Back to Home Page

Pendidikan Tringa

HARI Pendidikan Nasional, diisi dan diperingati dalam berbagai makna. Termasuk tema yang diusung pada saat upacara bendera di lapangan utama (02/5).

IMG_103305

Tri-Nga (Tiga Nga) menjadi tema dalam amanat upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun ini di SMA Santa Maria Pekanbaru, yang disampaikan oleh Ibu Theresia Simatupang, S. Sos. Pahaman Tri-Nga ini berasal dari tokoh pendidikan nasional kita, Ki Hajar Dewantara.

Nga- yang pertama adalah “ngerti”. Maksudnya adalah setelah kita mendapatkan suatu ilmu pengetahuan kita harus mengerti dan memahaminya terlebih dahulu. Ini termasuk ke dalam aspek kognitif.

Nga- yang kedua adalah “ngrasa”. Maksudnya adalah setelah kita mengerti suatu ilmu pengetahuan kita juga harus merasakan aspek yang ada di ilmu itu. Ini termasuk dalam aspek afektif.

Nga- yang ketiga adalah “nglakonin”. Maksudnya adalah setelah kita mendapatkan suatu ilmu pengetahuan, kita harus memahami dan merasakannya terlebih dahulu baru mempraktikkannya dalam kehidupan kita. Ini termasuk ke dalam aspek psikomotorik.

IMG_103306

Selain itu, Ibu Theresia di dalam pesannya menyampaikan, pendidikan jangan terfokus pada ilmu pengetahuan dan teknologi saja. Pendidikan juga harus terfokus pada pendidikan etika dan moral karena masalah yang paling besar yang sedang kita semua hadapi saat ini adalah masalah prilaku. Saat ini banyak sekali penyimpangan sosial yang terjadi, yang tidak lain disebabkan oleh ilmu pengetahuan terutama pendidikan moral yang sudah didapatkan di sekolah tidak diwujudkan dalam bentuk tindakan konkret. Dan juga karena kurangnya diterapkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor di sekolah. Konsep pendidikan sendiri bertujuan untuk membentuk generasi penerus bangsa yang di mana terliputi oleh 3 aspek yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Jadi, 3 aspek utama dalam pendidikan itu sangat wajib diterapkan di sekolah untuk membentuk individu yang berkarakter.

Oleh Sansan Suwangsa.

IMG_103304

IMG_103307

IMG_103302

IMG_103303

IMG_103308

Tags: , ,