Back to Home Page

Perencanaan “Educational Trip 2012: Goes To Yogyakarta”

SETELAH ke Bukittinggi tahun lalu dengan “Spiritual Tour 2011″, kini peserta didik kelas 12 SMA Santa Maria Pekanbaru sedang berencana dan bersiap untuk menuju Yogyakarta.

IMG_5133-s

Yogyakarta adalah sebuah daerah yang istimewa bagi Indonesia. Selain sisi historisnya, Yogyakarta juga mempunyai segudang seni dan budaya yang terkenal. Di luar dari ketersediaan perguruan tinggi dan institusi-institusi pendidikan berkualitas yang juga menjadikannya sebuah daerah tujuan pendidikan.

Itulah salah satu alasan dipilihnya Yogyakarta sebagai tujuan destinasi oleh peserta didik kelas 12 SMA Santa Maria Pekanbaru pada Desember 2012 mendatang.

Selain itu, alasan yang paling utama adalah sebuah komitmen yang sudah menjadi visi sekolah di mana setiap peserta didik yang ada di SMA Santa Maria Pekanbaru harus dididik menjadi manusia yang utuh. Utuh dalam artian manusia yang memiliki kecerdasan baik dalam aspek intelektual maupun spiritual, serta kemudian tumbuh menjadi manusia yang penuh dengan kebajikan. Yang kemudian berdasarkan tujuan yang sangat mulia tersebut, maka sekolah yang bernaung di bawah Yayasan Prayoga Riau ini memiliki program tahunan yang mewajibkan peserta didik, pendidik, serta tenaga kependidikan untuk melakukan pembinaan-pembinaan baik mental maupun spiritual dalam berbagai bentuk.

IMG_2940-s

Di tahun 2012, ada dua bentuk pembinaan yang akan dilakukan yaitu rekoleksi dan kegiatan wisata rohani serta study tour. Untuk rekoleksi akan dibuat di dalam lingkungan SMA Santa Maria Pekanbaru, sedangkan untuk wisata rohani dan study tour akan dilaksanakan dengan kunjungan ke Daerah Istimewa Yogyakarta. Seperti halnya yang disampaikan oleh Kepala SMA Santa Maria Pekanbaru, Ferdinandus Nipa, S. Pd.

Untuk rekoleksi bagi peserta didik akan dilaksanakan selama lima hari yaitu dari tanggal 19 – 23 November 2012, dengan pembagian hari pertama sampai hari keempat akan diikuti oleh dua kelas. Latar belakang pembagian ini sendiri dimaksudkan agar jumlah pesertanya tidak terlalu banyak sehingga materi-materi yang diberikan benar-benar efektif dan diserap. Kemudian khusus untuk hari kelima atau hari terakhir, rekoleksi ini direncanakan dibuat untuk seluruh peserta didik kelas 12. Di mana hari terakhir ini difungsikan sebagai penutup, penegasan, dan penguatan kembali nilai-nilai dari semua rekoleksi yang telah dilaksanakan empat hari sebelumnya. Sementara itu, di pihak lain rekoleksi bagi pendidik dan tenaga kependidikan akan dibuat pada hari Sabtu tanggal 8 Desember 2012 dan berakhir pada hari Minggu tanggal 9 Desember 2012.

IMG_4745-s

Yang perlu mendapatkan perhatian khusus dari semua kegiatan ini adalah di sisi pembiayaan. Sudah menjadi rahasia umum bahwa biasanya pembiayaan menjadi kendala dan prioritas paling utama yang dihadapi berbagai institusi dan golongan dalam melakukan suatu kegiatan. Akan tetapi, bagi peserta didik SMA Santa Maria Pekanbaru tahun 2012 ini, hal teknis tersebut sudah bukan menjadi masalah serius. Mengapa demikian?

Melalui berbagai perencanaan dan konsep yang matang, sekolah membuat aneka program untuk mendukung kegiatan tahunan ini. Beberapa di antaranya adalah program wajib menabung sejak kelas 10, di mana setiap peserta didik akan disisihkan uang sakunya sebesar Rp1.000 per hari. Yang kemudian program penggalangan dana, di mana peserta didik dan pendidik diajak berpartisipasi dalam pengadaan pentas seni dan penjualan beberapa hasil kerja baik dalam seni rupa, makanan, maupun karya-karya seni.

IMG_4036-s

Khusus penggalangan dana, program ini dibuat bukan hanya sekadar karena alasan materi belaka, pertimbangan lain yang mendasari diizinkannya penggalangan dana dalam bentuk pentas seni dan penjualan barang di dalam lingkungan sekolah adalah sebagai proses pendidikan entrepreneurship bagi peserta didik. Hal ini mengingat pendidikan dan kemampuan entrepreneurship itu sendiri sangat penting bagi peserta didik di era globalisasi ini sebagai modal untuk eksis di dunia kerja dan usaha setelah tamat sekolah ke depannya.

Selain usaha mandiri melalui program-program tersebut, di Educational Trip 2012 yang rencananya digelar minggu ke-50 tahun ini juga mendapat bantuan pembiayaan dari orangtua. Bantuan ini adalah sekaligus menjadi bentuk partisipasi mereka dalam mendukung kegiatan pembinaan putra-putri dari orangtua yang bersangkutan.

IMG_4018-s

Ini adalah tahap perencanaan dan persiapan, bagaimana dengan cerita “Educational Trip 2012: Goes To Yogyakarta” ini selengkapnya? Nantikan perkembangannya di situs resmi sekolah dan sosial media Facebook serta Twitter! (fn/ StM)

Tags: , , , ,