Back to Home Page

Wakili Indonesia, Berprestasi di Kancah Internasional!

BANGGA dan salut, adalah salah satu bentuk apresiasi yang dapat diberikan kepada salah seorang lulusan SMA Santa Maria Pekanbaru tahun ini. Ia adalah Kevin Ardian Fauzie, seorang remaja yang akan menginjak usia 18 tahun di bulan Oktober ini. Berbagai prestasi sudah ia toreh demi mengharumkan nama bangsa, khususnya nama sekolah sendiri.

Rombongan Tim IPhO Indonesia di Bangkok, Thailand

Prestasinya bukanlah hal yang main-main. Kali ini, prestasi membanggakan itu datang dari keikutsertaannya di Olimpiade Fisika Internasional atau International Physics Olympiad (IPhO) 2011, yang diselenggarakan di Bangkok, Thailand pada tanggal 10 – 18 Juli 2011 kemarin.

Melewati berbagai proses dan perjalanan seleksi yang begitu panjang, hingga pada akhirnya tim IPhO yang diwakili oleh: Farhan Nur Kholid dan Luqman Fathurochim (dari SMA Sragen Bilingual Boarding School), Imam Agung Raharja (dari SMA Pribadi Depok), Erwin Wibowo (dari SMAK BPK Penabur Gading Serpong), dan Kevin Ardian Fauzie (dari SMA Santa Maria Pekanbaru) ini pun terbang ke Bangkok untuk berpartisipasi di ajang yang telah berlangsung ke-42 kalinya itu. Tentunya dengan memikul harapan banyak orang agar putra terbaik bangsa ini selalu dapat menunjukkan yang terbaik.

Inilah kelima putra terbaik bangsa yang menjadi bagian dari delegasi Indonesia di IPhO 2011

Setiba di sana, jadwal yang padat sudah menanti dengan berbagai kegiatan selain pertandingan olimpiade itu sendiri. Perjalanan ke tempat-tempat bersejarah dan tempat wisata, adalah salah satu yang masuk ke dalam susunan event yang disediakan penyelenggara.

Tim Indonesia bersama rombongan Malaysia

Kesan yang didapat oleh Kevin sendiri di IPhO ini adalah penyelenggaraannya yang sangat professional. Selain itu, Kevin juga mengaku tertarik dengan budaya Thailand dan senang bisa bertemu dengan anak-anak cemerlang lainnya dari berbagai belahan negara.

Tim Indonesia dengan medali yang berhasil diperoleh

Melewati hari demi hari, tibalah hingga pada akhir penyelenggaraan acara tahunan ini. Perwakilan dari Indonesia berhasil membawa catatan prestasi yang cukup menggembirakan, dengan masing-masing pulang membawa 1 medali, sehingga total perolehan untuk Indonesia adalah 5 medali. Dan Kevin Ardian Fauzie yang notabene merupakan perwakilan Indonesia satu-satunya yang berasal dari luar Pulau Jawa, berhasil meraih medali perak.

Kevin Ardian Fauzie, tamatan SMA Santa Maria Pekanbaru yang berprestasi hingga kancah internasional

Di dalam pesannya yang dikirimkan ke redaksi, remaja yang memasuki bangku kuliah ini memang merasa senang atas pencapaiannya. Tetapi perasaan sedikit kecewa juga ada, karena usahanya tinggal sedikit lagi untuk memperoleh emas. Kevin juga menuturkan bahwa ia merasa bangga bisa mengharumkan nama bangsa di even internasional ini. Apalagi pengalamannya bertemu dengan banyak teman dan orang hebat selama di IPhO maupun pelatihan, yang menginspirasi hidupnya dalam memperluas wawasan. “Pokoknya, ikut IPhO ini kayak life changing event deh … Hahaa,” sambungnya.

Dan di akhir, Kevin menyampaikan sedikit informasi tentang beasiswa yang ditawarkan kepadanya. Yang pertama adalah tawaran beasiswa dari pemerintah Singapura, berupa biaya sekolah gratis dan biaya akomodasi seperti tempat tinggal, makan, dan lain-lain. Di mana juga disertai dengan ikatan kerja selama 3 tahun. Sedangkan tawaran yang kedua berasal dari pemerintah Indonesia, yang berupa beasiswa hingga kuliah jenjang S-2, dengan uang sekolah dibayar penuh dan pemberian uang akomodasi untuk biaya kebutuhan sehari-hari, seperti tempat tinggal, makan, dan lainnya.

Setelah pulang dari Bangkok, Kevin juga menyempatkan diri untuk berkunjung ke almamaternya yaitu SMA Santa Maria pada 19 Juli 2011 kemarin. Di samping menyerahkan sertifikat, kedatangan peserta didik yang baru saja meninggalkan bangku SMA ini secara khusus adalah sebagai bentuk terima kasih atas segala kesempatan dan dukungan moral yang diberikan pihak sekolah kepadanya, sehingga ia dapat mencapai prestasi ini.

Delegasi Indonesia di salah satu sudut Bangkok, Thailand

Sekali lagi, selamat kepada Kevin Ardian Fauzie atas prestasi yang membanggakan di kancah internasional ini. Teruslah belajar dan berkarya untuk kemajuan bangsa ini! Dan harapan kepada generasi dan angkatan berikut setelah Kevin, adalah agar apa yang telah dicapai selama ini dapat terus diikuti dan dijadikan sebagai sebuah inspirasi, bahkan dapat dilampaui jauh lebih tinggi lagi. (StM)

Tags: , , , ,