Back to Home Page

Seminar for Parents: Understanding Your Teenager Better

PAGI Jumat (24/1) kemarin, seratusan peserta didik kelas 12 IPS telah mengikuti seminar bertemakan “The World is My Oyster” sebagai program Career Day. Kemudian pada sore di hari yang sama, tidak ketinggalan program Parents’ Day untuk orangtua dan wali.

 photo smasm_cpd_008_zps5999b048.jpg

SMA Santa Maria Pekanbaru memiliki keyakinan bahwa orangtua adalah partner yang tidak dapat dilepaskan di dalam mendidik seorang anak. Tidak hanya menyampaikan laporan akademik seperti nilai dan rapor, tetapi orangtua harus dilibatkan penuh dalam setiap pengembangan dan perkembangan anak didik. Mulai dari konsultasi pemilihan program studi di bangku SMA hingga diskusi dan seminar untuk mengetahui perilaku anak-anak remajanya.

Setelah menyelenggarakan workshop dengan tema “Get to Know Our Teenage Children pada semester sebelumnya di tahun 2013, maka di awal tahun 2014 ini dan tetap bekerjasama dengan mitra pendidikan IES (International Educational Services), SMA Santa Maria Pekanbaru kembali mengundang orangtua dan wali dari peserta didik Sekolah Santa Maria Pekanbaru untuk hadir dalam acara seminar khusus ini.

 photo smasm_cpd_009_zpsb3a93162.jpg

Bertempat di ruang serbaguna lantai 3 SMA, seminar dihadiri oleh pembicara Mr. Alexius Cheang, B. Sc. (Hons), M. Sc. In Psychology yang merupakan dosen dan program coordinator di Fakultas “Psychology and Behavioural Sciences“, International Medical University (IMU), Malaysia. Kegiatan dihadiri oleh orangtua/ wali dan dimulai pada pukul 16.00 WIB

Di dalam materi yang disampaikan, jika workshop sebelumnya orangtua dikenalkan dengan perilaku dan cara menghadapi perubahan dan permasalahan pada remaja masa kini, maka di seminar kali ini Mr. Alexius memdalami bagaimana cara untuk mengerti anak remaja lebih baik lagi. Orangtua dan wali yang hadir di ruangan sore itu diajak berdiskusi dan berbagi apa saja sifat dan kebiasaan remaja, termasuk bagaimana orangtua harus menghadapi, membantu, serta kemudian mengenalinya sebagai sebuah kelebihan dalam diri putra-putri mereka.

 photo smasm_cpd_007_zps95aaf697.jpg

Mr. Alexius juga memberikan pesan untuk tidak memarahi anak remaja yang sedang berkembang dan mencari kepribadiannya -karena menyebabkan depresi yang dapat berakibat fatal-, tetapi melalui cara-cara yang komunikatif serta edukatif seperti mendukung, membimbing, dan mengarahkan dengan berbagai contoh tips.

Selain orangtua dan wali, di dalam seminar turut hadir kepala SMA Santa Maria Pekanbaru beserta para pendidik. Pendidik yang berada di ruangan tampak serius mengikuti penjelasan pembicara. Karena selain menjadi orangtua bagi putra-putri kandung mereka, pendidik-pendidik ini juga merangkap sebagai orangtua kedua bagi ratusan anak-anak didik di sekolah yang semuanya memang berusia remaja.

Seminar berjalan interaktif hingga selesai sekitar pukul 18.00 WIB. Para hadirin mendapatkan berbagai informasi yang sangat bermanfaat dari narasumber yang telah berpengalaman di bidang psikologi ini. Tentunya dengan harapan agar pihak sekolah dan orangtua memiliki cara pandang yang sama dalam mendidik anak-anak didik remaja serta dapat memaksimalkan segala potensi dan kelebihannya. Acara kemudian ditutup dengan sesi foto bersama Mr. Alexius Cheang. (StM)

Tags: , , , , ,