Back to Home Page

A Night To Remember

INI adalah tahun kedua berturut-turut SMA Santa Maria Pekanbaru mengadakan farewell party di dalam lingkungan sekolah atau yang biasa disebut prom night.Berbeda dengan tahun sebelumnya yang diwarnai dengan pro dan kontra “Mengapa dirayakan di sekolah?”, tahun ini sudah hampir tidak ada perdebatan mengenai hal itu mengingat pelaksanaan farewell party tahun lalu yang sukses.

001393

Beginning of Farewell

Sabtu petang (27/4), farewell party diadakan di lapangan utama SMA Santa Maria Pekanbaru, Jalan Ronggowarsito, Gobah. Tema farewell party tahun 2012 – 2013 ini, “A night to remember.” Alasan pemilihan tema ini karena ini adalah malam terakhir peserta didik kelas 12 berkumpul, bercanda tawa, melakukan sesuatu di sekolah secara bersama-sama, sehingga hal yang mereka lakukan malam ini pasti akan mereka ingat. Konsep pestanya sama seperti tahun lalu, yaitu konsep Garden Party.

Ketika langit mulai gelap, tamu-tamu mulai berdatangan, di sisi lain, lampu dan obor pun mulai dinyalakan. Sebelum para tamu memasuki halaman utama, mereka menandatangani absen yang ada di meja penyambut tamu, disusul dengan pemberian souvenir oleh para penyambut tamu.

001392

Acara pun dibuka dengan doa. Lalu sebagai simbol dimulainya acara, ada atraksi semburan api di obor yang bertuliskan “SAINT” (=Saints, sebutan untuk civitas akademika Sekolah Santa Maria Pekanbaru, Red.) oleh Louis dan Lewis bersaudara.

Yang kemudian dibuka oleh penampilan dari tim modern dance, dilanjutkan dengan kata sambutan dari ketua panitia Frando Wadino, perwakilan peserta didik dari kelas 12 IPA dan 12 IPS, kepala sekolah, termasuk dari ketua Yayasan Prayoga Riau.

001400

Di dalam sambutan kepala SMA Santa Maria Pekanbaru, Bapak Ferdinandus Nipa menyampaikan pesan kepada peserta didik kelas 12 yang segera tamat untuk bangga menjadi alumni Sekolah Santa Maria. Tak lupa juga beliau menyampaikan agar setelah tamat, peserta didik harus terus berprestasi dan membanggakan almamaternya.

Sedangkan ketua Yayasan Prayoga Riau (YPR), Rm. Antonius Konseng, Pr., M. Sc. dalam sambutannya berpesan bahwa ilmu itu tidak ada pada guru ataupun dosen, tetapi ilmu berada di perpustakaan maupun dunia cyber. Jadi romo mengajak peserta didik untuk selalu belajar dengan rajin-rajin ke perpustakaan maupun surfing di internet.

001394

Sebelum itu, secara simbolis juga diadakan penyerahan kembali peserta didik dari sekolah kembali ke orangtua, yang diwakili oleh kepala sekolah ke Bapak Hariadi, orangtua dari Agata.

Acara berlangsung dengan meriah, diisi oleh berbagai band yang melibatkan semua peserta didik kelas 12 dan penampilan dari tim dancer SLIDE-G. Selain iringan acara, juga ada jamuan makan malam untuk seluruh undangan dan hadirin. Selain makanan utama, ada juga hidangan barbecue yang diselangi games dan berbagai awards kepada peserta.

001391
Tahun ini ada award yang berbeda dengan tahun sebelumnya, yaitu prom king dan prom queen yang dimenangkan oleh Eric Salim dan Stella Khu. Tetapi sayangnya, pada saat penyerahan award, Stella Khu telah meninggalkan tempat acara. “Duh, kasihan sekali ya king-nya ditinggal sendirian…

Final of The Party

Setelah rangkaian acara yang beragam, kini tibalah pada penghujung acara. Seusai menikmati hiburan, mereka bersalaman dengan seluruh pendidik dan tenaga kependidikan sambil mengucapkan salam perpisahan serta memohon doa restu untuk perjalanan hidup mereka yang akan dimulai setelah keluar dari lingkungan pendidikan SMA. Suasana haru, sedih, lega, dan berbagai perasaan emosional bercampur aduk. Diiringi pementasan kembang api yang mewarnai awan dan langit malam.

Acara berakhir sekitar pukul 23.30 WIB, tetapi para hadirin khususnya kelas 12 masih saja berada di lingkungan sekolah. Mereka mengabadikan foto bersama dan bercengkrama untuk terakhir kalinya dengan status berseragam SMA. Sedih memang karena harus berpisah, tetapi tertutupi oleh wajah yang bahagia. (SsW)

Oleh Sansan Suwangsa.

001395

001398

001396

001397

001401

001399

Tags: , , , ,