Back to Home Page

Kami Kembali! Lebih Banyak dan Lebih Segar

KAMI kembali! Lebih banyak dan lebih segar. Sebuah kompetisi, hiburan, dan juga pameran pendidikan yang hadir dengan semangat baru untuk generasi muda Pekanbaru. Begitulah slogan SMAYAVA 2012.

img_4472-s

SMAYAVA adalah Santa Maria Youth Activities Festival, sebuah nama baru dan mulai digelar pada tahun 2011 untuk menggantikan acara serupa “Santa Maria Fair” yang digelar sebelum-sebelumnya. Dengan format acara yang lebih besar serta ragam yang lebih banyak, SMAYAVA terdiri dari 3 acara utama yaitu competition (kompetisi), entertainment (hiburan), dan juga education expo (pameran pendidikan).

Kompetisi di dalam SMAYAVA terdiri atas 5 genre yang berbeda untuk dipertandingkan di dalam puluhan jenis perlombaan. Genre tersebut antara lain adalah: sports (olahraga), arts (seni), sciences (ilmu pengetahuan), languages (bahasa), dan technology (teknologi). Sedangkan untuk pameran pendidikan, SMAYAVA terdiri dari dua kategori utama yaitu pameran lokal (dalam negeri) dan pameran internasional (luar negeri). Hiburan? SMAYAVA juga ada berbagai stand dan pojok menarik yang siap dinikmati dan dikunjungi.

Untuk tahun ini sendiri kegiatan SMAYAVA yang mengambil tema Nusantara ini dilaksanakan selama satu bulan penuh yaitu mulai dari tanggal 1 Oktober hingga 3 November 2012.

img_4455-s

Diawali dengan opening ceremony pada tanggal 1 Oktober 2012 di lapangan utama sekolah, pembukaan dilakukan oleh Ketua Pengurus Yauasan Prayoga Riau, Bapak Ir. Frans Sembiring yang secara simbolis memainkan alat musik tradisional angklung dengan turut didampingi oleh Kepala SMA Santa Maria Pekanbaru, Bapak Ferdinandus Nipa, S. Pd.; Ketua Panitia SMAYAVA 2012, Bapak Drs. Sarbon Manik; Ketua OSIS SMA Santa Maria Pekanbaru, Howgen Pratama; Bapak/ Ibu Pelaksanaan Kegiatan Yayasan; serta Bapak/ Ibu kepala sekolah se-koordinatorat Pekanbaru.

img_4457-s

Kemudian di dalam sambutannya di hadapan ratusan peserta didik SMA Santa Maria Pekanbaru beserta undangan lainnya, Bapak Ferdinandus menyampaikan bahwa latar belakang dari penyelenggaraan SMAYAVA ini adalah sebagai bentuk komitmen nyata sekolah di samping memperhatikan segi akademik peserta didik juga memperhatikan segi non-akademisnya. Setelah itu, acara ini juga dirupakan sebagai panggung bagi anak-anak remaja dalam menampilkan semua potensi atau talenta yang dimiliki, khususnya bagi peserta didik SMA Santa Maria Pekanbaru yang menjadi bagian kepanitiaan. Di acara berwarna-warni ini, team work, kerja sama, toleransi, disiplin, tanggung jawab, emosi, kreasi, dan sebagainya dapat dilatih dan dikembangkan.

Sementara itu dalam laporan ketua panitia, Bapak Sarbon menyampaikan selain sistem yang berbeda dari tahun sebelumnya yaitu durasi penyelenggaraan yang berubah menjadi satu bulan penuh, SMAYAVA di tahun 2012 akan kembali diisi dengan pameran pendidikan dari perguruan tinggi dalam dan luar negeri. Tak ketinggalan perlombaan-perlombaan dengan 5 kategori yang akan diikuti oleh anak-anak muda dari tingkat TK sampai SMA se-Kota Pekanbaru. ada juga beberapa penambahan jenis perlombaan seperti futsal untuk tingkat SMA, lomba bahasa Mandarin, serta lomba memasak.

img_4425-s

Di sisi lain, perlu diinformasikan juga bahwa tingkat partisipasi peserta dalam acara sejenis yang diselenggarakan sekolah swasta ini terus bertambah setiap tahunnya. Turnamen voli yang sebelumnya 12 tim menjadi 36 tim, turnamen basket dari 24 tim menjadi 48 tim, termasuk beberapa jenis perlombaan seperti kontes bahasa Inggris yang juga mengalami peningkatan jumlah peserta.

Kembali ke opening ceremony, acara yang diselenggarakan di pagi hari ini diisi dengan berbagai aksi dari peserta didik SMA Santa Maria Pekanbaru. Mulai dari band, solo songs, modern dance, hingga tari tradisional yang dibawakan oleh penari-penari PON XIII Riau asal SMA Santa Maria Pekanbaru.

img_4488-s

Dengan konsep yang kembali diperbarui, SMAYAVA 2012 akan tampil lebih banyak dan lebih segar selama sebulan ke depan. Mari bersama menjadikan SMAYAVA 2012 sukses dari penyelenggaraan dan prestasi sesuai harapan setiap orang. (fn)

Tags: , , , ,