Back to Home Page

Workshops In The Days (2): With Parents and Teachers

DI hari kedua, workshop dan lokakarya berlangsung untuk orangtua/ wali gelombang kedua dan juga pendidik dan tenaga kependidikan SMA Santa Maria Pekanbaru. Bertempat di ruang serbaguna sekolah, kegiatan berlangsung sejak siang hari Sabtu (14/9).

Bekerjasama dengan IES (International Educational Services), penyelenggaraan di hari kedua ini terdiri dari dua sesi yaitu untuk orangtua/ wali peserta didik dengan tema yang sama Get to Know Our Teenage Children, sedangkan sesi untuk pendidik dan tenaga kependidikan mengangkat tema Language Ideas, Skills, and Text: Integrating Content and Language Learning.

photo 72673_734100059949395_1200567558_n_zps8776bfb9.jpg

Language Ideas, Skills, and Text: Integrating Content and Language Learning

Sesi pertama adalah sesi yang diikuti oleh seluruh pendidik dan tenaga kependidikan SMA Santa Maria Pekanbaru. Pembicara workshop yang dimulai sekitar pukul 12.00 WIB ini adalah Dr. Stephen J. Hall, Ed.D. (Director of Center for English Language Studies, Sunway University, Malaysia).

Dr. Stephen dengan gaya pembawaan yang santai dan jenaka ini memberikan penyampaian seputar bagaimana penggunaan dan penerapan bahasa yang baik di dalam kegiatan pembelajaran. Karena apa pun gagasan, keahlian, dan teks yang ingin disampaikan dalam hal ini dari para pendidik kepada peserta didik, harus dilakukan melalui penggunaan bahasa yang baik.

photo 1235456_734100519949349_1188988509_n_zpsbe49a321.jpg

Pendidik dan tenaga kependidikan yang mengikuti workshop ini kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok untuk berdiskusi, menemukan, dan merepresentasikan kembali pembawaan mereka di dalam cara mendidik. Pendidik dan tenaga kependidikan yang beberapa di antaranya juga merupakan wakil dari SMP Santa Maria Pekanbaru ini terlihat sangat antusias, khususnya ketika segmen penyampaian kembali yang baik dan diselingi pembawaan yang variatif dan tidak monoton.

Setelah pembekalan dan pemberian materi oleh Dr. Stephen J. Hall, seluruh peserta interactive workshop ini mendapatkan sertifikat partisipasi dari Sunway University sebagai bagian dari kerja sama dengan IES. Workshop sesi pertama ini diakhiri pada pukul 15.30 WIB.

Get to Know Our Teenage Childern

Sesi ini merupakan gelombang kedua untuk orangtua/ wali yang tidak dapat hadir di gelombang pertama. Masih bersama Dr. Sia Ah Hiok, Ph.D (Director Center of American Education, INTI International University, Bandar Baru Nilai, Malaysia), kegiatan dimulai pukul 16.00 WIB.

photo 1382272_734101923282542_78165151_n_zpsca1fe9bf.jpg

Dengan tema yang sama, Dr. Sia memberikan materi tentang perkembangan anak remaja di era modern ini. Disebut dengan remaja milenium, Dr. Sia membahas permaslaahan-permasalahan seputar anak remaja yang tidak hanya terjadi di Indonesia namun secara global.

Kelakukan anak remaja, sebagaimana kadang tidak sesuai dengan keinginan dan harapan orangtua, memang perlu mendapat perhatian khusus. Orangtua diberikan materi untuk menyikapi dan menghadapi anak, termasuk bagaimana berkomunikasi, menaruh perhatian, memberi kepercayaan, dan sebagainya.

Orangtua yang hadir terlihat interaktif dan berkomunikasi dengan Dr. Sia tentang masalah-masalah yang dihadapi bersama dengan anak remajanya. Dr. Sia yang memang telah berpengalaman dalam hal ini, dengan cepat dan tanggap menjawab setiap pertanyaan orangtua atau wali yang hadir. Dr. Sia memberikan masukan dan arahan bahwa prilaku anak remaja yang dipengaruhi berbagai faktor, di antaranya lingkungan, teknologi, dan bahkan sikap orangtua sendiri yang berbeda-beda.

photo 1095079_734103049949096_1511872164_n_zps4cefa733.jpg

Sama seperti gelombang pertama, setelah penyampaian materi, orangtua juga dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mendiskusikan cara terbaik yang sebaiknya dilakukan orangtua untuk menghadapi anak. Setelah itu, Dr. Sia menanggapi dan membahas, serta memberikan penjelasan akan solusi-solusi yang dikemukakan oleh orangtua tersebut.

Workshop berjalan dengan lancar dan komunikatif mengingat Dr. Sia juga fasih berbahasa Melayu yang mirip dengan bahasa Indonesia. Orangtua/ wali yang hadir tampak dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, termasuk beberapa pendidik dari SMA Santa Maria Pekanbaru yang turut berpartisipasi dalam sudut pandang sebagai orangtua bagi anak-anak mereka. Workshop sesi terakhir berakhir sekitar pukul 18.00 WIB yang turut menutup rangkaian acara selama dua hari berturut-turut ini.

Conclusion

Rangkaian seminar atau workshop ini melibatkan peserta didik, orangtua atau wali, dan pendidik/ tenaga kependidikan. Dengan tema yang berbeda-beda, workshop ini diharapkan memiliki peran dan kegunaan secara langsung maupun tidak langsung, yang bersifat edukatif dan konstruktif bagi pesertanya. Tentunya juga selalu sejalan dengan tujuan SMA Santa Maria Pekanbaru yang mendidik secara holistik, baik dalam akademik maupun non-akademik kepada civitas akademikanya. Salah satunya seperti kegiatan-kegiatan ini.

Secara khusus, pihak sekolah juga mengucapkan terima kasih kepada IES (International Educational Services) atas kerjasamanya, para pembicara (speaker) yaitu: Dr. Stephen J. Hall, Ed.D.; Dr. Sia Ah Hiok, Ph.D.; Prof. Chin Beek Yoke; dan Mr. Tan Choo Khuan, MBA atas materi-materi dan ilmu yang dibagikan, serta pihak-pihak yang diundang dan terlibat dalam kegiatan workshop ini. (StM)

More photos on Facebook

Tags: , , , , , , , ,