Back to Home Page

Maksimalkan Prestasi di Olimpiade Sains Biologi

PRESTASI non-akademik tetap juara, tetapi yang akademik jangan mau kalah. Itulah yang ditunjukkan tim Olimpiade Biologi SMA Santa Maria Pekanbaru sekitar seminggu yang lalu di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Riau.

Setelah beberapa prestasi sebelumnya tidak diliput karena minimnya sumber informasi, Redaksi akhirnya mendapatkan kesempatan untuk mendatangi langsung lokasi Olimpiade Sains Biologi 2011 (OSB) yang dilaksanakan di kampus universitas negeri tersebut.

Setelah melewati persiapan (pra-olimpiade) yang dibina oleh pendidik yang telah ditunjuk, akhirnya pada tanggal 18 – 21 Oktober 2011 tim yang terdiri dari belasan peserta didik kelas 10, 11, dan 12 harus menunjukkan segala potensinya. Yang pasti, potensi untuk terus menjadi yang terbaik.

Juara 1 Uji Kompetensi Laboratorium & Juara 2 io Expo

Dari beberapa jenis kompetisi yang ada di OSB, SMA Santa Maria Pekanbaru mengikuti dan berpartisipasi dalam 4 kategori. Yang pertama adalah Uji Kompetensi Laboratorium yang bersaing dalam sisi proses dan praktikum di laboratorium; Yang kedua ada CT (Cepat dan Tepat) yang saling beradu keberanian, kecepatan, dan ketepatan menjawab soal; Yang ketiga ada juga Uji Kompetensi Tertulis, dan; Keempat yang terakhir adalah Bio Expo yang memamerkan stand berisikan karya-karya ilmiah dan koleksi benda-benda “Biologi”.

Dengan berbagai keterbatasan serta perjuangan yang tidak mudah karena harus pergi-pulang ke lokasi olimpiade yang berjarak relatif jauh, tidak membuat para peserta tidak berkecil hati. Peserta yang di antaranya adalah Jeffry, Kevin Heryadi, Jeffry Halim, Kevin Julius, Nevi Yunita, Gebbie Malona, Julya Fransisca, Fresa Ansari, Ida Bagus, Agata, dan Yoan ini pun terus bersemangat selama penyelenggaraan itu.

Penyerahan piala dan sertifikat kepada pemenang OSB2011

Pada akhirnya saat pengumuman pemenang 21 Oktober, SMA Santa Maria Pekanbaru mencatatkan beberapa juara. Juara pertama adalah dalam Uji Kompetensi Laboratorium yang diperoleh atas nama Kevin Julius, dengan prosesi penyerahan sertifikat penghargaan dan medali emas kepada pemenang oleh kepala sekolah Bapak Ferdinandus Nipa, yang diselenggarakan pada apel pagi keesokan harinya (22 Oktober, Red.).

Berikutnya adalah juara kedua dalam Bio Expo 2011 atas nama SMA Santa Maria Pekanbaru, yang diwakilkan oleh Ida Bagus, Kevin Heryadi, Nevi Yunita, dan Kevin Julius. Prosesi penyerahan piagam dan piala juga dilakukan pada saat yang sama keesokan harinya. Namun khusus juara Bio Expo, piala diserahkan kembali kepada pihak sekolah yang juga diterima oleh kepala sekolah, karena kategori ini mewakilkan nama sekolah.

Dengan ada yang masih tersipu malu-malu saat apel pagi di depan, tentu semua harus berbangga atas prestasinya. Khususnya adalah para peserta tanpa kecuali yang telah berjuang dan berusaha menjadi yang terbaik, walau mungkin belum berkesempatan juara.

Apresiasi untuk semua, serta teruslah belajar! (StM)

Tags: , , ,