Back to Home Page

SMAYAVA 2013 Minggu Keempat: Unlimited Creativity

BERBAGAI pertandingan mulai terlaksana tidak hanya dari kategori Sports, tetapi juga SkillsSciences, dan Arts seiring dengan memasuki minggu ke-4 SMAYAVA 2013. Semangat kami-harus-menang yang digumamkan para peserta didik dari berbagai sekolah seakan menyelimuti SMA Santa Maria Pekanbaru.

photo WP_20131025_014_zpsaed0f090.jpg

Apabila pada minggu 1, 2, dan 3 kompetisi Sports, Perlombaan Baris Berbaris (Skills), dan Perlombaan Karaoke (Arts) sudah berlangsung, kali ini di minggu ke-4 para peserta kompetisi Skills yaitu Tata Boga, Sciences berupa Karya Model Sel, serta Arts yakni Modeling, Web Design, dan Modern Dance terlihat tidak mau kalah antusiasnya dengan peserta kompetisi Sports yang masih berlangsung dan telah memasuki babak semi final ini.

Seperti pada hari Jumat (25/10), diadakan pada saat break pertandingan basket, lomba Modern Dance begitu menarik perhatian para pengunjung SMAYAVA. Kreasi gerak yang lincah, dinamis, energik dengan diiringi musik pop dan hip-hop, para peserta lomba Modern Dance berhasil menyulap pengunjung agar berkumpul menyaksikan aksinya. Koreografi serta manuver lincah dari para peserta ditampilkan dan dinilai oleh para juri yang berasal dari luar SMA Santa Maria Pekanbaru antara lain: Aznarinova, Rudi Harianto, dan Andari. Lomba yang selalu berdampingan dengan pertandingan basket ini dijadwalkan akan terlaksana hingga tanggal 31 Oktober 2013 pekan depan.

photo WP_20131025_009_zps1122a4d5.jpg
photo WP_20131026_002_zps8acb456c.jpg

Di sisi lain, lomba Karya Model Sel juga tidak ketinggalan. Berbagai bentuk sel hewan dan tumbuhan yang diwujudkan ke dalam model tiga dimensi dengan bahan dari barang-barang bekas, sangatlah menantang para peserta untuk menumpahkan kreativitasnya. Mereka bersaing untuk menciptakan karya model sel dengan seunik mungkin. Bahkan saking antusiasnya, jumlah peserta yang terbilang cukup banyak (baik dari dalam maupun luar SMA Santa Maria Pekanbaru) ini, membuat panitia membagi lomba Karya Model Sel menjadi 2 gelombang. Gelombang pertama dilaksanakan pada hari Jumat (25/10), sedangkan gelombang kedua dilaksanakan pada keesokan harinya (Sabtu, 26/10).

photo WP_20131025_017_zpsd55a70a3.jpg

Saat yang sama, bertempat di tempat parkir utara, puluhan kelompok peserta juga tampak sibuk dengan berbagai peralatan masaknya. Suara kompor, kuali, panci, pisau, dan bahkan blender meramaikan suasana siang hari tersebut. Ditambah dengan aroma berbagai bahan masakan yang sudah tercium ketika mendekati tempat perlombaan. Mereka berpartisipasi dalam lomba Tata Boga yang menghadirkan aneka masakan dan minuman Nusantara.

photo WP_20131026_008_zps285b96ec.jpg
photo WP_20131026_013_zps50304346.jpg

Hari Sabtu (26/10) tak kalah meriah dengan diadakannya kompetisi Modeling (fashion show) di tengah-tengah break pertandingan basket tingkat SMP yang masih berlangsung. Puluhan peserta berlomba-lomba tampil dengan busana menarik dan gaya jalan elok ala seorang model profesional. Busana yang dikenakan sendiri tentunya sangatlah sinkron dengan tema SMAYAVA tahun ini, yaitu “I am Indonesian”. Aneka kebaya dan batik modern yang dirancang sedemikian rupa menjadikannya sebagai tepian mata bagi para penikmat seni di hari yang bercuaca mendung ini.

Pada hari yang sama juga, diselenggarakan lomba Web Design bertempat di laboratorium komputer SMA Santa Maria Pekanbaru. Rancangan web para peserta patut diacungi jempol. Keahlian dan kreativitas para peserta dalam mengutak-atik sistem perangkat lunak dan coding membuahkan karya yang dapat diapresiasi. Hal ini menunjukkan kreativitas yang tak terbatas pada generasi muda masa kini. (WPr)

Oleh Wirawan Perdana.
Foto Stephen Marlin.

Tags: , , , ,