Back to Home Page

Selamat Datang di Tahun Akademik 2013 – 2014!

SAATNYA kembali ke sekolah. Di bulan Juli 2013 ini, peserta didik satuan-satuan pendidikan di Indonesia resmi memasuki tahun akademik baru 2013 – 2014. Tak hanya tahun, tetapi semester baru, teman baru, kelas baru, dan bahkan di SMA Santa Maria Pekanbaru juga ada sistem baru.

140033

Sebanyak lebih dari 900 peserta didik melangkahkan kaki kembali ke sekolah yang terletak di Jalan Ronggowarsito, Pekanbaru ini. Setelah liburan tidak kurang dari 3 pekan, Saints (julukan untuk civitas akademika SMA Santa Maria Pekanbaru) memasuki jenjang kelas berikutnya di tahun akademik 2013 – 2014.

Tahun akademik ini membawa beberapa perubahan sistem khususnya di SMA naungan Yayasan Prayoga Riau ini. Beberapa yang paling menonjol adalah ruang belajar dengan sifat moving class, pakaian seragam baru, dan sistem belajar baru.

Benar, mulai tahun akademik ini, SMA Santa Maria Pekanbaru membuat proses belajar menjadi lebih berbeda. Jika selama ini peserta didik hanya belajar di satu ruangan tertentu yang menjadi kelasnya selama satu tahun dengan berbagai bidang studi, kini peserta didik akan berpindah-pindah kelas sesuai studi yang menjadi jadwalnya.

Penerapan teknik moving class dapat dilihat pada setiap pergantian jam pelajaran, di mana peserta didik akan berpindah ke ruangan yang menjadi kelas dari pendidik bidang studi bersangkutan. Ilustrasinya adalah misalkan kelas 10 A saat bidang studi Bahasa Indonesia adalah dengan pendidik Ibu A, maka peserta didik kelas 10 A tersebut harus berpindah ke ruangan yang menjadi kelasnya pendidik Ibu A tersebut. Lalu jika bidang studi selanjutnya adalah Matematika dengan pendidik Bapak Z, maka peserta didik kelas 10 A harus berpindah ke ruangan Bapak Z tersebut.

Terlihat merepotkan? Pada saat awal penerapan, mungkin anggapan ini adalah wajar sebagai bentuk adaptasi. Namun di balik ini, banyak manfaat yang dapat diperoleh baik oleh peserta didik maupun pendidik. Apakah itu?

  1. Peserta didik tidak lagi jenuh berada di suasana yang sama sepanjang hari bahkan selama setahun. Dengan ruangan belajar yang berbeda-beda, peserta didik dapat pula merasakan situasi yang juga berubah-ubah. Rasa kantuk dan bosan dapat diminimalisir sehingga secara tidak langsung dapat mempengaruhi semangat belajar;
  2. Memaksimalkan ruangan belajar. Dengan penerapan moving class, maka ruangan akan benar-benar dapat dimaksimalkan sesuai keperluannya. Bidang studi Fisika contohnya, jika sebelumnya berada di dalam ruangan kelas, maka sekarang akan belajar di laboratorium fisika untuk melihat atau mungkin mempraktikkan alat-alat fisika. Atau bidang studi lain, pendidik bidang studi dapat memanfaatkan ruangannya semaksimal mungkin dengan dekorasi-dekorasi, alat, ataupun bahan untuk mendukung materi pelajarannya yang akan disampaikan;
  3. Mempermudah pengawasan. Dengan pendidik bidang studi yang memiliki ruangan masing-masing, maka pengawasan terhadap peserta didik yang menggunakan ruangan yang bersangkutan akan lebih mudah. Termasuk pengawasan terhadap kemungkinan pelanggaran tata tertib dan peraturan sekolah, dan terakhir;
  4. Melatih tanggungjawab dan kedisiplinan. Melalui penerapan moving class ini juga, peserta didik dituntut untuk mengingat, mematuhi, dan mengikuti semua mata pelajaran yang didapatkannya sesuai jadwal secara benar, tepat waktu, dan efisien.

Di sisi lain, di tahun akademik ini khususnya peserta didik baru akan mengenakan pakaian seragam baru. Pakaian seragam baru ini sebagai bentuk penyegaran dan pemersatuan identitas sekolah (dan juga yayasan). Seragam yayasan yang memiliki motif khas kotak-kotak biru dan merah ini, kini diterapkan pada pakaian seragam peserta didik laki-laki dan perempuan termasuk atasan kemeja maupun bawahan celana/ rok.

Kemudian di tahun ini, seiring kebijakan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yang memberlakukan Kurikulum 2013, SMA Santa Maria Pekanbaru juga terus mengubah, mematangkan, dan mengembangkan sistem belajar di dalam pendidikannya. Melalui konsep mengamati, bertanya, bereksplorasi, mencoba, dan mengekspresikan yang menjadi kunci Kurikulum 2013, pelaksanaan kurikulum baru ini akan dipadukan dengan standar-standar pendidikan yang telah menjadi diferensiasi pendidikan di SMA Santa Maria Pekanbaru selama ini.

Di sisi lain, Kurikulum 2013 membawa perubahan peminatan jurusan studi pada peserta didik baru sejak kelas 10. Berbeda dengan sebelumnya yang jurusan studi harus dipilih salah satunya pada saat kelas 11, maka di kurikulum terbaru ini juga terdapat program lintas peminatan. Sehingga peserta didik dengan program IPA, dapat juga mengambil bidang studi IPS melalui lintas peminatan tersebut. Dan sebaliknya, peserta didik dengan program IPS, dapat pula mengambil bidang studi IPA jika terdapat minat di studi tersebut.

Inilah tahun akademik 2013 – 2014 dengan beberapa perubahan dan pembaruan. Perubahan ini diharapkan bersifat progresif ke arah yang lebih baik sehingga sejalan dengan tujuan sekolah dalam menciptakan dan mengembangkan potensi peserta didik secara utuh, menjadi insan yang unggul, cerdas, dan bermartabat. (StM)

Tags: , ,