Back to Home Page

Seminar for Students (1): The World Is My Oyster

SUKSES dengan Workshop In The Days yang dilaksanakan semester lalu untuk peserta didik, orangtua, dan pendidik SMA Santa Maria Pekanbaru, kini kegiatan yang sama dalam program Career Day dan Parents’ Day kembali diselenggarakan.

 photo smasm_cpd_002_zps80f876b8.jpg

Bekerjasama dengan IES (International Educational Services), Jumat (24/1), seminar pertama dilaksanakan untuk diikuti seluruh peserta didik kelas 12 IPS. Seminar diadakan di ruang serbaguna SMA Santa Maria Pekanbaru, pada pukul 07.00 – 09.00 WIB. Sebagai pembicara, hadir Ms. Samantha Liew selaku dosen, program coordinator, dan marketing and international trade specialisation dari Victoria University dan Sunway College, Malaysia.

Seminar diawali dengan kata sambutan dari Bapak Ferdinandus Nipa, selaku kepala SMA Santa Maria Pekanbaru, yang mengapresiasi kegiatan ini dan berpesan agar peserta didik menjaga ketenangan selama seminar berlangsung serta memanfaatkan kesempatan ini untuk berinteraksi pada pembicara.

 photo smasm_cpd_001_zpse41f32ed.jpg

Acara dilanjutkan dengan sapaan hangat dan penuh semangatdari Ms. Samantha Liew kepada peserta didik. Paduan gaya beliau yang khas dan interaktif, mengawali seminar dengan pertanyaan refleksif: Apa itu pemecahan masalah (problem solving) dan bagaimana cara untuk memecahkan masalah?

Beliau memberikan sebuah contoh pemecahan masalah dengan membandingkan dua perusahaan minuman cola ternama yang bersaing ketat. Ketika popularitas perusahaan A mulai merosot, perusahaan A tidak cepat putus asa. Perusahaan A mencari dan mengetes selera masyarakat dan akhirnya mengimprovisasi resep cola-nya diimbangi dengan marketing yang lebih baik lagi. Kini popularitas dan eksistensi perusahaan A sudah bangkit dan berjaya kembali, karena adanya pemecahan masalah yang tepat.

Selanjutnya, Ms. Samantha Liew mengajak peserta didik untuk berpikir kritis lewat masalah sederhana yang diberikan. Bagaimana cara meminimalisir penggunaan eskalator dan memaksimalkan penggunaan tangga? Bagaimana solusi agar antrian panjang tidak terasa membosankan? Ms. Samantha memberikan waktu sekitar lima menit kepada peserta didik untuk berpikir. Setelah ditanya kembali, ternyata banyak antusias dari peserta didik untuk menjawab pertanyaan itu. Hal ini membuktikan adanya respon positif yang diberikan peserta didik terhadap Ms. Samantha Liew, yang khas dengan logat Inggris-Melayunya.

 photo smasm_cpd_003_zps1e652a3b.jpg

Kemudian, Ms. Samantha masuk ke pokok pembahasan yaitu menghubungkan pemecahan masalah dalam melakukan bisnis. Ms. Samantha kembali bertanya, “What do you think about business?”. “Money!” teriak beberapa orang peserta. Ms. Samantha menjelaskan lebih rinci tentang bisnis dan membiarkan peserta didik menganalisis sebuah gambar yang di dalamnya terdapat beberapa contoh tindakan bisnis. Beliau juga memaparkan keuntungan berbisnis, dan dampak negatif dari bisnis dengan membiarkan peserta didik menganalisisnya dari gambar yang ditunjukkan.

Di akhir seminar, beliau mengajak peserta didik untuk menyaksikan tayangan kehidupan mahasiswa di dalam kesehariannya. Setelah itu, seminar ditutup dengan pembagian sertifikat partisipan kepada peserta didik dan diikuti dengan sesi foto bersama Ms. Samantha Liew. (WPr)

Oleh Wirawan Perdana.

Tags: , , , ,