Back to Home Page

Pertama Kali Ikut, Langsung Raih Juara 1 dan 2 Sekaligus!

SMA Santa Maria Pekanbaru berpartisipasi dalam English Competition yang diadakan Universitas Islam Riau (UIR). Lomba tersebut diadakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun UIR yang ke-50 pada 29 Agsutus 2012 yang lalu. Seperti apa perlombaan itu?IMG_0912-s1

Di dalam kesempatan tersebut, SMA Santa Maria Pekanbaru mengirimkan 2 tim untuk berpartisipasi dalam lomba debat. Tim A terdiri dari Jessica Putri, Eric Marvin, dan Thomas sedangkan tim B diwakili oleh Abigail, Marcelina, dan Michael.

Lomba ini sendiri merupakan lomba di UIR yang pertama kali bagi peserta-peserta didik kelas 11 tersebut. Sehingga mereka pun belum mengetahui bagaimana proses lomba debat itu. “Masih samar-samar, belum tahu banyak”, ujar Thomas seperti yang diungkapkan saat proses persiapan. Persiapan yang mereka lakukan juga tidak banyak mengingat keterbatasan waktu yang ada. Mereka pun hanya mencari bahan dari topik-topik yang diberikan sebagai modal berkompetisi.

Bagi masing-masing tim, ini juga merupakan pertama kali bagi mereka berkerjasama dalam sebuah lomba. Mereka belum tahu bagaimana keunggulan dan kelemahan antara satu rekan tim. Penyusunan speaker atau pembicara pun diatur oleh guru pembimbing. Akan tetapi, mereka terpilih karena kemampuannya yang sudah unggul serta tidak bisa dipandang sebelah mata.

Lomba yang bertempat di lokasi kampus UIR ini diikuti oleh sekitar 8 sekolah yang ada di Pekanbaru. Melalui berbagai proses, tahap demi tahap mampu mereka lewati. “Awalnya takut, waspada, dan grogi, tapi sesudah itu sudah bisa rileks,” ucap Eric Marvin bersemangat. Karena pada saat itu mereka tidak memikirkan apa pun selain do the best. Hingga hal tersebut dibuktikan dengan berhasilnya memasuki babak final.

Uniknya, kedua tim baik tim A maupun tim B, lolos ke babak final secara bersamaan. Yang artinya mereka akan melawan satu tim sekolah. Meskipun mereka tetap dituntut melaksanakan tugas dengan baik dan bertanding dengan fair play.

Perlombaan pun berbuah hasil. Juara pertama berhasil diraih tim A dan juara kedua diraih oleh tim B. “Langsung dapat juara 2 itu senang sekali, sesuatu banget,” ungkap Marcelina.

Lanjutnya, mereka tak pernah terpikir akan bertemu dengan tim satu sekolah di babak final hingga meraih juara. Apalagi ini adalah partisipasi pertama di lomba sejenis. Sampai akhirnya, masing-masing tim mengekspresikan kebahagiaan mereka dalam pencapaian membanggakan ini. Karena bagaimana pun dari lomba ini, mereka mendapat begitu banyak pelajaran serta pacuan semangat untuk mengikuti lomba-lomba debat di event berikutnya. Mereka juga tertarik untuk mencoba lomba Bahasa Inggris lainnya jika diberi kesempatan.

“Dari semua itu yang paling penting adalah pengalaman,” ujar Michael. Memang benar, lomba ini mereka jadikan pengalaman untuk melangkah dan membawa piala-piala lain ke sekolah. Mereka berungkap bahwa lomba ini sangat berarti. Sebab, mereka akhirnya mempunyai sesuatu untuk dibanggakan kepada orangtua dan sekolah, serta tentu saja sebuah kenangan yang tak terlupakan. (fn)

Tags: , ,