Back to Home Page

Jadilah Agen-Agen Pembawa Damai

DAMAI menyelimuti keluarga besar SMA Santa Maria Pekanbaru. Pada hari Sabtu (25/1) di lapangan utama SMA Santa Maria Pekanbaru, tim pastoral sekolah mengadakan pentas seni sebagai wujud syukur akan Natal dan Tahun Baru. Bagaimana keseruannya?

 photo smasm_ntb_001-IMG_3410_zpse04baa93.jpg
 photo smasm_ntb_004-IMG_3466_zps8d7dc3b4.jpg

Setelah belajar seperti biasa pada jam pelajaran pertama sampai ketiga, sekitar pukul 10.30, peserta didik dengan penuh antusias duduk di sekitar panggung karena acara akan segera dimulai. Pentas seni kali ini berkonsep drama musikal, dimana para pengisi acara akan menampilkan kesenian seiring dengan dimainkannya alur cerita.

Drama yang dipentaskan tentu saja menceritakan kisah kelahiran Yesus Kristus dengan narasi dari ayat Kitab Suci yang dibacakan oleh pembawa acara. Dua tarian yang gemulai namun enerjik ditampilkan diawal cerita, yang menyimbolkan malaikat-malaikat Tuhan yang turun dari surga membawakan kabar indah untuk Maria. Dengan menggunakan properti seperti rebana dan kipas, penari-penari tersebut terlihat sangat anggun dan ayu menggerakkan tubuhnya.

 photo smasm_ntb_002-IMG_3457_zps1ca17b62.jpg
 photo smasm_ntb_006-IMG_3484_zps8a8bd303.jpg

Ada pula anak-anak gembala yang ingin melihat kelahiran Sang Juru Selamat. Anak-anak gembala itu menyampaikan kegembiraannya ketika melihat bayi Yesus lewat lagu-lagu rohani yang dinyanyikan dengan lembut, baik berduet ataupun bergrup. Diiring dengan musik yang apik, terciptalah kolaborasi yang harmonis menyentuh hati. Drama kelahiran Yesus ini juga diselipkan unsur simpati terhadap korban bencana banjir di berbagai wilayah Nusantara, di mana SMA Santa Maria Pekanbaru mencoba menghibur mereka lewat menyanyikan beberapa lagu.

 photo smasm_ntb_005-IMG_3476_zps4ee7081f.jpg
 photo smasm_ntb_003-IMG_3463_zpsdd272205.jpg

Sebelum drama diakhiri, para pemeran korban banjir menyampaikan rasa suka citanya menyambut Natal dengan menari ria. Manuver yang lucu dan ceria membuat peserta didik yang menyaksikan tertawa dan ikut ceria. Eps, tunggu dulu. Drama berakhir, bukan berarti acara usai. Acara dilanjutkan dengan penampilan penyanyi solo yang diiringi dengan harmonika dan gitar. Kedua alat musik itu terdengar sangat serasi mengiringi lantunan lagu rohani yang dinyanyikan. Band rohani juga tidak ketinggalan. Drum, gitar, bass, dan saxophone berhasil menutup pentas seni perayaan Natal di SMA Santa Maria Pekanbaru dengan excellent dibuktikan dengan tepuk tangan yang meriah dari penonton.

 photo smasm_ntb_007-IMG_3494_zpsaa0e65e2.jpg
 photo smasm_ntb_008-IMG_3522_zps51106b7a.jpg

Yang ingin disampaikan dalam drama musikal ini, kita sebagai satu keluarga di dunia harus senantiasa menjadi agen-agen pembawa damai. Kiranya, dengan menyaksikan drama musikal ini, peserta didik lebih termotivasi untuk menebar benih damai kepada semua orang di kala senang maupun susah. (WPr)

Oleh Wirawan Perdana.
Foto oleh Anastasia Oktaviani.

Tags: , , , ,