Back to Home Page

Kekuatan Seni dalam Balutan Kreasi dan Edukasi

PULUHAN orang menyambut kedatangan tamu di pintu gerbang dengan keramahannya. Kemudian sesudah masuk, terlihat ribuan orang tengah memadati lapangan di SD Santa Maria Pekanbaru. Ada apa?

smasm-photos-IMG_4956

Jumat (31/5) kemarin, sebuah pertunjukan akbar dengan tajuk “Malam Pagelaran Seni dan Kreasi” sukses dilaksanakan. Diikuti civitas akademika dari semua unit-unit Sekolah Santa Maria Pekanbaru, acara ini melibatkan ratusan pendukung acara dan ribuan penonton dari undangan maupun orangtua/ wali peserta didik.

Acara yang dimulai sejak pukul 18.00 ini dibuka dengan penampilan alat musik tradisional oleh beberapa peserta didik yang duduk di bangku SD. Kemudian disambung choir dari puluhan anak-anak TK dan SD yang membawakan lagu-lagu nasional dan lagu anak-anak Indonesia.

smasm-photos-IMG_4978

Berlangsung meriah dengan atmosfer kemegahan yang sangat terasa plus antusiasme penonton maupun pendukung acara, pertunjukan diisi berbagai aksi tarian, teatrikal, nyanyi, hingga peragaan model dari peserta didik Sekolah Santa Maria Pekanbaru. Mulai jenjang TK, SD, SMP, dan juga SMA.

Beberapa penampilan yang dihadirkan oleh anak-anak TK maupun SD kelas 1 dan 2, memacu gelak-tawa penonton dan undangan dengan aksi-aksi lucunya. Berlatih untuk tampil di atas pentas orang banyak, anak-anak tersebut tetap percaya diri dengan ciri khas kekanak-kanakannya.

Kemudian anak-anak berusia SD ini hadir membawakan berbagai tarian tradisional yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Berkenakan busana yang juga busana tradisional, anak-anak diperkenalkan sedini mungkin untuk selalu mencintai budaya Nusantara di tengah arus globalisasi barat.

smasm-photos-IMG_5114

Dari sudut lain, kreativitas yang dihadirkan secara teatrikal oleh remaja-remaja SMP dan SMA juga mampu memikat perhatian. Muda dan dinamis, anak-anak sekolah menengah ini menceritakan kisah di usia mereka yang sudah mulai dapat merasakan getaran-getaran asmara. Dan teatrikal pendek ini pun berhasil tampil kolosal bersama puluhan peserta didik dengan tarian dan gerakan-gerakan enerjik.

smasm-photos-IMG_5215

Tak ketinggalan kelompok orchestra yang seringkali menjadi kebanggaan dalam berbagai pertunjukan seni ini kembali menampilkan kebolehan musikalitasnya. Dipimpin Bapak Novi Eka Saputra, pendidik bidang Kesenian di SMA Santa Maria Pekanbaru, puluhan remaja SMA mendendangkan harmoni dalam aransemen-aransemen lagu. Sedangkan vokal dinyanyikan oleh beberapa peserta didik terpilih yang memiliki daya tarik suara mumpuni.

Pagelaran berjalan dengan meriah hingga berakhir pukul 22.30. Meski sempat terhenti sejenak karena cuaca hujan yang tidak menentu, secara keseluruhan pagelaran ini sukses dilaksanakan.

UNSUR EDUKASI

Dalam kata sambutan yang disampaikan Ketua Yayasan Prayoga Riau, Rm. Anton Konseng, Ps. M. Sc di saat Pagelaran Seni dan Kreasi malam Jumat (31/5) kemarin, beliau menyampaikan alasan mengapa acara ini didukung penuh oleh sekolah dan yayasan.

smasm-photos-IMG_5200

Romo menggarisbawahi bahwa misi pendidikan yang diselenggarakan sekarang ini adalah edukasi yang bersifat holistik, di mana edukasi tidak lagi berdasar pada buku-buku saja tetapi juga aspek-aspek non-akademik di kehidupannya. Seperti kepercayaan diri peserta didik yang tidak bisa muncul hanya karena nasihat dari orangtua maupun guru pendidik, melainkan perlu adanya ruang untuk tampil dan berlatih.

Ruang untuk tampil dan berlatih inilah yang kemudian harus selalu ada dan didukung, termasuk Pagelaran Seni dan Kreasi Sekolah Santa Maria Pekanbaru. Karena tanpa disadari, acara seperti ini adalah salah satu bentuk edukasi dalam balutan seni dan kreasi. Edukasi yang tentunya untuk menjadikan pesertanya berani tampil, percaya diri, disiplin, bertanggungjawab, dan dapat bekerjasama. (StM)

smasm-photos-IMG_4983
smasm-photos-IMG_5017
smasm-photos-IMG_5104
smasm-photos-IMG_5135
smasm-photos-IMG_5162
smasm-photos-IMG_5180
smasm-photos-IMG_5183
smasm-photos-IMG_5194
smasm-photos-IMG_5314

Untuk foto liputan selengkapnya, dapat dilihat di sini.

Tags: , , , , , , , , ,