Back to Home Page

Workshops In The Days (1): With Students and Parents

HARI Jumat (13/9) yang lalu, SMA Santa Maria Pekanbaru bekerjasama dengan IES (International Education Services) mengundang beberapa pembicara dari universitas-universitas terkenal di Malaysia untuk mengadakan seminar dan workshop di lingkungan sekolah.

Rangkaian kegiatan ini dibagi menjadi 2 hari, yang pertama di hari Jumat (13/9) yang terdiri dari 3 sesi, yaitu sesi Exploring the Sciences untuk peserta didik kelas 12 IPA, sesi Global Carrer and Work Opportunities as Social Arts Professionals untuk peserta didik kelas 12 IPS, dan sesi Get to Know Our Teenage Children untuk orangtua/ wali peserta didik SMA Santa Maria Pekanbaru dan juga orangtua/ wali peserta didik kelas 9 SMP Santa Maria Pekanbaru.

photo 1375816_734094883283246_1034081272_n_zps8b8baf25.jpg

Exploring The Sciences

Sesi seminar atau workshop ini diadakan setelah peserta didik pulang sekolah (pukul 11.50 WIB), dengan pembicara Prof. Chin Beek Yoke (Head of Biological Sciences Faculty Sunway University, Malaysia), yang diikuti oleh seluruh peserta didik kelas 12 IPA. Materi yang disampaikan adalah tentang most recent pioneers of medical biotechnology.

Beliau membahas tentang banyaknya pengembangan teknologi yang terjadi sekarang ini. Khususnya di pengembangan bioteknologi yang bertujuan agar semakin banyak jenis penyakit yang dapat disembuhkan dengan obat. Tentunya juga membuat para ilmuwan terus-menerus mencoba untuk menemukan obat untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit.

Selain itu beliau juga membahas tentang hal yang sangat banyak menimpa remaja masa kini, yaitu obesitas. Karena remaja masa kini suka sekali mengkonsumsi junk food, sehingga obesitas pun terjadi. Pesan dari Prof. Chin adalah agar kita hidup sehat dan menjaga pola makan kita.

photo 1376999_734095379949863_1447113049_n_zps1269aadd.jpg

Global Career and Work Opportunities as Social Arts Professionals

Sesi lainnya ini diadakan pada jam dan hari yang sama (Jumat, 13/9), dengan pembicara Mr. Tan Choo Khuan, MBA (Program Coordinator Berjaya University College of Hospitality, Malaysia). Topik pembicaraan yang disampaikan beliau adalah expand your view about globalisation.

Materi yang disampaikan beliau secara santai sangat mudah diterima oleh seluruh peserta didik kelas 12 IPS sehingga kegiatan seminar pun berjalan dengan baik. Beliau berbicara tentang era globalisasi yang telah datang akan akan dihadapi oleh peserta didik sebentar lagi. Di mana peluang kerja yang akan semakin kecil ada di masa yang akan datang, sehingga sebagai pelajar sekarang haruslah belajar dengan rajin agak dapat bersaing di era globalisasi.

Mr. Tan Choo Khuan juga memberikan pesan supaya jangan hanya bekerja pada orang yang membutuhkan tenaga kerja, tetapi peserta sebagai generasi muda juga harus dapat berusaha dan menciptakan lapangan kerja sendiri. Kemudian beliau berpesan kepada peserta sebagai masyarakat Indonesia harus terus berinovasi agar dapat bersaing dengan masyarakat di negara asing di era globalisasi yang semakin kompleks ini.

photo 1382823_734095689949832_1116895649_n_zps417381ca.jpg

Get to Know Our Teenage Children

Seminar dan lokakarya ini diadakan pada hari yang sama, tepatnya sore hari pukul 15.30 WIB dengan pembicara Dr. Sia Ah Hiok, Ph.D (Director Center of American Education, INTI International University, Bandar Baru Nilai, Malaysia). Sesi ini mengundang dan diikuti oleh orangtua dan wali dari SMP maupun SMA Santa Maria Pekanbaru.

Dr. Sia dalam pembawaannya menyampaikan tentang susahnya anak remaja zaman sekarang atau yang disebut generasi millenium ini untuk dimengerti. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin modern, terkadang ada juga anak remaja yang menjadi nakal dan tidak sesuai harapan orangtua.

Dr. Sia kemudian menjelaskan mengapa hal ini bisa terjadi. Tidak hanya terjadi di Indonesia saja, tetapi permasalahan serupa juga terjadi di berbagai negara yang beliau kunjungi. Alasan mengapa anak remaja bisa menjadi seperti itu tidak hanya dapat dilimpahkan kepada anak, tetapi bisa juga akibat kurangnya perhatian dan komunikasi dengan orangtua, dan atau juga orangtua yang kurang mendengarkan pendapat anaknya.

Kemudian beliau menyampaikan bahwa sebagai orangtua haruslah lebih mendengarkan anak, memahami anak, dan jangan hanya sibuk dengan pekerjaan, harus meluangkan waktu juga untuk anak, karena kebersamaan itu adalah hal yang paling dibutuhkan oleh setiap anak. Dr. Sia memberikan kiat-kiat dan informasi kepada orangtua untuk menghadapi anak. Bahkan setelah sesi penyampaian materi selesai, Dr. Sia mengadakan ice breaking di mana para orangtua dibagi menjadi beberapa kelompok untuk menuliskan pemikiran mereka akan cara-cara bagaimana menjadi orangtua yang baik di atas selembar karton.

photo 1150912_734096813283053_305801712_n_zps09085626.jpg

Berlangsung sekitar setengah jam, para orangtua sangat antusias dengan ice breaking ini. Banyak sekali ide yang mereka kemukakan yang kemudian dibahas secara menarik oleh Dr. Sia. Dr. Sia memberikan beberapa komentar dan pendapat akan penyampaian yang dirembukkan secara bersama-sama oleh orangtua/ wali.

Seminar berakhir sekitar pukul 18.00 WIB. Beberapa orangtua tampak sangat puas dengan penyampaian Dr. Sia tersebut. Juga mereka tampak antusias mengabadikan foto dengan Dr. Sia dan Dr. Sia sendiri senang berfoto bahkan dengan beberapa peserta didik yang turut hadir. (SsW)

Oleh Sansan Suwangsa.

More photos on Facebook

Tags: , , , , , , , ,