Back to Home Page

Bangga Mewakili Indonesia dalam Business Investment Challenge Malaysia

SEBULAN yang lalu, tepatnya tanggal 20 Juli 2013, dua peserta didik SMA Santa Maria Pekanbaru mewakili Indonesia dalam Business Investment Challenge, yang diselenggarakan Monash University, Malaysia.

326003

Timothy Jevon Liander dan Jesica Puteri, didampingi oleh guru pendidik bidang studi Ekonomi, Bapak Marlon Sinaga, S. E berpartisipasi dalam kegiatan yang melibatkan 20 tim dari berbagai institusi pendidikan tinggi di Malaysia, Indonesia, dan Sri Lanka.

Mempertandingkan perdagangan di bursa saham, 20 tim ini memperebutkan siapa yang menjadi trader terbaik di antara rival-rivalnya.

Timothy dan Jesica tampil memukau di babak simulasi. Memperoleh peringkat pertama di simulasi, membuat mereka yang menjadi satu-satunya wakil Indonesia menjadi perbincangan hangat peserta-peserta lain saat sesi istirahat.

Kemudian di saat babak pertama, peserta didik kelas 11 yang naik ke tingkat kelas 12 ini juga berhasil membuktikan kemampuannya dengan memperoleh peringkat pertama. Namun sayang, keunggulan ini harus berhenti di putaran terakhir karena kalah tanggung dengan rival-rivalnya sehingga hanya menempati posisi delapan.

326002

Dalam testimoninya, Timothy Jevon mengaku tetap bangga dengan apa yang dicapainya bersama Jesica. Sempat mendapat peringkat pertama, membuat nama sekolah dan Indonesia menjadi dikenal oleh rekan-rekan yang lain. Ia juga berterimakasih kepada pihak Monash University selaku penyelenggara karena telah memberikan akomodasi dan fasilitas yang ramah serta nyaman selama kegiatan di kampus Malaysia tersebut.

“Kami berharap tahun depan Monash menyelenggarakan acara yang sama sehingga penerus kami dapat melakukan yang lebih baik lagi dari kami dan dapat membawa pulang piala kemenangan yang tentunya lebih membanggakan,” tutur Timothy.

Timothy juga memberikan tips kepada penerus mereka jika kembali berpartisipasi di acara serupa yaitu harus percaya diri, berani, pintar mengontrol emosi, dan lancar berbahasa Inggris.

326004

Sedangkan menurut pihak sekolah, kepala SMA Santa Maria Pekanbaru Bapak Ferdinandus Nipa menyampaikan bahwa sekolah sangat bangga dengan partisipasi mereka yang diundang secara langsung oleh Monash University, Malaysia. Undangan khusus ini hanya diberikan kepada dua SMA di Indonesia, di mana salah satunya adalah SMA naungan Yayasan Prayoga Riau ini.

“SMA Santa Maria Pekanbaru menghasilkan lulusan yang unggul dan diakui oleh dunia luar, termasuk perolehan berbagai prestasi dan pencapaian terbaik di universitas-universitas. Oleh itulah di kesempatan kali ini, pihak universitas mengundang khusus sekolah ini untuk membuktikan kemampuan peserta didiknya. Meskipun pada akhirnya belum memperoleh juara, kami bangga dengan pencapaian ini karena sempat unggul dan mampu bersaing dengan sekolah-sekolah tinggi internasional lainnya,” cerita kepala sekolah yang biasa disapa Pak Ferdi ini. (StM)

326001

Foto oleh dokumentasi pribadi dan Monash University Sunway Campuss.

Tags: , , , ,