsa3a7865d.jpg
 photo smasm-photos-IMG_8500_zps502b1dcd.jpg

Tags: , , , , ,