Back to Home Page

Peminatan Jurusan Kurikulum 2013: What’s Your Choice?

KURIKULUM 2013 telah berjalan. Beberapa perubahan besar menjadi pembeda kurikulum ini dengan kurikulum-kurikulum sebelumnya. Salah satunya adalah peminatan jurusan studi yang telah wajib dilakukan sejak kelas 10.

Peminatan Program Studi Kelas 10 sebagai Implementasi Kurikulum 2013 01, SMA Santa Maria Pekanbaru

SMA Santa Maria Pekanbaru sejatinya bukan merupakan sekolah yang menjadi sasaran pelaksanaan Kurikulum 2013 pada tahun ini. Namun SMA Santa Maria Pekanbaru mengajukan pelaksanaan Kurikulum 2013 secara mandiri, karena secara umum telah siap untuk mengimplementasikan kurikulum yang lebih terintegrasi ini.

Pelaksanaan Kurikulum 2013 ini mulai berlaku pada peserta didik kelas 10 tahun akademik 2013 – 2014 ini. Kurikulum ini mewajibkan peserta didik untuk memilih minat jurusan studi mereka. SMA Santa Maria Pekanbaru sendiri memiliki 2 pilihan program studi, IPA dan IPS.

Peminatan Program Studi Kelas 10 sebagai Implementasi Kurikulum 2013 02, SMA Santa Maria Pekanbaru

Salah satu tahap peminatan jurusan studi adalah proses wawancara. Setelah wawancara langsung dengan peserta didik dengan menanyai alasan peminatan, pada Jumat (26/7) pihak sekolah turut mengundang orangtua/ wali untuk berkonsultasi langsung terhadap minat anak-anak didik tersebut.

Peminatan Program Studi Kelas 10 sebagai Implementasi Kurikulum 2013 03, SMA Santa Maria Pekanbaru

Sebelumnya, peserta didik kelas 10 telah dibagikan kuisioner dan angket terhadap peminatan jurusan sehingga pihak sekolah dapat lebih terbantu dalam memutuskan program studi peserta didik ke depannya. Sebagaimana diketahui, program studi harus dipilih sesuai dengan minat, bakat, dan cita-cita dari peserta didik itu sendiri, bukan karena sepenuhnya kehendak orangtua, ikut-ikutan teman, tren, dan sebagainya.

Di sudut lain, pada wawancara yang dilakukan bersama peserta didik dan orangtua/ wali ini, pihak sekolah juga memiliki tujuan untuk menyinergikan langkah dalam menentukan peminatan jurusan studi peserta didik ke depannya. Sekolah mengadakan komunikasi dan konsultasi langsung untuk mengetahui keinginan dan kesiapan orangtua terhadap masa depan putra-putrinya.

“Sekolah mendukung penuh apa yang menjadi minat peserta didik. Namun peran orangtua/ wali, baik dari keinginan, kesiapan jasmani, rohani, dan bahkan materi juga memiliki pengaruh yang tidak kalah besar terhadap proses pendidikan anak-anak didik kami selanjutnya. Sekolah melibatkan orangtua dalam proses penentuan jurusan studi ini sebagai satu kesatuan sehingga keputusan yang dihasilkan dapat efektif, progresif, dan prospektif ke depannya,” jelas Bapak Ferdinandus Nipa selaku kepala sekolah.

Pilihan program studi yang benar memang akan mendukung prestasi pembelajaran peserta didik. Tetapi bukan hanya tentang benar atau salah dalam mengambil keputusan, pemilihan ini juga akan berpengaruh terhadap kepercayaan diri, pemikiran, karakter, dan mental peserta didik selama menempuh pembelajarannya. And for the last, make sure your choice, Saints! (StM/ SsW)

Foto oleh Sansan Suwangsa.

Peminatan Program Studi Kelas 10 sebagai Implementasi Kurikulum 2013 04, SMA Santa Maria Pekanbaru

Peminatan Program Studi Kelas 10 sebagai Implementasi Kurikulum 2013 05, SMA Santa Maria Pekanbaru

More photos on Facebook

Tags: , , , , ,