Back to Home Page

SMAFENTION: Being Smart and Fantastic (Hari 5 – 7)

EMPAT hari berlalu. Menjelang puncak penyelenggaraan SMAFENTION 2013, peserta didik baru ikut dalam kegiatan pentas seni untuk menunjukkan aksi dan kreasinya dengan keberanian tampil yang luar biasa.

HARI KELIMA

Hari Kamis (18/7) tepat merupakan hari kelima peserta didik baru menginjakkan kaki secara resmi di bangku SMA. Setelah terbiasa dan beradaptasi dengan lingkungan serta kakak-kakak kelas, peserta didik baru kelas 10 diharuskan tampil di hadapan teman-teman sekolahnya.

SMAFENTION 2013 01 | SMA Santa Maria Pekanbaru

Pentas seni atau pensi dimulai sekitar pukul 07.00 setelah apel pagi. Bertempat di lapangan utama, ratusan peserta didik memadati secara antusias untuk melihat penampilan khusus dari kelas 10 A, 10 C, 10 F, dan 10 G yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Dibuka dengan peragaan busana tematis, peserta didik baru tampil dengan gaya dan ekspresi masing-masing. Dengan menunjukkan kebolehannya, tema-tema olahraga dan hobi diangkat dalam show-off di panggung Santa Maria Freshmen Orientation ini.

SMAFENTION 2013 02 | SMA Santa Maria Pekanbaru

SMAFENTION 2013 03 | SMA Santa Maria Pekanbaru

Tidak hanya itu, berbagai atraksi seperti bernyanyi, bermain instrumen, breakdance, choir, flashmob, dan sebagainya mengisi suasana di tengah-tengah sekolah. Momen-momen lucu mengundang gelak-tawa penonton yang juga terdiri dari pendidik-pendidik SMA Santa Maria Pekanbaru.

SMAFENTION 2013 04 | SMA Santa Maria Pekanbaru

SMAFENTION 2013 05 | SMA Santa Maria Pekanbaru

Setelah pentas seni sesi pertama usai yang akan disambung keesokan harinya, peserta mengikuti kegiatan per gelombang yaitu motivasi diri dan spiritualitas sebagai sambungan gelombang kedua dari hari keempat sebelumnya. Motivasi diri kembali dibawakan oleh pendidik Bimbingan Konseling, Ibu Dra. Esteria dan spiritualitas oleh pendidik Agama, Bapak Paskalis Florinto A S D, S. Fil.

SMAFENTION 2013 06 | SMA Santa Maria Pekanbaru

SMAFENTION 2013 07 | SMA Santa Maria Pekanbaru

Hari kelima diakhiri dengan perwalian beserta pembimbing akademik kelas masing-masing dan pendamping kelompok (dampok).

HARI KEENAM

Hari keenam atau satu hari menjelang puncak rangkaian acara SMAFENTION 2013.

SMAFENTION 2013 08 | SMA Santa Maria Pekanbaru

Sekitar pukul 07.15 WIB, peserta didik kembali berpartisipasi dalam pentas seni kelas 10 yang di sesi kedua ini diisi oleh kelompok kelas 10 B, 10 D, 10 E, dan 10 H. Masing-masing kelas menyajikan 3 penampilan dengan durasi maksimal 10 menit per tampil.

SMAFENTION 2013 09 | SMA Santa Maria Pekanbaru

SMAFENTION 2013 10 | SMA Santa Maria Pekanbaru

Dengan kehebohan yang tidak kalah dari hari sebelumnya, pentas seni ini menampilkan aneka atraksi. Flashmob, dance, bernyanyi, bahkan pertunjukan drama remaja dan komedi slapstik yang sederhana, berhasil menghibur dan memikat perhatian ratusan penonton.

Setelah istirahat, peserta didik baru yang juga peserta kegiatan SMAFENTION ini mendapat perwalian bersama wali kelas pembimbing akademik dan pendamping kelompok. Hari keenam berjalan singkat dan peserta dapat pulang lebih awal pukul 11.00 untuk menghormati umat Muslim yang akan mengikuti salat Jumat.

