Back to Home Page

Regenerasi itu Perlu dengan Pengurus OSIS Baru

MULAI hari ini (08/4), pengurus dan anggota Organisasi Siswa Intra-Sekolah telah beregenerasi. Menggantikan seniornya yang segera lulus dan akan menempuh Ujian Nasional, pengurus dan anggota baru pun resmi dilantik.

100_5931

Pengurus OSIS dan MPK (Majelis Permusyawaratan Kelas) periode 2012 – 2013 memang telah selesai menjalankan tugas yang diembannya selama setahun. Kerja keras, keluh-kesah, keringat, dan waktu telah dicurahkan, termasuk juga pengorbanan, perjuangan, serta pengalaman yang luar biasa harganya.

Sedikit kilas balik, OSIS dan MPK yang di awal periode bakti sebelumnya telah menyusun rancangan program sesuai seksi dan bidangnya masing-masing, telah berupaya menjalankannya selama setahun ini. Berbagai program baik acara, event, serta perlombaan yang dimulai dari Masa Orientasi Peserta Didik Baru, acara peringatan Kemerdekaan, class-meeting, dan seterusnya berhasil digelar di SMA Santa Maria Pekanbaru ini.

100_5926

Di dalam rapat Laporan Pertanggungjawaban OSIS/ MPK yang berlangsung sekitar sebulan yang lalu, seksi-seksi melaporkan kinerja mereka. Ada yang berhasil dengan baik dalam melaksanakan program rancangannya dan ada juga yang tidak berhasil dengan disertai berbagai dasar pertimbangan dan keputusan tersendiri.

Di luar itu, pihak sekolah dalam hal ini tentu tidak menuntut setiap program harus berjalan dengan baik. Pihak sekolah cukup berperan mendukung, membina, dan mengawasi penuh setiap keputusan, pelaksanaan, dan pertanggungjawaban yang diselenggarakan oleh pengurus dan anggota OSIS/ MPK. Sejalan juga dengan tujuan sekolah untuk terus mengembangkan sisi soft-skill peserta didik di dalam bekerja tim, disiplin, dan bertanggungjawab dalam berbuat sesuatu, yang tentu saja diseimbangkan antara pendidikan yang bersifat akademik dan non-akademik.

100_5949

Kembali ke regenerasi, pengurus OSIS/ MPK yang diperbarui setiap tahun adalah bertujuan menumbuhkan bibit-bibit baru. Bibit-bibit itu berasal dari peserta didik baru yang dapat berupa sifat pemimpin, ulet, disiplin, tidak gampang menyerah, dan sebagainya. Dengan regenerasi, pengurus senior yang segera lulus dari jenjang SMA dapat mewariskan keahliannya kepada pengurus junior sehingga kinerja yang berkualitas dapat terus dipertahankan.

Akhirnya pada hari Senin (08/4) ini, pengurus OSIS/ MPK baru di SMA Santa Maria Pekanbaru resmi dilantik. Pengurus dan anggota yang telah diseleksi dari ratusan peserta didik ini dan telah berhasil melewati latihan kepemimpinan, akan mengemban beban keorganisasian selama setahun ke depan.  Berbagai program juga telah dicanangkan dan siap untuk dilaksanakan. Selamat bekerja dan berbakti di dalam periode 2013 – 2014!

Tak lupa ucapan terima kasih sebesar-besarnya atas karya dan dedikasi pengurus OSIS dan MPK 2012 – 2013 selama ini, khususnya kelas 12 yang sebentar lagi akan mengikuti Ujian Nasional. Teruslah berkarya dan jadilah anak-anak Indonesia yang membanggakan keluarga, nusa, serta bangsa. (StM)

Tags: , ,