Back to Home Page

Workshop Pendidik: Pembinaan dan Bimbingan pada Peserta Didik

JUMAT (29/11), kepala sekolah beserta para pendidik mengikuti workshop dan pelatihan yang diselenggarakan oleh Yayasan Prayoga Riau bertempat di gedung STIKES John Paul II, Pekanbaru.

smasm-photos-IMG_6636

Jam pulang peserta didik pun dipercepat sehubungan dengan workshop dan pelatihan ini, seiring dalam rangka untuk memberikan waktu yang lebih banyak bagi peserta didik untuk belajar dan mempersiapkan diri menempuh Ujian Semester Ganjil pada hari Senin (02/12). Workshop dan pelatihan ini dijadwalkan akan berlangsung hingga Sabtu (30/11), sehingga untuk mengintensifkan pelatihan, peserta didik pada hari Sabtu (30/11) juga diinstruksikan untuk belajar di rumah.

Workshop dan pelatihan ini dibawakan oleh Rm. Antonius Konseng, Pr. M. Sc. selaku Ketua Yayasan Prayoga Riau dan Ibu Anna Maria. Suasana pelatihan cenderung santai dan interaktif dengan para pendidik. Adapun dasar dari diselenggarakannya pelatihan ini menurut Romo Anton saat diwawancarai adalah masih banyaknya pendidik yang belum mahir menerapkan SCL (Student Centre Learning). Termasuk alasan lain, Romo ingin menegaskan kepada para pendidik, bahwa tugas pendidik adalah mendidik bukan mengajar.

smasm-photos-IMG_6586

Pendidik juga diberikan wawasan mengenai bimbingan kesiswaan dengan metode “PEKAH”. Di mana masalah yang dihadapi peserta didik harus dikonsultasikan terlebih dahulu, sebelum ditindaklanjuti. Hal ini membuat peserta didik akan merenungkan kembali perbuatannya, sehingga peserta didik tidak mau mengulangi kesalahannya bukan karena takut dihukum, tetapi karena sadar dan berubah dari apa yang direnungkannya.

Contoh metode pembelajaran yang variatif juga diberikan kepada para pendidik sebagai bahan referensi, agar pendidik terinspirasi menggunakan cara  mendidik yang interaktif dan berbasis SCL.  Setelah materi diberikan, dilanjutkan dengan refleksi masalah internal. Di mana pada bagian ini para pendidik membentuk kelompok kecil dan mendiskusikan masalah internal yang ditemukan di antara para pendidik. Setelah itu, pendidik diberi kesempatan untuk mengungkapkannya. Tujuan dari sesi ini adalah, agar masing-masing pendidik merefleksikan kembali dan memecahkan masalah sebagaimana yang kerap ditemui oleh pendidik dalam praktik mendidik.

Workshop dan pelatihan di hari pertama, berlangsung hingga petang. Materi dan pemaparan lanjutan dengan tema yang sama, dilanjutkan pada keesokan harinya. (WPr)

smasm-photos-IMG_6655
smasm-photos-IMG_6644

Oleh Wirawan Perdana.
Foto oleh Stephen Marlin.

Tags: , , , , ,