Back to Home Page

Merajut Kebersamaan Setelah Ujian, Sebelum Liburan

UJIAN Akhir Semester (UAS) genap baru saja dilewati oleh peserta didik kelas 10 dan 11 SMA Santa Maria Pekanbaru. Kini pun, memasuki minggu tenang. Seperti apakah itu?

Minggu tenang setelah UAS, biasanya diisi dengan berbagai kegiatan di samping ujian remedial. Dan di akhir tahun akademik 2011 – 2012, kegiatan ini kembali diadakan oleh OSIS dalam wujud pertandingan dan olahraga.

Classmeeting 2011, semester ganjil, SMA Santa Maria Pekanbaru

Bertajuk classmeeting, yang dapat berarti sebagai ajang pertemuan antar-kelas dalam unjuk kebolehan, diikuti oleh perwakilan dari setiap kelas yang ada di satuan pendidikan ini. Tercatat ada berbagai pertandingan yang diujikan, seperti misalnya: sepakbola mini, basket 3 on 3, cerdas cermat ala ranking 1, turnamen game komputer multiplayer, hingga supporter award bagi kelas yang memberikan dukungan heboh.

Meski sempat menuai pro dan kontra oleh beberapa peserta didik akan penyelenggaraannya, tidak langsung membuat kegiatan ini berhenti begitu saja. Karena pada dasarnya, classmeeting ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mempererat rasa kebersamaan oleh civitas akademika sekolah, yang mungkin selama ini kurang terjalin karena jadwal belajar-mengajar yang padat, atau juga karena minimnya waktu bersama.

Di sisi lain, di luar pro dan kontra yang ada terutama pada jenis pertandingan yang itu-itu saja, banyak sekali ditemukan ide-ide segar dari peserta didik akan variasi kegiatan untuk diselenggarakan. Sayang, kadang ada keraguan untuk menyampaikannya kepada panitia.

Jika Anda adalah salah satu yang memiliki ide tersebut. Ayo dong disampaikan! Jangan disimpan saja karena tidak akan berkembang kalau bersikap seperti itu. Caranya gampang kok, cukup kirim gagasannya lewat form Saran, Kritik, dan Komentar yang ada atau melalui surel ke smasantamariapekanbaru[at]yahoo.com.

Dan terakhir, di saat-saat menjelang libur akhir semester ini, setiap peserta didik rata-rata telah memiliki berbagai rencana baik yang kompleks atau sederhana untuk diisi nantinya. Bisa dimaklumi sih karena masa liburan adalah suatu saat yang sangat dinanti-nantikan setelah belajar selama satu semester terakhir ini.

Namun sebelum itu, alangkah baiknya jika segala kewajiban di sekolah dituntaskan segera, termasuk ujian remedial dan classmeeting ini. Jadi, pas liburan yang akan segera tiba ini, akan terasa lebih lega, santai, juga menyenangkan. Betul? Tetap semangat dan berhati-hati ya! Go Saints! (StM)

Tags: