Back to Home Page

SMAFENTION: Lebih Baik, Untuk Mendidik (Hari 1 – 2)

SETIAP peserta didik yang memasuki jenjang pendidikan yang baru pasti melalui masa orientasi agar lebih mengenal lingkungan sekolahnya. Maka dari itu mulai hari Sabtu (13/07) kemarin, SMA Santa Maria Pekanbaru mengawali tahun akademik 2013 – 2014 dengan melaksanakan SMAFENTION (Santa Maria Freshmen Orientation) untuk peserta didik baru kelas 10.


140011

Sebelumnya, banyak yang bertanya, mengapa nama Masa Orientasi Siswa Peserta Didik atau yang biasa disebut MOS pada tahun ini diganti namanya menjadi Santa Maria Freshmen Orientation atau disingkat menjadi SMAFENTION? Alasan paling utama adalah karena terjadi perubahan yang mendasar pada konsep kegiatan orientasi peserta didik baru tahun ini.

Kesan negatif  memang telah melekat pada masa orientasi tahun-tahun sebelumnya atau yang dikenal MOS. Sehingga pada tahun ini, SMA Santa Maria Pekanbaru ingin mengubah dan menghilangkan pandangan itu melalui pengemasan ulang kegiatan menjadi sebuah ajang pengenalan antara peserta didik dan lingkungan sekolah yang jauh lebih baik, lebih mendidik, edukatif, serta terintegrasi dengan paduan unsur kreasi. Dijadwalkan dengan durasi satu minggu, SMAFENTION akan digelar dari Sabtu (13/7) kemarin hingga Sabtu (20/7) mendatang.

HARI PERTAMA

Hari pertama, para calon peserta didik kelas 10 dibariskan sesuai dengan kelompok kelasnya di lapangan parkir SMA. Pemeriksaan tas dilakukan oleh tim PASUS sebelum memasuki lingkungan sekolah, untuk memastikan barang-barang yang dibawa peserta di pertemuan perdana ini tidak bertentangan dengan tata tertib dan peraturan SMA Santa Maria Pekanbaru.

140012
140013

Setelah instruksi singkat, peserta dipersilahkan mengambil name tag yang sudah disediakan panitia di meja registrasi, lalu selanjutnya memasuki lingkungan sekolah.

Seusai memasuki lapangan utama yang berada di tengah-tengah sekolah, peserta kemudian berbaris dan mengikuti apel pagi yang telah menjadi tradisi. Kemudian disambung kata sambutan dari ketua OSIS, Frando Wadino, disusul dengan kata sambutan dari ketua panitia SMAFENTION 2013, Jeremy Jordan. Setelah itu sebagai puncaknya, dilakukan pembukaan dan peresmian SMAFENTION 2013 yang ditandai pembunyian sirene oleh kepala sekolah, Bapak Ferdinandus Nipa.

140014
140015

Kegiatan yang pertama adalah permainan solve the mystery, di mana peserta diberikan sebuah misteri untuk mencari letak kelas mereka. Permainan ini berlangsung selama kurang lebih 30 menit. Setelah para calon peserta didik kelas 10 menemukan kelasnya, mereka berkenalan dengan teman-teman sekelasnya dan mempersiapkan penampilan yang akan mereka tampilkan di pentas seni hari Kamis (18/07) nanti.

140016
140017

Selesai sesi perkenalan, peserta yang lebih dari 300 orang ini dibagi menjadi dua gelombang jadwal yang saling bergantian. Sebagian diarahkan menuju ke ruang serbaguna yang berada di lantai tiga untuk mendengarkan materi visi dan misi sekolah yang disampaikan oleh Timothy Jevon dan juga penyampaian materi tentang tata tertib yang disampaikan oleh Haryadi. Sebagian lagi, mendapatkan penjelasan dan sharing bersama dampok (pendamping kelompok) kelasnya masing-masing.

HARI KEDUA

Senin (15/7) merupakan hari kedua rangkaian SMAFENTION 2013. Diawali dengan apel pagi bersama peserta didik kelas 11 dan kelas 12 yang baru saja masuk kembali ke sekolah mengawali tahun akademik baru. Setelah apel, dilakukan pengenalan pendidik dan tenaga kependidikan SMA Santa Maria Pekanbaru dan pemberitahuan wali kelas pembimbing akademik (PA) satu tahun mendatang.

140018
140019

Kemudian sehabis itu, kembali dilakukan pengecekan kerapian oleh tim PASUS sebagai bentuk kedisiplinan yang sesuai tata tertib dan peraturan sekolah. Jika ditemukan peserta yang tidak lengkap atau penampilannya tidak rapi, akan disuruh untuk memberikan hiburan kepada teman-teman lainnya berupa nyanyian.

140020
140026

Di hari kedua, peserta dibagi menjadi tiga gelombang besar dengan jadwal bergantian. Empat kelompok kelas mendapatkan pembekalan materi kurikulum dari kepala sekolah dan juga organisasi serta pengembangan diri dari OSIS. Sedangkan dua kelompok kelas lain bermain sambil berolahraga volley softball di lapangan utama, serta dua kelas sisanya lagi mempersiapkan penampilan pentas seni di ruang kelas.

Sesuai jadwal, kegiatan SMAFENTION di hari kedua berakhir pukul 13.30 WIB. (SsW)

140028
140031
140032

Bersambung

Oleh Sansan Suwangsa.

More photos on Facebook

Tags: , , ,