Back to Home Page

Educational Trip 2012: Semarak, Semrawut, Pasar, dan Pantai

SEHARI sebelumnya melakukan perjalanan penuh termasuk Candi Borobudur, di hari kedua (16/12) aktivitas mengunjungi tempat-tempat ikonik serta menarik di Yogyakarta pun dimulai.

20121216_155523

Jika sesuai rencana awal, maka sekitar pukul 07.30 WIB, rombongan akan memulai hari dari kunjungan ke kraton. Tentunya setelah sarapan pagi di hotel masing-masing. Namun sayang, karena kendala teknis di kraton, rombongan tidak dapat masuk semua ke sana.

Kesimpangsiuran informasi yang didapat peserta rombongan akibat isu dari mulut ke mulut tak dapat dihindari. Rombongan yang saat itu jalan terpisah-pisah dengan pengawas masing-masing, terlihat mulai asyik berbelanja dan melupakan tujuan semula. Tidak ingin bertambah semrawut menyadari tidak adanya tempat berkumpul, panitia pun akhirnya memutuskan untuk membebaskan peserta dan mentolerir kebebasan peserta dengan kepercayaan menjaga diri sendiri. Tentunya dengan kesepakatan berkumpul pada jam tertentu, yaitu pukul 13.00 WIB.

Lagi dan lagi, hujan yang sangat deras mengganggu kegiatan rombongan. Peserta yang sedang asyik berbelanja di keramaian pasar, harus berpencar dan kocar-kacir mencari peneduh. Selain itu, jarak pasar dan lokasi parkir bus yang diizinkan juga tidak dekat.

Akhirnya, sekitar pukul 14.25 WIB ketika rombongan telah sepenuhnya dipastikan berkumpul, kumpulan peserta yang terdiri dari 288 orang ini melanjutkan wisata. Wisata berlangsung ke Pantai Parangtritis, sebuah lokasi ikonik yang menjadi bagian dari daerah istimewa ini.

Menempuh jalan hampir satu jam, rombongan tiba di pantai selatan pulau Jawa ini. Demi alasan keamanan mengingat air pasang dan gelombang yang tinggi, peserta tidak diizinkan mandi dan berenang di kedalaman air. Meski semua peserta tetap seru berfoto ria, bermain pasir, hingg memacu motor ATV yang disewakan seharga Rp50.000 per setengah jam untuk berkeliling pantai. Ada juga wahana andong-andong, berkuda, dan flying fox yang membuat suasana begitu semarak.

Malam harinya, saat jadwal disusun, malam ketiga ini sudah direncanakan untuk dihabiskan di alun-alun selatan kota. Setelah pulang dari pantai, keenam bus yang membawa rombongan sudah menuju ke arah selatan. Namun lagi-lagi, cuaca tidak mendukung. Hujan deras disertai awan gelap menyelimuti Yogyakarta yang pada akhirnya membuat panitia segera mengambil solusi untuk beralih ke alun-alun utara dengan harapan cuaca masih mendukung.

Saat dikonfirmasi, alun-alun utara sedang diadakan pasar malam yang kemungkinan besar tidak akan tersedia ruang yang cukup bagi 300-an peserta Educational Trip 2012 ini. Khususnya mengingat makan malam akan dilaksanakan di tempat ini. Selain itu, cuaca juga hujan gerimis dan masih tidak mendukung. Hasilnya, panitia memutuskan untuk kembali ke hotel masing-masing. Konklusinya, peserta dapat beristirahat dan mengemas barang-barangnya untuk keberangkatan pulang besok hari (18/12). (StM)

Tags: , ,