Back to Home Page

Pembuatan e-KTP Untuk Semua

KARTU Tanda Penduduk elektronik (disingkat e-KTP) adalah sebuah tanda identitas yang wajib dimiliki oleh penduduk berusia 17 tahun ke atas. Maka dari itu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) pada hari Jumat (21/6) kemarin melaksanakan pembuatan e-KTP untuk peserta didik SMA Santa Maria Pekanbaru.

143301

Pembuatan e-KTP ini diikuti oleh sekitar seratusan peserta didik, khususnya kelas 10 dan 11 yang datang secara khusus ke sekolah di tengah liburan akhir semesternya. Mereka adalah remaja-remaja yang lahir pada tahun 1996 dan sebelumnya.

Prosedur untuk pembuatan e-KTP ini sendiri sangatlah mudah. Peserta didik hanya cukup menyerahkan fotokopi Kartu Keluarga dan melakukan perekaman data secara elektronik di pos-pos yang tersedia. Data yang direkam terdiri dari biodata, sidik jari, iris mata, tanda tangan, dan pas foto.

143302

Tujuan pembuatan e-KTP ini adalah dalam mewujudkan kepemilikan satu identitas untuk satu penduduk yang dicanangkan pemerintah. E-KTP ini kemudian memiliki kode keamanan dan rekaman elektronik data kependudukan yang berbasis NIK (Nomor Induk Kependudukan) secara nasional. Karena dengan terkandungnya informasi penduduk baik biodata, foto, sidik jari, iris mata, dan tanda tangan yang tersimpan dalam fisik e-KTP, risiko pemalsuan identitas akan menjadi sangat kecil di kemudian hari.

Di sisi lain pembuatan e-KTP akan bermanfaat untuk mendukung terwujudnya database kependudukan yang akurat. Sehingga dalam penetapan data pemilih dalam Pemilihan Umum, baik Pemilu DPR/ DPRD, Pemilu Presiden/ Wakil Presiden, maupun Pemilu Kepala Daerah yang selama ini sering bermasalah tidak akan terjadi lagi. Ini berarti semua warga negara Indonesia yang berhak memilih terjamin hak pilihnya. Dan tak lupa juga, data kependudukan ini akan berguna untuk mempermudah dan memberikan keamanan dalam pelayanan di berbagai sektor ke depannya baik oleh instansi pemerintah maupun swasta. (SsW)

Oleh Sansan Suwangsa.

Tags: , ,