Back to Home Page

“Bunyi yang Mengguncang” di Riau Expo 2012

MALAM itu terasa begitu istimewa. Sekelompok remaja yang berkumpul dengan alat-alat musiknya sedang mempersiapkan diri untuk menuju Gedung Anjung Seni Idrus Tintin, kawasan MTQ, Pekanbaru. Apa gerangan?

Megahnya panggung di Anjung Seni Idrus Tintin, saat "Genta Honggoi Youth Orchestra" beraksi

Itulah Genta Honggoi Youth Orchestra, sekelompok musisi muda yang terdiri dari peserta didik di lingkungan Sekolah Santa Maria Pekanbaru. Mereka tampil dalam rangka acara “Riau Expo: Menjulang PON Riau 2012″ pada Kamis (13/9) malam.

Dibuka oleh kepala sekolah SMA Santa Maria Pekanbaru, kelompok orchestra ini hadir dengan panduan langsung Bapak Novi Eka Saputra, yang sekaligus menjabat sebagai pendidik mata pelajaran Kesenian dan Musik.

Selain pertunjukan musik, ada aksi balerina di Riau Expo 2012

Berbalut busana dengan nuansa serba hitam, peserta didik yang semuanya berasal dari sekolah Katolik ini berhasil menampilkan aksi yang megah dan meriah. Lagu-lagu populer seperti Hilang (dipopulerkan Garasi Band), Engkau Laksana Bulan, Seroja, Rumah Kita, You’ll Be In My Heart, serta lagu-lagu klasik dan legendaris lainnya diaransemen dengan sentuhan orchestra, yang kemudian dimainkan secara apik dan membuat decak kagum dari para penonton.

Pertunjukan malam itu memang terasa cukup istimewa. Selain dapat menjadi pengisi acara di Riau Expo, unjuk panggung ini juga membuktikan bahwa orchestra junior ini sanggup menunjukkan eksistensinya di tengah-tengah warga Pekanbaru. Apalagi di saat-saat Kota Pekanbaru sedang berpesta dalam menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XVIII.

Kesuksesan penampilan ini, tentu bukan karena keberuntungan semata. Banyak kerja keras, usaha, dan upaya yang  telah dilalui bersama. Di tengah kesibukan mereka belajar dan menuntut ilmu di sekolah, orchestra ini tetap mampu membuat pesertanya berbagi waktu sambil mengekspresikan diri.

Nama dari orchestra ini sendiri, Genta dan Honggoi, berasal dari Bahasa Melayu yang berarti bunyi yang mengguncang. Mengapa demikian? Karena meski para pemainnya yang masih berusia muda, penampilan musik mereka diharapkan dapat mengguncang. Mengguncang Bumi Lancang Kuning, khususnya. (MLN/ edited)

Tags: , , ,