Back to Home Page

Silaturahmi Singkat, Kekeluargaan Semakin Erat

MASUK sekolah kembali setelah seminggu penuh libur dan cuti bersama di hampir seluruh wilayah Nusantara, juga dialami pada hari Senin (05/9) beberapa waktu yang lalu oleh seluruh peserta didik SMA Santa Maria Pekanbaru.

Masuk ke sekolah tentunya dengan jadwal yang kembali seperti semula, di mana sebelumnya pada bulan Ramadan, jam sekolah dipersingkat.

Bedanya pada hari Senin tersebut adalah saat di mana para peserta didik, pendidik, maupun tenaga kependidikan SMA Santa Maria, khususnya yang Muslim, baru saja merayakan hari raya Idul Fitri yang tepat jatuh pada 31 Agustus 2011.

Seperti tradisi pada umumnya, Idul Fitri adalah hari raya yang suci di mana seluruh umat Muslim merayakan hari kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa menahan lapar, dahaga, dan godaan duniawi lainnya. Selain itu, hari raya yang menjadi hari libur nasional itu juga akrab menjadi ajang silaturahmi antar-sanak-saudara serta keluarga yang biasanya mudik ke kampung halaman masing-masing.

smasm_photos_edited05092011616

Dalam momen yang hangat itu, SMA Santa Maria Pekanbaru juga tidak ingin melepaskan tali silaturahmi di antara keluarga sendiri, yaitu keluarga besar SMA Santa Maria. Bertepatan dengan hari pertama masuk itu juga, kepala sekolah Bapak Ferdinandus Nipa langsung menyampaikan ucapan salam dan selamat hari raya Lebaran pada saat apel pagi, yang meskipun sehari sebelum libur juga telah diucapkan.

Dan tanpa mengurangi makna kesucian dalam rangka hari yang fitri itu, setelah itu kepala sekolah mempersilakan seluruh pendidik, tenaga kependidikan, serta peserta didik yang beragama Islam untuk maju ke depan. Yang kemudian mempersilakan ratusan warga sekolah lainnya, untuk memberikan ucapan selamat, memberikan salam, serta silaturahmi singkat kepada yang merayakan.

Berlangsung hingga sekitar 30 menit, aksi salam-salaman sembari saling meminta maaf dan menjalin rasa kekeluargaan ini, tentunya membuat suasana semakin hangat di tengah matahari yang mulai meninggi. Tapi setelah itu, tak lupa tentunya kegiatan belajar mengajar harus kembali dijalankan seperti semula.

Sekali lagi, redaksi mengucapkan Minal Aidin Wal Faidzin, Selamat Idul Fitri untuk yang merayakan. (StM)

Tags: ,