Back to Home Page

Semangat dan Kebersamaan Lomba Masak Masakan Indonesia

BANYAK sekali kegiatan yang digelar untuk memperingati HUT kemerdekaan Republik Indonesia, 16 – 17 Agustus 2011 kemarin. Namun, salah satu lomba yang cukup menarik perhatian di perayaan 17-an kali ini adalah “Lomba Memasak Masakan Indonesia”. Tidak tanggung-tanggung, panitia menangkat tema kreasi ayam yang sangat sederhana, namun tidak sesederhana kedengarannya.

Memasak masakan Indonesia dalam Perayaan Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia 1

Dilaksanakan pukul 09.00 WIB di lapangan parkir majelis guru, empat orang perwakilan dari setiap kelas mulai berkompetisi untuk membuat masakan terbaik. Antusiasme tampak jelas baik pada peserta maupun guru, hingga suporter. Semua ingin menyaksikan perhelatan unik itu.

Memasak masakan Indonesia dalam Perayaan Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia 2

Memasak masakan Indonesia dalam Perayaan Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia 3

Para peserta sendiri mulai sibuk meracik dan meramu menu yang sudah mereka pilih sendiri. Namun sekali lagi, tidak segampang kedengarannya. Selain butuh skill dan ketrampilan memasak standar, pengaturan waktu dan kerjasama tim yang baik juga sangat diperlukan. Tidak heran, ada beberapa tim sempat kewalahan karena bingung dalam pembagian tugas. Namun overall, sebagian besar tim mampu bekerjasama dengan sangat baik.

Memasak masakan Indonesia dalam Perayaan Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia 4

Memasak masakan Indonesia dalam Perayaan Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia 5

Suara dentang-denting panci mulai terdengar. Aroma sedap pun mulai tercium dan menarik semakin banyak penonton untuk datang menyaksikan aksi para peserta, yang berusaha menyajikan yang terbaik. Terbaik bukan hanya untuk menang saja, tapi juga punya arti tersendiri buat sebagian besar peserta.

Memasak masakan Indonesia dalam Perayaan Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia 6

Nggak menang nggak apa-apa, yang penting ada kebersamaan,” aku salah seorang peserta dari kelas 10 C. Bisa melupakan kepenatan setelah belajar, berkumpul, dan lebih berbaur bersama rekan-rekannya yang lain baginya sudah lebih dari cukup untuk memaknai hari ulang tahun Indonesia.

Ya, kalah-menang seharusnya tidak masalah. Karena itu sudah biasa dalam sebuah kompetisi. Kerjasama, kebersamaan, serta penghargaan akan hari kemerdekaanlah yang justru seharusnya menjadi tujuan dari kompetisi ini. Sukses ya untuk semua peserta! (JFF)

Tags: , ,