Back to Home Page

Masa Orientasi (1), Sekolah Baru dengan Semangat Maju

SETIAP peserta didik menginjakkan kaki di level pendidikan yang lebih tinggi, pasti akan melalui masa orientasi untuk lebih dekat dengan lingkungan barunya. Dan pada hari Sabtu (09/7), SMA Santa Maria Pekanbaru memulai tahun ajaran baru 2011 – 2012 dengan melaksanakan Masa Orientasi Siswa (MOS) untuk peserta didik kelas 10 di hari pertama.

Hari Pertama

Saat baru pertama kali memasuki halaman depan sekolah, sudah terlihat semangat dari para peserta MOS yang memadati papan pengumuman. Ratusan orang berdesak-desakan untuk melihat kelompok masing-masing yang telah ditentukan sebelumnya. Yang setelah itu, mereka pun berkumpul dan berbaris di lapangan parkir sesuai kelompoknya. Hingga 30 menit kemudian, satu per satu kelompok mulai memasuki lapangan utama SMA Santa Maria Pekanbaru dengan berbaris dan mata tertutup.

Peserta MOS memasuki gerbang sekolah

Setelah masuk dan diajak mengelilingi lapangan utama, peserta memasuki sesi perkenalan dengan seluruh pengurus OSIS dan MPK, serta bapak/ ibu tenaga kependidikan. Dan tak lupa juga dilaksanakan pembukaan resmi MOS 2011 – 2012, yang disertai kata sambutan singkat oleh ketua MPK, ketua OSIS, dan bapak kepala SMA Santa Maria Pekanbaru, Ferdinandus Nipa.

Perkenalan dengan pengurus OSIS dan MPK

MOS yang telah dibuka, dilanjutkan dengan penjelasan singkat dan informasi dari setiap seksi di OSIS, serta dari para pendamping kelompok (dampok) masing-masing. Yang kemudian, setiap kelas memperoleh penjelasan materi inti mengenai informasi tata tertib, sarana prasarana, ekstrakurikuler, dan lainnya, yang dijadwal secara bergantian per kelompok. Materi inti ini sendiri dibawakan oleh bapak/ ibu pendidik yang telah bertugas sesuai bidangnya.

Sepanjang penjelasan materi, dampok selalu mengawal dan mengawasi anggota kelompoknya. Para dampok juga bertugas mengajak keliling lingkungan sekolah untuk memperkenalkan lokasi dan fasilitas-fasilitas yang ada di sekolah. Dengan tujuan tak lain, agar peserta MOS yang akan menikmati masa-masa pendidikan SMA-nya dapat lebih mengenali dan beradaptasi dengan sekolah barunya ini.

Di akhir hari pertama ini, dilaksanakan juga penjelasan seputar ketentuan atribut MOS yang harus dibawa pada MOS kedua di hari Senin (11/7) lusa, serta persiapan pentas seni (pensi) yang akan diselenggarakan pada hari Selasa (12/7). Seperti apa ya? (StM)

Tags: , , ,