Back to Home Page

Misa Awal Tahun Ajaran 2011 – 2012, Sebuah Mula yang Penuh Makna

DI tahun ajaran yang baru, tentunya semua berharap akan mendapatkan semangat yang baru dengan suasana yang baru. Termasuk peserta didik maupun tenaga pendidik dan non-kependidikan SMA Santa Maria Pekanbaru. Dengan memulai sesuatu yang baru, akan lebih baik jika dimulai dengan sebuah misa.

Misa awal tahun ajaran oleh Pastor Anton Konseng, Pr M. Sc

Misa kembali digelar di lapangan utama SMA Santa Maria Pekanbaru, yang kali ini adalah untuk merayakan dan mengawali tahun ajaran baru 2011 – 2012 secara umum. Dipimpin oleh Pastor Anton Konseng, Pr M. Sc, misa diikuti oleh semua warga sekolah yang telah berkumpul sekitar pukul 07.25 WIB tadi pagi (20/7).

Mengusung judul “Bersama Kristus Menggapai Cita-Cita”, tema yang diangkat adalah tentang keanekaragaman budaya dan kebiasaan pada setiap insan manusia. Di mana di dalam keanekaragaman ini, setiap orang tidak disarankan untuk menunjukkan sisi individualitasnya dan kekhasannya sendiri, melainkan mengutamakan kebudayaan dan pergaulan global yang lebih universal, yang dapat saling menghargai. Selain itu, juga diangkat tentang globalisasi di saat teknologi informatika berperan penting di balik semuanya.

Suasana misa awal tahun ajaran baru 2011 - 2012

Tentang globalisasi dan teknologi, pastor juga menjelaskan tentang efek negatif di balik itu semua. Salah satunya adalah ketika orang-orang menjadi lebih mudah terpengaruh dan tidak mempunyai sikap yang kuat di era global ini, sehingga mudah untuk terjerumus dan terbawa ke dalam hal negatif, seperti narkoba dan kecanduan bermain komputer atau internet.

Persembahan misa

Dan setelah mendapat penjelasan dari inti pokok yang disampaikan pastor, misa dilanjutkan dengan persembahan dengan iringan tarian dari tim tari tradisional SMA Santa Maria. Termasuk setelah itu penyerahan aturan dan program kerja SMA Santa Maria selama tahun ajaran baru ini, yang dilakukan langsung oleh kepala sekolah. Yang kemudian berlanjut dengan komuni untuk yang beragama Katolik.

Komuni dari umat Katolik

Seusai komuni, dinyanyikanlah sebuah lagu populer “You Raise Me Up” oleh kelompok paduan suara dengan iringan keyboard, yang sekaligus menandai berakhirnya misa selama kurang lebih 1 jam ini. Dan tentu harapan dengan selesainya misa di awal mula tahun ajaran, seluruh warga SMA Santa Maria Pekanbaru dapat menjadikannya sebagai sebuah makna dalam mengawali satu tahun ke depan, dengan sesuatu yang baik dan sesuai kehendakNya. Semoga! (StM)

Tags: , , ,