Back to Home Page

Lokakarya dan Pelatihan Pendidik: Mengubah Mindset Menyongsong Kurikulum 2013

KURIKULUM 2013 yang mulai diterapkan pada tahun akademik 2013 – 2014 ini benar-benar berbeda dibandingkan kurikulum-kurikulum sebelumnya. Mulai dari metode pembelajaran, mata pelajaran, buku, dan sebagainya. Dan sebagai ujung tombak implementasi Kurikulum 2013 yang lebih terintegrasi ini, pendidik harus menjadi garda terdepan dalam mendorong perubahan ke arah yang lebih baik.

smasm-photos-IMG_5420

Kurikulum 2013 menekankan pola pikir baru dalam sistem pendidikan selama ini. Jika sebelumnya pendidik menjelaskan dan menulis di papan tulis, kemudian peserta didik cenderung mendengar dan mencatat, kini perubahan lebih menekankan kepada peserta didik yang aktif dengan cara mengamati, bertanya, bereksplorasi, mencoba, dan mengekspresikan.

Dalam eksekusinya, kesuksesan dari pelaksanaan perubahan akan Kurikulum 2013 ini sendiri akan sangat bergantung pada pendidik yang harus memulai pembiasaan. Pembiasaan mindset atau cara berpikir baru yang benar-benar segar sehingga paradigma belajar selama ini dapat diubah untuk selanjutnya menciptakan suasana pembelajaran yang lebih efektif dan sejalan dengan tujuan Kurikulum 2013.

Bertempat di gedung STIKES John Paul II Pekanbaru, puluhan pendidik SMA Santa Maria Pekanbaru mengikuti lokakarya dan pelatihan persiapan menjelang kurikulum baru pada Jumat (12/7). Dengan narasumber Rm. Antonius Konseng, Pr., M. Sc. dan Ibu Ana Maria, M. Pd., pendidik mendapatkan materi pematangan konsep, implementasi, dan eksekusi dari Kurikulum 2013 yang sesuai dengan tujuan pemerintah melalui kementerian dan juga standar pendidikan SMA Santa Maria Pekanbaru yang dinaungi Yayasan Prayoga Riau.

smasm-photos-IMG_5421

Dengan pelatihan intensif yang kesekian kalinya ini, selain bertujuan mengarahkan pendidik untuk dapat menguasai teori konsep, implementasi, dan eksekusi metode pembelajaran baru Kurikulum 2013, pendidik juga mengikuti simulasi kegiatan pembelajaran di kelas untuk mendapatkan praktik pelaksanaan yang nyata di dalam kelas.

Pendidik juga mendapatkan pendalaman materi seputar peminatan dan jurusan pendidikan peserta didik yang benar-benar berubah di tahun 2013 ini. Jika kurikulum sebelumnya penjurusan baru akan dilakukan pada tahun kedua atau kelas 11, maka dalam Kurikulum 2013 peserta didik Sekolah Menengah Atas akan menentukan minatnya sejak awal yang kemudian akan dijalani tiga tahun ke depan. Dengan dasar-dasar pemikiran dan materi yang diberikan narasumber, pendidik dalam konteks peminatan jurusan ini mengemban tugas untuk membantu serta mengarahkan peserta didik untuk benar-benar memilih sesuai bakat, minat, dan kemampuan individu masing-masing.

smasm-photos-IMG_5426

Lokakarya dan pelatihan yang digelar hingga sangat diprioritaskan menyambut dimulainya tahun akademik baru 2013 – 2014, memiliki tujuan menjaga kapabilitas pendidik dalam mengefektifkan kurikulum baru. Sebagai barometer kualitas pendidikan yang baik, SMA Santa Maria Pekanbaru terus melakukan langkah-langkah konkret dalam menjaga fungsi dan perannya mendidik generasi muda bangsa di Bumi Lancang Kuning. (StM)

Tags: , , , ,