Back to Home Page

Masa Orientasi (3), Siapkan Diri dan Mari Beraksi!

Hari Ketiga

Selasa (12/7) adalah akhir dan puncak dari kegiatan MOS ini, dengan agenda acara berupa pentas seni dan proses inagurasi peserta didik kelas 10. Namun satu yang tampak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya adalah acara pentas seni, yang kini berlokasi di lapangan utama dengan penonton yang lebih banyak dari semua kelas.

Salah satu sudut pra-pentas seni MOS

Seperti biasa, seusai apel pagi, kelas 11 – 12 masuk ke ruang kelas masing-masing. Sedangkan kelas 10, melakukan persiapan singkat untuk tampil semaksimal mungkin pada pentas seni yang akan dimulai pada pukul 08.30 WIB.

Setelah berbagai persiapan oleh panitia dan peserta MOS, welcome ceremony yang bertajuk “New School, New Life” ini pun dibuka dengan kata sambutan dari ketua panitia MOS, Ida Bagus Krisna. Kelas 10 yang wajib menonton ini, telah selesai berbaris dan duduk bersama untuk menyaksikan dan kelas 11 – 12 juga tidak kalah ramai dengan mengelilingi sekitar area panggung.

Aksi pengembangan diri tari tradisional

Dan pada opening, ada penampilan tari tradisional dari tim pengembangan diri tari tradisional SMA Santa Maria Pekanbaru. Yang kemudian masuk ke sesi puncak dengan penampilan dari kelas-kelas peserta MOS.

Kelas 10 A memulai aksi dengan peragaan busana dari semua anggota kelasnya. Dan tema berwarna hitam, kelas 10 A tampil berpasang-pasangan. Tepuk tangan dan sorakan meriah pun mengalir dari para penonton yang mengelilingi penampil.

Aksi "Justin Bieber" SMA Santa Maria dengan lipsync lagu Baby

Berikut adalah kelas 10 B yang kembali tampil bagai peragaan busana di atas catwalk. Namun ada yang berbeda dan sangat heboh. Kelas dengan nama lain “Beliberas” ini menghadirkan lipsync lagu dari artis pop terkenal, Justin Bieber yang berjudul “Baby” dengan aksi yang seru. Alhasil histeria penonton semakin terasa.

Setelah 10 B, kelas 10 C menghadirkan drama musikal sederhana tentang percintaan remaja. Yang kemudian disambung dari kelas 10 D, dengan penampilan lagu-lagu daerah dengan kereografi yang mengundang tawa. Terutama oleh peserta MOS yang ekspresif dalam menunjukkan berbagai kemampuannya.

Kehebohan penonton dari kelas 10, maupun kelas 11 - 12

Penampilan dari masing-masing kelas terus berlanjut. Namun ada selingan dari tim modern dance SMA Santa Maria yang beraksi dengan kekhasannya yang kompak dan atraktif. Di mana setelah itu, ada aksi heboh dari kelas-kelas berikutnya.

Paduan suara dengan koreografi dan aksi akrobatik

Kelas 10 E, kembali tampil beda dengan koreografi yang tidak kalah mengundang antusiasme semua penonton. Berlatarkan lagu yang sedang naik daun, “Playboy” dari 7icons, suasana kembali meriah dengan musik dan akting yang lucu dan eksentrik. Sedangkan setelah itu, 10 F menampilkan paduan suara yang dibuka dan ditutup oleh sebuah gerakan akrobatik dari salah seorang peserta.

Lanjut ke 10 G. Dengan lagu “Ingatlah Hari ini” dari Project Pop, anggota kelas membuat drama sederhana dan gerakan koreografi yang apik, yang mengisahkan tentang perpisahan. Dan 10 G juga menampilkan beberapa gerakan break dance yang membuat heboh.

Breakdance dari 10 G

Yang terakhir adalah drama musikal dari 10 H, yang mengisahkan tentang percintaan yang putus dan akhirnya ditemukan kembali. Penampilan terakhir ini menyanyikan beberapa lagu cinta oleh salah seorang peserta, yang sekaligus menutup dengan manis penampilan dari masing-masing kelas 10.

Hari semakin siang, dan penampilan berikut diisi oleh band-band SMA Santa Maria. Dan setelah itu ada aksi taekwondo dari pegembangan diri taekwondo yang beraksi dengan memecahkan papan kayu. Aksi ini tentu membuat rasa was-was penonton di siang hari yang cerah dan terik itu.

Penampilan dari 11 IPA 1, tahun ajaran sebelumnya

Setelah games dan istirahat makan siang, ada penampilan teatrikal yang sekaligus menjadi yang terakhir, yaitu drama musikal dari kelas 11 IPA 1 tahun ajaran sebelumnya. Aksi paduan drama dan musik ini hadir dengan adaptasi cerita setelah sebelumnya pernah ditampilkan dalam pagelaran seni & musik bulan Juni yang lalu. Dan drama musikal ini mengisahkan tentang kebersamaan dan semangat untuk menghadapi banyaknya tugas di sekolah, yang diselingi beberapa lagu hasil karya sendiri dari kelas 11 IPA 1 tersebut.

Pemakaian seragam SMA secara simbolis

Tepat pukul 13.00 WIB, tanda masa orientasi ini akan berakhir. Dan akan dilakukan proses inagurasi yaitu peresmian peserta didik kelas 10 sebagai anggota dari keluarga besar SMA Santa Maria Pekanbaru. Dan setelah menyampaikan sepatah-dua kata, kepala SMA Santa Maria secara simbolis memakaikan pakaian seragam SMA kepada salah seorang peserta didik kelas 10.

Proses inagurasi kelas 10, SMA Santa Maria Pekanbaru

Setelah selesai, acara ini ditutup dengan doa syukur serta disambung sirene yang berbunyi keras, yang menandai resmi dan lulusnya peserta didik kelas 10 dalam mengikuti masa orientasi. Dan dilanjutkan lagi dengan ritual penyiraman air yang membuat penutupan di siang itu terasa begitu heboh dan meriah.

Dan akhirnya, sekali lagi kepada kelas 10, selamat datang di SMA Santa Maria Pekanbaru. Semoga semua pengalaman di dalam masa orientasi ini dapat dijadikan pengalaman dengan kesan dan makna yang positif di dalam masa-masa sekolah Anda. Selamat bergabung! Selalu persiapkan diri, jangan malu untuk selalu berprestasi, teruslah beraksi, dan tunjukkan segala potensi! Go Santa! (StM)

Tags: , , , , ,