HARI KETUJUH

Terakhir, Sabtu (20/7) menjadi puncak SMAFENTION yang ditunggu-tunggu. Setelah melewati seminggu penuh kegiatan yang berfungsi memperkenalkan sekolah dan mempererat kebersamaan peserta didik baru dengan peserta didik di atasnya, hari ketujuh diisi dengan pentas seni yang ditampilkan oleh kakak-kakak kelas 11 dan 12 beserta pengurus OSIS/ MPK.

SMAFENTION 2013 11 | SMA Santa Maria Pekanbaru

Setelah apel pagi, peserta masuk ke ruangan belajar untuk bercerita dan me-review sejenak penyelenggaraan orientasi dalam bentuk baru ini. Seraya menunggu persiapan pentas inaugurasi di lapangan utama.

Pukul 08.30, pentas dibuka oleh harmoni yang dibawakan kelompok orchestra SMA Santa Maria Pekanbaru. Yang dilanjutkan kata sambutan dari ketua panitia SMAFENTION, Jeremy Jordan yang menyampaikan beberapa pesan dan kesan penyelenggaraan orientasi peserta didik baru ini.

SMAFENTION 2013 12 | SMA Santa Maria Pekanbaru

Acara kemudian diisi dengan orchestra dari Genta Honggoi Youth Orchestra, band-band peserta didik kelas 11 dan 12, serta tim modern dance. Tak lupa juga, penampilan dancers Slide-G turut meramaikan acara yang diikuti hampir seribu orang penonton dari peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan ini.

Lanjut ke ice-breaking oleh tim pasukan khusus (PASUS), acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada penampilan terbaik dari pentas seni yang ditampilkan peserta didik baru selama dua hari sebelumnya. Kelas terbaik jatuh ke kelompok 10 B dan pendamping kelompok (dampok) terfavorit jatuh kepada Octavin Exaudina.

SMAFENTION 2013 13 | SMA Santa Maria Pekanbaru

SMAFENTION 2013 14 | SMA Santa Maria Pekanbaru

Sekitar pukul 11.00, peserta akan mengikuti prosesi inaugurasi yang sakral ini. Dimulai dengan kata sambutan kepala sekolah yang diwakili Ibu Emilinda Stefani, S. T selaku wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, inaugurasi dilaksanakan secara meriah dengan penyerahan seragam SMA kepada perwakilan salah seorang peserta didik baru. Confetti dan penampilan orchestra menyambung kemeriahan proses inaugurasi, yang secara resmi juga menjadikan peserta didik baru sebagai bagian dari Saints dan keluarga besar SMA Santa Maria Pekanbaru.

SMAFENTION 2013 15 | SMA Santa Maria Pekanbaru

SMAFENTION 2013 16 | SMA Santa Maria Pekanbaru

Sebagai bentuk syukuran, seluruh peserta menikmati makan siang bersama yang disediakan panitia. Sekaligus juga menutup penyelenggaraan SMAFENTION yang pertama kali diselenggarakan dengan konsep baru dengan durasi seminggu penuh ini.

KONKLUSI

SMAFENTION ini pun diharapkan dapat menjadi momentum yang berharga bagi peserta didik dalam mempersiapkan diri dan beradaptasi di lingkungan pendidikan SMA. Tidak melupakan fungsi kerjasama, persahabatan, dan kebersamaan, SMAFENTION merupakan tonggak baru perubahan penyelenggaraan orientasi peserta didik yang sebelumnya telah dicap negatif oleh berbagai pihak.

Adapun SMAFENTION juga tidak hanya bermanfaat bagi peserta didik baru, namun secara umum kepada seluruh civitas akademika yang terlibat dalam kepanitiaan dan pertunjukan. Tentunya sebagai bagian dari wujud pendidikan holistik yang merupakan tujuan dari sekolah, di mana sekolah tidak hanya bersifat akademik berupa kecerdasan intelektual, namun juga bersifat non-akademik berupa keahlian non-verbal seperti sosialisasi, interaksi, dan sebagainya.

Tidak lupa berbagai pesan, kesan, dan komentar akan ditampung untuk menjadi bagian evaluasi dari penyelenggaraan kegiatan, sehingga dapat terus mengembangkan dan mewujudkan layanan pendidikan SMA Santa Maria Pekanbaru yang smart dan fantastic. (StM/ SsW)

Selesai

Oleh Sansan Suwangsa.

More photos on Facebook

Tags: , , ,